Angklung Bajidor dan Badud Khas Pangandaran Meriahkan HUT RI

Angklung Bajidor
Salah satu pelajar saat memeriahkan HUT RI. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Peringatan HUT ke-75 RI yang berbeda dengan tahun sebelumnya dimanfaatkan puluhan pelajar untuk menunjukkan bakatnya memainkan Angklung Bajidor dan Badud.

Melalui sanggar seni Saung Angklung Kecamatan Cijulang di bawah pimpinan Koko, pelajar dari berbagai sekolah dan tingkatan ini melakukan upacara yang dilanjutkan unjuk kabisa sambil berkeliling kampung.

Koko, pimpinan sanggar, mengatakan, peringatan hari kemerdekaan di tahun ini menjadi kesempatan pihaknya untuk menumbuhkan kecintaan para pelajar terhadap bidang seni.

“Untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, kita bisa mengisi kemerdekaan dengan yang kita mampu, termasuk melalui kesenian ini,” kata Koko kepada HR Online, Senin (17/8/2020).

Baca juga: HUT RI di Ciganjeng Pangandaran, Warga Keliling Kampung Usai Upacara

Jenis angklung bajidor dan badud yang merupakan seni khas Pangandaran ini, kata Koko, ditampilkan untuk menghibur warga.

Ia harap, para pelajar dapat terus melestarikan kesenian angklung yang merupakan warisan para leluhur. Apalagi Pangandaran memiliki ciri khas sendiri yang perlu dilestarikan oleh generasi penerus. (Entang/R6/HR-Online)

Loading...