Yamaha Electric Bike Civante, Punya Harga Lebih Mahal Dari R15

Yamaha Electric Bike Civante, Punya Harga Lebih Mahal Dari R15
Ilustrasi Yamaha Electrike Bike Civante. Foto: Istimewa

Yamaha Electric Bike Civante menjadi salah satu produk Yamaha kelas 3 pertama yang telah ditawarkan di Amerika Serikat. Produk ini tepat sekali karena sekarang memang sedang musim gowes.

Anda bisa berkenalan dengan sepeda yang telah diproduksi oleh pabrikan otomotif yang satu ini. Sepeda listrik hasil pabrikan Garpu Tala ini adalah Yamaha Civante.

Seperti yang diketahui, Yamaha banyak sekali memproduksi otomotif juga alat musik. Tetapi sekarang, produsen kenamaan Jepang ini telah merambah segmen sepeda.

Electric Bike dari Yamaha ini bahkan dihargai sekitar USD 3.399 atau setara dengan Rp 48,9 juta. Lebih mahal dari Yamaha R15 yang dijual di kisaran Rp 36-37 juta.

Seperti ini Tampang Yamaha Electric Bike Civante

Informasi yang dilansir dari laman MI News, menyebutkan bahwa Yamaha Civante ini hadir dengan drive train 10 kecepatan. Dilengkapi dengan rantai ganda, shifter Shimano STI, dan rem cakram hidrolik.

Baca Juga : Honda BS6 X-Blade, Motor Sporty yang Menggendong Mesin 162,7 cc

Tak cukup sampai disitu saja, e-bikes keluaran Yamaha ini hadir dengan kelengkapan tampilan multi-fungsi LCD. Fitur inilah yang dapat digunakan untuk melihat berbagai informasi. Seperti kecepatan, informasi baterai, mode pedal assist, jam, odometer, stopwatch, dan lainnya.

Bila anda belum tahu dengan jenis sepeda elektrik yang satu ini, ini merupakan jenis sepeda listrik yang dilengkapi penggerak performance assistance. Dimana dengan bantuan kayuh yang bertenaga baterai.

Sistem penggerak yang dimiliki Yamaha Electric Bike Civante ini bernama Yamaha PW Series SE. Sistem ini juga sudah dibekali dengan tiga sensor canggih.

Seperti Bicycle Speed Sensor untuk kecepatan, Torque Sensor atau torsi, dan Crank Cadence Sensor atau irama kayuh.

Adanya sistem penggerak tersebut membuat para pengguna Yamaha Civante memperoleh bantuan kayuh sehingga lebih enteng. Sebab, ini diperoleh dari tenaga baterai.

Dengan demikian, anda akan memperoleh torsi dan tenaga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Spesifikasi System Yamaha Civante

E-bike Yamaha Civante ini mempunyai sistem PW Series dengan tenaga baterai yang berkapasitas 500Wh. Baterai ini telah dilengkapi dengan teknologi quick charger.

Dengan adanya teknologi quick charger pada Yamaha Electric Bike Civante tersebut, maka anda dapat mengisi daya sebesar 0-80% hanya dalam waktu satu jam saja.

Sementara itu, untuk masalah torsi maksimal yang dimiliki e-bike ini dapat dihasilkan dari sistem penggerak sebanyak 70 Nm. Sepeda ini juga sanggup menghadirkan bantuan kayuh hingga 110 rpm.

Baca Juga : Suzuki GSX150 Bandit, Naked Bike yang Nyaman untuk Boncengan

Seperti yang sudah disinggung di awal, Yamaha Civante menggunakan Shimano STI dengan 10 percepatan. Dilengkapi double chaining dan dibekali pula dengan rem cakram hidrolik.

Bagian Sasis

Kita berpindah ke bagian sasis. Diketahui bahwa frame and fork Yamaha Civante telah menggunakan bahan aluminium.

Jika dilihat dari desain yang dibawanya mengusung gaya road bike. Atau model ini juga sering disebut dengan sepeda jalan raya bergaya touring.

Dengan konsep yang dibawanya, Yamaha Electric Bike Civante ini hadir ke hadapan publik dengan stang drop bar. Selain itu, memiliki desain bingkai high step.

Walaupun demikian, Yamaha Civante mengklaim bahwa sepeda listrik ini masih relevan bila digunakan pengendara yang sudah berumur.

Dari semua spesifikasi yang dimilikinya, hal terbaik adalah bobot yang dimiliki Yamaha Civante. Pasalnya, e-bike ini hanya memiliki bobot seberat 19 kilogram saja. Ini merupakan bobot yang relevan untuk sebuah e-bike.

Seperti yang kita tahu, bila e-bike yang berat bisa jadi kendala untuk banyak orang. Khususnya untuk orang yang tinggal di wilayah kota besar sebagai kebutuhan mobilitas mikro.

Maka dari itu, Yamaha Electric Bike Civante ini menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi anda. Dengan bobotnya yang ringan, maka akan lebih mudah mengayuh sepeda ini.

Harga

Dikutip dari Laman The Verge, Yamaha telah memberikan harga yang cukup fantastis untuk sebuah sepeda. Sepeda listrik ini dibanderol seharga USD 3.399 yang setara dengan Rp 48,9 juta.

Harga yang ditawarkan ini kemungkinan akan menempatkan sepeda listrik Yamaha ini ada di luar jangkauan. Khususnya bagi konsumen rata-rata.

Meski demikian, saat ini Yamaha Electric Bike Civante ini baru dipasarkan di Amerika Serikat. Belum tahu kapan Yamaha Electric Bike ini akan beredar di Indonesia. (R10/HR-Online)

Loading...