Alhamdulilllah, Ciamis Kini Nihil Kasus Positif Covid-19

Alhamdulilllah, Ciamis Kini Nihil Kasus Positif Covid-19
Ilsutrasi pasien Covid-19 di Ciamis sembuh. Foto:Ist/Net

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Kabar gembira datang untuk warga Kabupaten Ciamis. Saat ini, semua pasien positif Covid-19 di Ciamis sudah sembuh.

Itu artinya Ciamis untuk sementara ini nihil kasus positif Covid-19. Berdasarkan data dari Gugus Tugas COVID-19 Ciamis, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Ciamis mencapai 20 orang.

19 pasien dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia. 1 pasien Covid-19 yang terakhir dinyatakan sembuh pada tanggal 2 Agustus kemarin.

Hingga saat ini tak ada lagi penambahan kasus di Ciamis. “Alhamdulillah semua pasien Covid-19 dinyatakan sembuh pertanggal 2 Agustus, dalam beberapa minggu ini kasus Covid-19 di Ciamis melandai,” ujar Bayu Yudiawan, juru bicara gugus tugas Covid-19 Ciamis, Selasa (4/8/2020).

Lanjut Bayu, Pemkab Ciamis akan terus melakukan test Covid-19 secara masif. Pasalnya saat ini, test Covid-19 di Ciamis masih jauh dari standar yang telah ditentukan WHO yakni 1 persen dari total penduduk.

Jumlah penduduk di Ciamis sebanya 1,4 juta,  artinya warga yang harus di test sebanyak 14.000 orang.

“Ciamis baru 3.700 orang yang dites, ini masih jauh dari target yakni sekitar 10 ribuan lagi. Makanya test Covid-19 akan terus kita lakukan,” katanya.

Untuk mempercepat test Covid-19, pihaknya akan meminta bantuan BNPB untuk mendatangkan Bus Mobile PCR. Selain itu, kabupaten Ciamis juga akan memiliki mesin PCR.

Lanjutnya, ada 4 sasaran yang akan dites Covid-19. Pertama yakni orang yang memiliki gejala klinis, orang-orang yang biasa berkerumun di fasilitas publik seperti perkantoran dan pasar, termasuk tenaga kesehatan.

“Yang keempat yakni para pendatang dari zona berisiko. Ciamis saat ini sudah nihil kasus positif Covid-19, sehingga harus dipagari agar tetap zero kasus,” tandasnya. (Fahmi2/R8/HR Online)

Loading...