Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita Terbaru5 Jenis Penyakit Peredaran Darah dari yang Ringan Hingga Mematikan

5 Jenis Penyakit Peredaran Darah dari yang Ringan Hingga Mematikan

Mengetahui apa saja jenis penyakit peredaran darah sangat penting agar terhindar dari bahayanya yang bisa mengancam jiwa. Hal ini karena peredaran darah tubuh berperan penting dalam menjaga kesehatan.

Sirkulasi peredaran darah yang terganggu akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Kondisi ini bisa mengancam nyawa karena akan memicu kemunculan sejumlah penyakit.

Sirkulasi pembuluh darah dan jantung yang baik merupakan dua sistem organ tubuh yang sangat penting. Kedua komponen ini sangat menentukan kondisi kesehatan seseorang. Bahkan bisa memicu seseorang mengalami sakit peredaran darah.

Penyakit peredaran darah terjperedaran darah.adi karena terganggunya pembuluh darah dan jantung yang memicu terjadinya komplikasi. Adapun faktor yang menyebabkan semua itu sangat banyak. Seperti gaya hidup dan faktor keturunan.

Baca juga: Gejala Penyakit Jantung Koroner, Penyebab dan Penyakit Pemicunya

Darah dalam tubuh manusia mempunyai peranan sangat penting. Fungsinya tak berbeda dengan peranan organ tubuh lainnya yang juga penting. Setiap organ tubuh mempunyai fungsi masing-masing.

Proses peredaran darah dalam badan juga mesti berlangsung lancar dan terdistribusi ke semua organ badan lainnya. Dalam sirkulasi darah itu terkandung pula kandungan elektrolit, nutrisi, oksigen dan hormon. Badan manusia sangat membutuhkan kandungan tersebut.

Jenis Penyakit Peredaran Darah

Peranan darah dalam tubuh bagaikan oli dalam kendaraan bermotor. Ia akan menentukan sehat tidaknya kendaraan. Kalau sirkulasi oli pada motor tak berlangsung baik, maka akan terjadi kerusakan pada sistem mesin kendaraan.

Hal serupa juga yang terjadi pada darah dalam tubuh manusia. Sehingga harus memastikan sirkulasi darah berjalan lancar ke seluruh organ tubuh. Kalau sirkulasi darah terganggu bisa memicu beberapa jenis penyakit peredaran darah yang berbahaya.

Berikut ini beberapa jenis penyakit akibat gangguan pada peredaran darah yang sangat membahayakan jiwa dan bisa muncul setiap saat.

Penyakit Arteri Koroner atau Aterosklerosis

Apa itu penyakit aterosklerosis? Ini adalah suatu penyakit yang penyebabnya akibat saluran pembuluh darah yang menyempit atau mengeras. Hal ini karena bagian dinding pembuluh darah banyak plak yang menempel dan mengeras.

Baca juga: Dampak Virus Corona Bisa Sebabkan Penyumbatan Pembuluh Darah

Timbulnya plak pada dinding pembuluh darah karena menumpuknya zat kalsium, lemak, dan kolesterol yang terjadi dalam jangka waktu lama. Menyempitnya saluran pembuluh darah bisa menyumbat aliran darah ke semua organ tubuh, termasuk jantung.

Apabila berlangsung lama akan menyebabkan penyakit arteri koroner. Penyakit ini kerap tidak terasa karena sering tanpa gejala apapun. Namun setelah pemeriksaan penderita dapat mengetahui gangguan ini dengan gejala rasa sesak pada dada dan nyeri.

Tekanan Darah Tinggi

Posisi pertama, jenis penyakit peredaran darah yang bisa membahayakan manusia adalah tekanan darah tinggi. Penyakit ini bisa membuat kerusakan pada otot jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini bisa mengakibatkan kematian mendadak.

Saat manusia mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi akibat terganggunya sirkulasi darah akan mengakibatkan otot jantung dan pembuluh darah mengalami kerusakan.

Jika tanpa penanganan dapat menyebabkan timbulnya penyakit ginjal maupun stroke. Para ahli medis menjuluki sakit tekanan darah tinggi sebagai the silent killer yang artinya pembunuh diam-diam.

