Aplikasi Google Lens Android, Cara Aktivasi dan Kehebatannya

Aplikasi Google Lens
Ilustrasi Aplikasi Google Lens. Foto Istimewa

Aplikasi Google Lens Android dapat anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Baru-baru ini Google telah mengumumkan kehadiran Goole Lens pada berbagai Android. Hal ini dilakukan setelah pihak Google menyimpan aplikasi ini sebagai fitur eksklusif smartphone Googel Pixel.

Google Lens merupakan tool yang berbasis kecerdasan buatan atau dengan nama lain Artificial Intelligence (AI) computer vision yang dapat menganalisa foto atau mengenali obyek yang ada pada aplikasi tersebut.

Selain itu, aplikasi ini dapat mengambil informasi lain seperti alamat serta nomor telepon. Awalnya Google Lens hanya terdapat pada seri perangkat Pixel miliki Google. Namun saat ini Google Lens telah tersedia pada perangkat Android melalui Google Photos.

Baca Juga: Aplikasi Google Lens, Fitur Canggih Penerjemah Foto Via Kamera

Aplikasi Google Lens Android, Cara Aktivasi dan Kehebatannya

Google Lens merupakan fitur penelusuran Google yang dapat menganalisa sebuah gambar ataupun foto. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mencari segala sesuatu tentang objek terkait.

Saat ini anda yang ingin mencoba fitur Google Lens pada smartphone Android, terdapat cara mudah untuk memiliki Google Lens. Yang mana dengan menggunakan 2 metode, antara lain metode root atau tanpa root.

Bagi anda yang belum pernah menggunakan Google Lens, aplikasi ini sangat bermanfaat dengan mengintegrasikan sedikit realitas via penelusuran web yang otomatis dan cerdas.

Cara Mengaktifkan Aplikasi Google Lens Android

Berikut ini cara aktivasi Google Lens pada Android:

Cara Aktivasi Google Lens Dengan Root

Caranya dengan menggunakan ZIP untuk anda flash melalui custom recorvery. Cara ini khusus bagi anda yang mempunyai perangkat Android dengan kondisi yang telah diroot.

Dengan cara ini, dapat melongkap beberapa tahap yang terdapat pada metode non root. Karena dengan metode non root, anda perlu uninstall Googel Photos yang sedang anda gunakan.

Berdasarkan XDA Developers yang menyatakan bahwa anda dapat menggunakan berkas ZIP yang telah anda unduh, yang kemudian anda flash melalui custom recovery.

Dalam hal ini, anda perlu melakukan reboot serta menekan tombol kombinasi untuk memasuki metode recivery tersebut yang menyerupai BIOS yang terdapat pada operasi Windows. Selanjutnya anda dapat install TWRP atau install zip from SDcard (CWM).

Kemudian anda dapat memasuki direktori tempat ZIP Google Lens yang anda unduh serta biarkan custom recovery melakukan instalasi. Setelah proses selesai, maka anda dapat menikmati aplikasi Google Lens pada Google Photos.

Baca Juga: Aplikasi Google Form Melalui HP Android, Mudah dan Praktis

Cara Aktivasi Google Lens Tanpa Root

Untuk aktivasi aplikasi Google Lens Android melalui cara tanpa root, dapat anda lakukan dengan instal APK Google photos ke versi terbaru.

Akan tetapi, cara ini belum tentu berhasil pada beberapa jenis smartphone. Pasalnya, adanya seleksi dari Google melalui server yang melongkap pembaharuan Google Photos dalam versi tertentu pada smartphone anda.

Namun anda dapat mengakalinya dengan menginstall APK yang dapat anda unduh dari APKMiror. APKMirror merupakan satu sumber pengunduh aplikasi yang cukup aman dan dapat anda gunakan sebagai alternatif pada Google Play Store. Versi Google Photos yang perlu anda unduh adalah 3.15.0.187517307 yang dapat anda cari pada situs APK Mirror.

Sebelum menginstal, anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu install from unknown source pada bagian setting yang dapat anda akses pada sub-menu security. Selain itu, anda juga perlu uninstall Google Photos yang telah terinstall pada Android anda.

Baca Juga: Aplikasi CCTV HP Paling Canggih, Efektif Pantau Keamanan Rumah

Mengetahui Manfaat Aplikasi Google Lens Android

Berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan dengan menggunakan Google Lens:

Mengambil Informasi Dari Dokumen

Fitur yang paling menarik dari aplikasi Google Lens Android adalah fitur pengenalan teks. Pada fitur ini, anda dapat mengambil gambar dokumen dalam bentuk apapun. Selanjutnya, aplikasi ini akan mengenali teks tersebut ke dalam foto serta menyamarkan teks yang sebenarnya pada aplikasi.

Mencari Informasi Melalui Foto atau Gambar

Hanya dengan memfoto produk yang akan anda ketahui informasinya, maka aplikasi ini akan menyediakan semua informasi seputar produk pada gambar tersebut.

Selain itu, aplikasi ini menawarkan tampilan antarmuka yang lebih modern, bersih, serta dapat memberikan informasi yang lebih komprehensif.

Masih banyak lagi kehebatan dari aplikasi Google Lens Android yang dapat anda manfaatkan. Dengan mengaktifkan aplikasi ini, tentu dapat membuat urusan anda lebih mudah serta praktis. (R10/HR Online)