Aplikasi Google Form Melalui HP Android, Mudah dan Praktis

Aplikasi Google Form
Ilustrasi Aplikasi Googke Form. Foto Istimewa

Aplikasi Google form sangat membantu siapa saja yang membutuhkan adanya sample penelitian, khususnya yang berupa kuisioner. Hampir semua kalangan, mulai dari pekerja, mahasiswa, serta pelajar tentu sangat memerlukan adanya aplikasi ini.

Perlu anda ketahui, proses pembuatan Google Form pun tergolong mudah. Anda dapat membuatnya dengan menggunakan perangkat Android.

Dengan menggunakan aplikasi ini, anda akan memperoleh beberapa kemudahan dalam berbagai hal. Salah satunya adalah untuk pembuatan formulir atau kuisioner.

Para pengguna hanya perlu membagikan link agar kuisioner yang dapat diisi dengan mudah. Oleh karena itu, Google Form sangat cocok untuk berbagai kebutuhan anda, seperti riset tugas kuliah atau urusan pekerjaan yang dilakukan secara daring.

Baca Juga: Aplikasi CCTV HP Paling Canggih, Efektif Pantau Keamanan Rumah

Aplikasi Google Form Melalui HP Android

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat Google Form pada Android, sebaiknya anda pahami terlebih dahulu mengenai pengertian Google Form serta manfaatnya.

Sesuai dengan namanya, Google Form adalah salah satu platform yang menyediakan layanan pembuatan formulir online. Untuk dapat mengaksesnya, pastikan anda memiliki akun Gmail terlebih dahulu.

Apabila anda telah memiliki akun Gmail, maka penggunaannya dapat terintegrasi secara langsung pada Google Drive dan Google Docs. Pada Google Docs inilah anda dapat mencoba untuk menggunakan aplikasi Google sesuai dengan kebutuhan anda.

Semenjak hadirnya aplikasi ini, aktivitas seperti penelitian, survey, hingga pembuatan formulir pendaftaran dapat berjalan secara daring. Maka tidak heran jika Google Form cukup banyak peminatnya saat ini.

Cara Membuat Aplikasi Google Form pada HP Android

Bagi anda yang sangat mobile atau sering bekerja dengan berpindah-pindah, maka anda dapat mengerjakan Google Form langsung menggunakan perangkat HP. Dengan smartphone yang anda miliki, maka anda tidak perlu repot untuk membawa laptop yang berat kemana anda pergi.

Bahkan anda dapat mengetahui bagaimana cara membuat Google Form melalui HP secara mudah, cepat, efektif, dan langsung dapat melihat hasilnya. Berikut ini cara membuat Google Form pada Android secara praktis dan mudah:

Instal Aplikasi

Langkah pertama sebelum anda install aplikasi Google Form, pastikan sambungan internet anda kencang serta berkualitas. Hal ini bertujuan agar dapat membuat Google Form dengan lacar.

Saat ini anda dapat membuat Google Form hanya melalui HP Android dengan menggunakan aplikasi khusus. Aplikasi tersebut bernama FormsApp For Google Forms. Aplikasi ini mempunyai fungsi yang sama dengan situs Google Form yang telah ada.

Baca Juga: Aplikasi Scan Foto Terbaik pada Android, Wajib Dicoba!

Proses Pendaftaran

Ketika anda pertama kali membuka aplikasi Google Form, maka anda akan memperoleh beberapa pengenalan mengenai aplikasi ini.

Selanjutnya anda dapat menyetujui sebuah permission. Setelah itu, anda dapat mendaftar Google Form dengan cara login menggunakan akun Gmail yang anda miliki.

Pembuatan Formulir

Langkah berikutnya yang dapat anda lakukan dalam pembuatan Google Form pada perangkat Android anda adalah membuat formulir. Dalam hal ini, anda dapat tap ikon Plus yang terdapat pada kanan bawah. Kemudian anda dapat memilih template yang telah tersedia atau pilih Blank Form untuk dapat membuat formulir baru.

Edit Isi Formulir

Dalam mengedit isi formulir, anda dapat menggunakan ikon Plus untuk menambahkan beragam pilihan pertanyaan serta respon yang anda inginkan. Hal penting yang perlu anda perhatikan adalah pembuatan judul serta deskripsi formulir.

Bagikan Link Formulir

Langkah berikutnya dalam pembuatan Google Form adalah anda dapat langsung Copy Link dari Google Form yang telah anda buat. Anda dapat membagikan link tersebut kepada orang-orang yang akan anda jadikan responden.

Baca Juga: Aplikasi Pendingin HP Terbaik 2020, Atasi HP Panas dengan Cepat

Cara Melihat Hasil Google Form pada Android

Keuntungan lain yang dapat anda peroleh dalam menggunakan Google Form adalah anda dapat melihat langsung hasil dari aplikasi tersebut.

Caranya cukup sederhana, pada halaman utama tap formulir yang akan anda lihat hasilnya, kemudian tap pada pilihan View Responses.

Anda dapat melihat satu per satu formulir yang telah diisi oleh para responden anda ataupun rangkuman yang terdapat pada Summary.

Selain itu, anda dapat melihat hasil Google Form yang anda buat dalam bentuk Sreadsheet dengan cara tap Export. Langkah berikutnya pada pop-up dialog pilih Google Sheets. Untuk dapat membuka file, maka anda harus memiliki Google Sheet pada smartphone anda.

Hasil Google Form tersebut dapat anda simpan dalam format PDF atau cetak. Caranya anda dapat langsung klik menu Save atau Print pada file yang terdapat pada bagian atas formulir anda.

Dengan menggunakan aplikasi Google Form, maka kinerja anda secara otomatis dapat lebih optimal. Selain itu, aplikasi ini dapat menjadi alternatif menarik buat anda yang sedang melakukan penelitian skripsi atau soal ujian untuk anak didik. (R10/HR Online)