Serangan Jantung

Inilah jenis penyakit peredaran darah yang cukup mematikan bagi penderitanya, yaitu serangan jantung. Serangan jantung bisa menyerang setiap orang tanpa pandang bulu. Beberapa gejala penyakit ini yang sering timbul adalah sebagai berikut:

  • Rasa nyeri yang berlangsung secara terus menerus sampai ke bagian punggung
  • Tak sadarkan diri dalam beberapa saat
  • Detak jantung berdebar-debar atau dalam kondisi tak normal
  • Adanya rasa mual dan muntah
  • Munculnya keringat dingin
  • Pergerakan nafas agak tersengal-sengal
  • Rasa sesak napas yang berbarengan rasa nyeri pada dada bagian tengah atau kiri

Serangan jantung timbul pada saat pemompaan darah tidak berlangsung baik. Darah tidak dapat memompa secara maksimal sehingga darah yang sampai ke jantung tidak memadai.

Baca juga: Anatomi Organ Tubuh Manusia, Pengertian, Struktur dan Fungsinya

Kondisi ini umumnya akibat adanya penyumbatan pembuluh darah. Akibatnya jantung kekurangan darah dan nutrisi yang membuat otot jantung jadi rusak. Bila seseorang mengalami gejala serangan jantung harus segera mendapat pertolongan medis.

Gagal Jantung

Penyakit gagal jantung pemicunya akibat otot jantung yang tak berjalan baik sebagaimana mestinya. Biasanya ini karena otot jantung mengalami masa lemah yang membuatnya tidak sanggup melakukan pemompaan darah yang dibutuhkan oleh organ tubuh.

Penyakit peredaran darah ini muncul pada waktu seseorang menderita gangguan jantung serupa. Seperti arteri koroner atau serangan jantung. Adapun tanda-tanda seseorang mengalami gagal jantung meliputi:

  • Mengalami pingsan atau tak sadarkan diri
  • Rasa nyeri yang timbul pada bagian dada
  • Nafas tak lancar atau tersengal-sengal
  • Pada malam hari selalu ingin buang air kecil
  • Kaki dalam keadaan bengkak
  • Badan lesu dan lemah

Stroke

Anda tentu pernah mendengar penyakit ini. Stroke merupakan jenis penyakit yang terjadi karena aliran pembuluh darah yang tersumbat. Penyakit peredaran darah ini membuat sirkulasi darah dan oksigen ke otak tidak berjalan lancar.

Penyebab Stroke dapat pula akibat pecahnya pembuluh darah pada otak. Pendek kata, penyakit stroke akibat aliran darah tidak sampai ke bagian otak secara memadai.

Baca juga: Aplikasi Pengukur Detak Jantung, Efektif Kontrol Kesehatan Jantung

Gejala penyakit stroke mudah untuk mengenalinya dengan tanda-tanda dengan istilah FAST yang meliputi:

  • Face droping yang berarti lumpuhnya wajah
  • Arms weakness yang berarti tangan menjadi lumpuh atau lemah
  • Speech difficult yang artinya sukar sekali untuk berbicara dengan baik
  • Time to call 911 yang berarti memerlukan pertolongan medis secara cepat.

Penyebab Timbulnya Penyakit Peredaran Darah

Telah disebutkan di atas beberapa jenis penyakit peredaran darah yang sangat berbahaya dan mengerikan. Lalu apa yang menjadi pemicu timbulnya jenis penyakit ini?  Berikut ini faktor pemicu timbulnya gangguan peredaran darah pada tubuh manusia.

  1. Salah satu pemicu timbulnya penyakit yang menyerang peredaran darah adalah kurang bergerak. Sehingga badan kurang bugar dan proses metabolisme tubuh tidak berjalan baik. Dengan begitu setiap hari tubuh harus bergerak seperti melakukan olahraga lari atau jalan kaki.
  2. Merokok secara berlebihan dapat mengakibatkan penyakit peredaran darah. Seperti serangan jantung atau gagal jantung.
  3. Faktor keturunan
  4. Pola makan tak teratur atau tak sehat
  5. Mengalami stres berlebihan
  6. Minum minuman yang mengandung alkohol
  7. Obesitas atau kelebihan berat badan

Untuk mencegah maupun mengatasi terjadinya penyakit akibat terganggunya peredaran darah maka perlu menerapkan pola makan yang tepat, pola makan yang teratur, gaya hidup sehat dan makan makanan bergizi, serta minum obat.

Demikianlah beberapa jenis penyakit peredaran darah yang wajib Anda kenali dan waspadai. Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan menjauhkan dari berbagai pemicu gangguan peredaran darah merupakan langkah bijak agar jauh dari penyakit mematikan ini. (R11/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img