Yamaha WR 155R Punya Kembaran Harga Cuma 7 Jutaan Spek Lumayan

Yamaha WR 155R Punya Kembaran Harga Cuma 7 Jutaan Spek Lumayan
Ilustrasi Kembaran Yamaha WR 155R. Foto: Istimewa

Yamaha WR 155R beberapa bulan yang lalu telah dirilis di Indonesia. Tapi siapa sangka bahwa motor ini punya kembaran yang mirip, namun harganya jauh berbeda.

Motor ini bernama Xcross Leaf 125. Jenis motor ini berasal dari pabrikan Chongqing Motorcycle. Bisa dibilang, desain motor ini menjiplak dari 155R milik Yamaha.

Tiruan motor Yamaha yang berasal dari negeri Tiongkok ini memang sangat mirip. Bahkan Chongqing Motorcycle juga tak ragu untuk menyematkan embel-embel berupa Similar WR.

Sticker WR ini telah ditempelkan pada bagian batok lampu depan serta tiang tangkinya. Sementara itu, bila dilihat dari bagian samping, maka Xcross Leaf 125 ini mempunyai garis desain yang mirip dengan WR 155R.

Kemiripan Xcross Leaf 125 dengan Yamaha WR 155R

Kemiripan motor produsen Tiongkok dengan Yamaha ini memang cukup identik. Mulai dilihat dari bagian bodi depan hingga ke belakang.

Baca Juga : Yamaha Force 155 2020 Edisi Ulang Tahun, Bawa Mesin Serupa NMAX

Begitu pula dengan bagian kaki-kaki yang tampak sama persis. Keduanya telah menggunakan sok depan yang menggunakan model teleskopik. Model ini ditutup dengan cover agar tampak terlihat lebih padat.

Sementara itu, pada bagian furniture ada berbagai macam hal yang menjadi unggulan dari motor ini. Seperti panel instrumen yang hadir serba digital. Selain itu, ukurannya sangat minimalis.

Sistem pengereman motor ini telah memakai sistem cakram bagian depan dan belakang. Walaupun memang pengereman tersebut belum ABS.

Dapur Pacu X-Cross Leaf 125

Beralih ke sektor dapur pacu, kembaran Yamaha WR 155R ini telah dibekali dengan mesin yang berkapasitas 124 cc 4-tak single cylinder OHV.

Jenis mesin yang dibawa ini bisa menghasilkan tenaga yang besar. Besarnya hingga 8.500 rpm. Sementara itu, torsi maksimalnya mencapai 8,25 Nm pada 7.000 rpm.

Disamping itu, Xcross Leaf 125 ini juga diklaim memiliki kecepatan maksimal sampai dengan  110 km/jam. Sementara itu, 155R dari Yamaha telah dipersenjatai dengan mesin yang lebih bertenaga bila dibandingkan kloningannya.

Mengingat bahwa jenis motor trail yang merupakan pabrikan dari perusahaan berlogo garpu tala ini cukup baik. Menggendong mesin dengan kapasitas 155 cc yang dilengkapi dengan teknologi VVA dan liquid cooled.

Mesin ini mampu dalam menyemburkan tenaga hingga 16,4 dk pada 10.000 rpm. Sementara torsi maksimal yang dihasilkan maksimal 14,3 NM pada 6.500 rpm.

Spesifikasi WR 155R

Untuk membandingkan seberapa mirip Xcross Leaf 125 ini dengan Yamaha WR 155R, maka kita akan cari tahu seperti apa spesifikasi lengkapnya.

Perbedaan yang terlihat mencolok antara Xcross Leaf i25 dengan WR 155R adalah pada basis mesinnya. Motor ini menggunakan sistem katup, variabel.

Baca Juga : Ducati Multistrada 950 S Edisi 2020 Hadir dengan Warna Livery Terbaru 

Sehingga bisa menghasilkan akselerasi yang cukup cepat. Disamping itu, torsinya diklaim bisa tetap mantap di putaran bawah. Performa optimal pun bisa dihasilkan saat anda melewati medan offroad maupun on road.

WR 155R juga memiliki mesin dengan pendinginan radiator. Sistem distribusi suhu mesin dengan sirkulasi cairan ini bisa menjamin mesin bekerja secara optimal.

Namun, efektivitas radiator motor trail 150 cc ini masih disangsikan. Sebab, untuk bisa mendinginkan diperlukan kecepatan motor yang cukup.

Sementara saat digunakan untuk berpetualang di medan offroad, kecepatannya umumnya rendah. Umumnya Yamaha WR 155R mempertimbangkan penggunaan dalam kota.

Informasi Harga Xcross Leaf 125

Jika dilihat dari segi harga, antara Xcross Leaf 125 dan 155R dari Yamaha pasti memiliki perbedaan. Dapat dibilang keduanya memiliki selisih harga seperti langit dan bumi.

Seperti informasi harga yang diketahui dari marketplace online Alibaba.com. Motor Xcross Leaf 125 ini dibanderol dengan harga mulai dari 500-800 dollar Amerika Serikat.

Harga ini setara dengan Rp 7,4 juta rupiah sampai Rp 11,8 jutaan. Sementara itu, untuk Yamaha WR 155R sendiri harganya cukup jauh.

Pasalnya, dilansir dari laman resmi Yamaha.co.id, motor ini memiliki banderolan harga sebesar Rp 36.8 jutaan on the road di Jakarta.

Jelas sekali bukan seperti apa perbedaan harganya? Meski memiliki bentuk desain body yang mirip, namun harga keduanya jauh berbeda.

Dari segi kenyamanan berkendara dan segalanya, mungkin anda juga bisa menilai sendiri. Dengan harga 7 jutaan, Xcross Leaf 125 bisa memberikan spesifikasi yang lumayan. Meski memang masih jauh dibawah Yamaha.

Bagaimana menurut anda tentang Xcross Leaf 125 ini? Kembaran Yamaha WR 155R ini bisa jadi alternatif bagi anda yang ingin motor trail, namun dengan budget terbatas. (R10/HR-Online)