Rabu, Desember 1, 2021
BerandaArtikelYamaha Cygnus Gryphus Skutik 125 cc yang Tampangnya Mirip X-Max

Yamaha Cygnus Gryphus Skutik 125 cc yang Tampangnya Mirip X-Max

Yamaha Cygnus Gryphus telah resmi dirilis dengan mengandalkan mesin 125 cc. Hal menarik dari skutik baru Yamaha ini adalah memiliki mesin berpendingin cairan serta dilengkapi VVA.

Jika dilihat dari mesin yang digunakan, motor ini mirip dengan Yamaha Lexy. Sebab, sama-sama mengandalkan mesin 125 cc.

Meski terlihat mirip dari segi mesin, akan tetapi skutik ini memiliki desain yang jauh berbeda. Cygnus Gryphus ini memiliki dua buah headlamp LED yang lebih mirip dengan X-Max.

Bukan hanya itu, stoplamp yang dimiliki Cygnus Gryphus juga ada dua buah. Desainnya juga sama seperti milik X-Max.

Tampang Yamaha Cygnus Gryphus

Seperti tampilan pada teaser video yang sudah beredar, bisa dilihat bahwa motor matic terbaru keluaran Yamaha ini memang memiliki penampilan yang gagah.

Seperti dilansir dari Great Biker, motor ini bila diperhatikan sekilas terlihat cocok menjadi kakak Yamaha X-Max 250.

Seperti yang disinggung tadi, kemiripannya terdapat pada headlamp LED yang dimilikinya. Ada dual keen eyes yang memiliki bentuk tajam.

Didukung dengan bodi yang ramping. Sehingga bisa menunjukkan sisi predator motor matic milik Yamaha ini.

Disamping tampilan bodi yang terlihat lebih gagah, bagian belakang Yamaha Cygnus Gryphus ini juga tampak begitu keren.

Pasalnya, bodi belakangnya memiliki bentuk lampu di bagian belakang yang mirip dengan huruf T. Lampu ini memakai jenis lampu LED untuk penandanya.

Model Cygnus Gryphus ini diperkenalkan di Taiwan. Desainnya sangat sporty. Terlebih lagi, memiliki pilihan livery khas tim Monster Energy Yamaha MotoGP.

Meski demikian, Cygnus Gryphus ini masih tetap bisa diandalkan sebagai akomodasi sehari-hari. Hal ini karena desain dek yang dimilikinya rata. Dengan begitu, motor ini masih bisa mengangkut tabung gas atau galon.

Agar bisa meningkatkan stabilitas, Yamaha sudah menggunakan desain kerangka asimetris. Suspensi bagian depannya menggunakan model teleskopik serta sokbreker belakang ganda.

Varian ABS dual channel dari Yamaha Gynus Gryphus ini terdiri dari 5 pilihan warna. Seperti warna Dark Blue/Dark Grey dan Light Grey/Dark Grey.

Baca Juga : Ducati Multistrada 950 S Edisi 2020 Hadir dengan Warna Livery Terbaru

Ada juga warna White/Dark Grey, Grey/Dark Grey, dan Matte Dark Grey. Sehingga anda bisa bebas memilih warna kesukaan saat ingin memiliki Yamaha Cygnus Gryphus ini.

Sementara itu, untuk varian ABS ada tiga pilihan warna yang menarik. Seperti Matte Dark Grey, White/ Dark Grey, serta Grey/ Dark Grey.

Selain itu, ada pula opsi warna Livery Monster Energy bagi para penggemar MotoGP. Namun sayang, Yamaha belum memberikan pengumuman mengenai harga resmi dari skutik ini.

Dapur Pacu

Beralih ke sistem dapur pacu yang dibawa motor matic Yamaha terbaru ini. Diketahui, motor ini menggunakan mesin 4 tak satu silinder.

Mesin ini memiliki kapasitas 125 cc dan telah dilengkapi dengan teknologi VVA atau Variable Valve Actuation.

Dengan menggunakan mesin seperti itu, maka motor matic ini dapat melaju dengan tenaga puncak hingga 12,23, Hp pada 8.000 rpm.

Bukan hanya bertenaga, konsumsi bensin dari motor ini juga dapat dibilang cukup irit. Dengan hanya satu liter bensin yang diisikan di motor Yamaha Cygnus Gryphus 125, maka bisa digunakan untuk menempuh jarak hingga 48,9 kilometer.

Fitur Menarik

Motor matic Yamaha terbaru ini memiliki sebuah port USB. Fungsinya untuk pengisian baterai smartphone yang diberikan kompartemen khusus.

Di bagian bawah jok motor ini juga memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar. Namun sayangnya, Yamaha masih belum menginformasikan secara detail soal harga skutik yang mirip XMax ini.

Cygnus Gryphus memiliki ukuran pelek 12 inchi. Sementara itu, pada sektor pengereman telah dibekali dengan rem cakram pada kedua rodanya serta ABS di bagian roda depan.

Baca Juga : Yamaha YZ250F 2021 Muncul dengan Edisi Monster Energy Racing

Sementara itu, bagian sokbreker belakang dari Cygnus Gryphus ini juga ada dua buah.

Sebenarnya Yamaha Cygnus Gryphus yang diluncurkan di Taiwan ini adalah model ke-6. Ini merupakan hasil pengembangan dari generasi Cygnus-X yang pertama kali hadir pada 2002 lalu.

Soal kapan motor matic dengan tiga varian yakni ABS, UBS, dan Monster Energy ini diluncurkan di Indonesia. Sampai saat ini masih belum ada informasi lebih lanjut.

Satu hal yang pasti, skutik baru Yamaha ini akan memberikan pengalaman menyenangkan saat anda berkendara.

Bagaimana menurut anda? Apakah Yamaha Cygnus Gryphus ini layak untuk masuk pasar Indonesia?. (R10/HR-Online)

- Advertisment -