Xiaomi RedmiBook 16 Dengan Intel Generasi 10 dan Fast Charging

Xiaomi RedmiBook 16 Dengan Intel Generasi 10 Dengan Fast Charging
Ilustrasi Xiaomi RedmiBook 16. Foto: Istimewa

Xiaomi RedmiBook 16 hadir dengan menggunakan Intel baru yang akan menggantikan prosesor lamanya.

Prosesor yang dulunya menggunakan APU Ryzen 4000 kini sudah tidak digunakan lagi dan diganti menjadi Intel generasi ke 10 yang semakin cepat.

Dimana penggunaan prosesor ini diluncurkan pada awal tahun 2020, namun kini diganti untuk mendapat line up terbaru dari laptop RedmiBook.

Xiaomi Redmibook 16 Hadir Dengan 2 Versi

Jika dilihat dari tampilan bodinya, laptop terbaru ini menjadi yang teringkas untuk versi layar lebarnya. Dikatakan ringkas karena hanya memiliki berat 1,6kg saja.

Selain itu, menyuguhkan bezel tipis hanya 3,26mm dengan memberikan rasio screen to body mencapai 90%.

Memiliki tingkat kecerahan yang tajam mencapai 300nits serta didukung dengan layar yang memiliki 16,1 nci.

Layar yang disuguhkan ini menampilkan resolusi Full HD yang telah mencakup akurasi warna 100%. Menariknya lagi, di tombol powernya sudah dilengkapi dengan papan pemindai sidik jari.

Hal yang lebih mengesankan lagi, papan keyboardnya memiliki penekanan hanya sekitar 1,5mm. Berikut ulasan lengkapnya.

Dapur Pacu

Sudah dijelaskan di awal tadi jika dalam laptop Xiaomi RedmiBook 16 terbaru mereka menggunakan perubahan untuk dapur pacunya.

Untuk versi RedmiBook 16 ini memiliki penawaran yang menarik karena memiliki 2 versi Intel, yaitu Intel Core i5-1035G1 serta Intel Core i7-1065G7.

Kedua prosesor ini didapatkan dari generasi ke-10 yang memiliki kekuatan daya 15W. Generasi ke-10 ini telah dikonfigurasi dengan menggunakan 4 core serta 8 thread. Tentu membuat kecepatan yang ditampilkan lebih memukau.

Untuk memiliki kecepatan yang tercepat sebaiknya menggunakan yang versi i7-1065G7 yang memiliki 1,3GHz sampai dengan 3,9GHz.

Sedangkan untuk memori cachenya bisa mencapai L3 8 MB. Sementara untuk yang versi i5-1035G1 memiliki clockspeed 1,0 GHz mencapai 3,6GHz.

Namun untuk yang satu ini memiliki memori cache L3 6MB. Berbeda dengan yang versi pertama tadi yang memberikan kecepatan yang mumpuni.

Ruang Penyimpanan

Dari sektor kapasitas memorinya menggunakan model RAM 16GB dan 512GB SSD. Memori penyimpan yang seperti ini dirasa relatif lebih besar untuk digunakan kebutuhan penggunanya.

Kartu grafis yang ditunjukkan pada Xiaomi RedmiBook 16 ini telah mengunakan GPU Nvidia GeForce MX350 serta menggunakan 2GB RAM GDDR5.

Bukan hanya itu, untuk laptop ini memberikan support yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan versi Ryzen DDR4-2666 terdahulunya.

Konektivitas

Jangan khawatir untuk menggunakan laptop ini dimana memiliki port USB dengan tipe C satu, USB A 3.0 satu, dan satu lagi port USB A2.0.

Terlebih masih ada port untuk HDMI dan bisa memakai jack 3.5mm. Telah disematkan pula fasilitas nirkabel Wi-Fi 6 2×2 MIMO untuk memanjakan penggunanya.

Untuk sistem pendinginannya sudah dilengkapi dengan 2 sistem yang lebih baik seperti single fan dan juga dual heat pipe.

Diberikan dua sistem untuk mengatasi panas yang keluar dari laptop saat digunakan dalam waktu yang lama untuk Xiaomi RedmiBook 16.

Daya Baterai

Laptop dinilai mampu bertahan untuk 12 jam karena ditopang dengan menggunakan 46 WHr untuk daya baterainya.

Untuk pengisian dayanya dilengkapi dengan cara pengisian cepat USB type C 65W. Oleh karena itu, untuk mengisi sekitar 50% hanya membutuhkan waktu selama 30 menit saja.

Harga

Beralih ke masalah harga, Xiaomi RedmiBook 16 yang dilengkapi dengan Intel generasi ke-10 dihargai lebih mahal daripada versi Ryzen.

Perlu diketahui jika model Core i5 dihargai CNY 5000 atau sekitar Rp 10 jutaan. Sementara itu, untuk versi i7 dibanderol CNY 5700 sekitar Rp 11 jutaan.

Tentu jika dilihat dari segi harganya, versi ini menawarkan harga yang lebih tinggi dengan kelebihannya pula.

Tentu tidak heran jika harga ini memiliki selisih dari versi sebelumnya yang hanya berkisar Rp 7 jutaan sampai dengan Rp 8,8 jutaan.

Bukan hanya RedmiBokk 16 saja yang diluncurkan, melainkan masih ada satu lagi laptop RedmiBook 14 yang bisa menjadi pilihan penggunanya.

Untuk laptop ini hanya dibekali dengan layar 14 inci saja dengan resolusi Full HD. Selain itu, laptop memiliki berat sekitar 1,3kg.

Dengan menggunakan tampilan bodi yang kecil serta telah dilengkapi dengan cara pengisian baterai yang canggih.

Pasalnya, telah menggunakan daya pengisian cepat berkapasitas 40Whr 65W. Tentu cara pengisian seperti ini cocok untuk dibawa penggunanya traveling.

Baik laptop Xiaomi RedmiBook 16 dan 14 bisa menjadi pilihan untuk menjadi laptop andalan penggunanya. (R10/HR-Online)

Loading...