Yamaha YZ250F 2021 Muncul dengan Edisi Monster Energy Racing

Yamaha YZ250F 2021 Muncul dengan Edisi Monster Energy Racing
Ilustrasi Yamaha YZ250F 2021. Foto: Istimewa

Yamaha YZ250F 2021 menjadi salah satu sepeda motor terbaru dari Yamaha. Sebenarnya produsen roda dua yang berasal dari Jepang ini mengumumkan dua model motor terbarunya.

Kedua motor tersebut adalah YZ250F 2021 dan YZ450F 2020. Kedua jenis motor baru ini hadir dengan edisi Monster Energy Racing.

Edisi baru YZ250F 2021 ini menjadi salah satu bentuk perayaan kemitraan yang cukup kuat. Kemitraan yang dibangun antara Yamaha dan Monster Energy yang telah terjalin lama.

Keduanya telah memiliki tekad untuk bisa naik podium dalam kejuaraan motocross pada 2021 mendatang. Sehingga tampilan baru motor mereka ini bisa jadi salah satu langkah awal yang baik untuk mereka.

Tampilan Yamaha YZ250F 2021

Motocross yang hadir dengan balutan warna hitam dan biru ini punya desain grafik yang eksklusif. Desain tersebut spesial diberikan oleh Monster Energy.

Kedua motor ini bisa memberikan kesempatan untuk siapapun yang duduk di atas jok motor ini. Pasalnya, jok motor ini punya sisi agresif yang luar biasa.

Tampil dengan wujud asli dari tim Grand Prix Yamaha. Bahkan juga telah dilakukan perombakan besar-besaran pada motor ini.

Seperti dilakukannya sejumlah revisi yang bisa membantu pengendara agar tetap terdepan dalam ajang kompetisi yang diikutinya.

Perubahan pada YZ250F 2021

Seperti informasi yang dilansir dari Visordown bahwasannya Yamaha YZ250F 2021 ini hadir dengan beberapa perubahan. Seperti desain ulang kelas berat bagi sektor mesinnya.

Selain itu, juga pada respon throttle yang lebih halus dan update tenaga mesin yang cukup signifikan. Agar bisa meraih target tersebut, insinyur Yamaha telah mengadopsi profile baru untuk exhaust camshaft.

Baca Juga : Honda BS6 X-Blade, Motor Sporty yang Menggendong Mesin 162,7 cc

Yamaha juga sudah mengoptimalkan daya mesin dari kisaran menengah sampai redline. Ada pula pengurangan overlap.

Disamping itu, pihak Yamaha juga sudah melakukan revisi pada bagian front-facing inlet. Dalam hal ini, airbox yang dipakai tanpa intake funnel yang telah diambil dari model lama.

Secara menyeluruh 20mm dari sebelumnya. Kedua revisi tersebut bisa memberikan udara yang masuk akan lebih mulus ke bagian mesin.

Adanya camshaft knalpot dan intake yang bisa mendapat pembaruan. Jadi, tak heran bila sektor knalpot juga sudah diadaptasi bagi lansiran 2021 ini.

Akselerasi Mesin

Unit baru Yamaha YZ250F 2021 ini 70mm lebih lama dibandingkan dari sebelumnya. Adanya sistem baru ini telah diklaim bisa memberikan akselerasi lebih halus. Khususnya pada putaran mesin yang lebih tinggi.

Salah satu yang melengkapi pembaruan engine ini adalah perakitan kopling yang telah direvisi. Tampilan dindingnya lebih tebal dan kuat. Sehingga ini bisa membantu meningkatkan daya tahan.

Kemudian pada 3,4 dan 5 gigi pada poros input dan outputnya sudah dirancang ulang dalam memberikan peningkatan kinerja transmisi. Ini bertujuan untuk memberikan kekuatan lebih besar supaya bisa sesuai dengan peningkatan kinerja mesinnya.

Dengan demikian, motor ini bisa melaju di berbagai medan. Baik itu medan yang halus dan bergelombang. Tanjakan, turunan, belokan, dan medan yang ekstrim sekalipun.

Kinerja Sasis yang Meningkat

Yamaha YZ250F 2021 ini menggunakan rangka balok bilateral yang terbaru. Sementara itu, bagian permukaannya memiliki tampilan yang sangat mirip dengan model generasi yang sebelumnya.

Pada bagian bawah lasan ada item baru yang sudah direvisi. Revisi yang dilakukan terfokus pada peningkatan performa serta feeling untuk pengendaranya.

Bagian rangkanya sudah dioptimalkan dengan penyempurnaan kekakuan pada area utama. Dengan komponen juga seperti dudukan stang, klem triple atas, dan gandar depan. Ini semua dirancang untuk melengkapi rangka baru.

Pengaturan pada bagian suspensi baru juga akan diterapkan pada Yamaha YZ250F 2021. Didukung dengan fork KYB serta shock belakang yang bisa menampilkan peredaman yang progresif pada semua langkah.

Pengaturan ini diharapkan bisa memberikan perasaan kontak lebih kuat bagi pengendara. Kontak yang dirasakan dengan permukaan trek yang memberikan penyerapan guncangan lebih baik.

Dengan demikian, ini diharapkan bisa menghemat energi bagi pengendara saat turun balapan.

Satu hal yang tak kalah penting adalah Yamaha telah membekali motor ini dengan pembaruan pada sistem pengereman. Dimana pengeremannya dilengkapi cakram yang lebih ringan dan lebih kuat.

Baca Juga : Ducati Multistrada 950 S Edisi 2020 Hadir dengan Warna Livery Terbaru

Kapiler pada bagian depan dan belakang motor Yamaha YZ250F 2021 juga diperbarui. Sehingga ini semakin membuat pengendaranya semakin nyaman.

Anda pasti sudah tidak sabar untuk menanti kedatangan motor cross dari Yamaha ini. Motor keren ini akan segera meluncur.

Pasalnya, tak sampai tahun 2021, motor ini sudah akan diperkenalkan kepada publik.

Informasinya, Yamaha Racing Edition YZ450F 2020 Monster Energy akan mulai hadir di pasaran pada September 2020.

Sementara itu, untuk model Yamaha YZ250F 2021 Monster Energy akan menyusul pada Oktober 2020. (R10/HR-Online)