Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Google Lens, Fitur Canggih Penerjemah Foto Via Kamera

Aplikasi Google Lens, Fitur Canggih Penerjemah Foto Via Kamera

Aplikasi goolge lens sejak rilis 4 Juni 2018 lalu memiliki banyak fitur unggulan. Aplikasi google ini memungkinkan mengenali berbagai informasi lewat foto. Lalu apa saja kelebihannya?

Awal mula fitur ini hadir hanya pada perangkat Pixel yang merupakan milik Google sendiri. Sehingga tidak semua smartphone waktu itu dapat menikmati kecanggihan aplikasinya.

Saat pertama meluncur, aplikasi ini hanya bisa menjangkau beberapa negara saja. Seiring waktu berjalan, hampir semua negara sekarang bisa mengunduhnya di Play Store, begitu juga Indonesia.

Fitur yang mampu menerjemahkan berbagai objek, seperti teks atau sebuah benda melalui kamera ponsel, pengguna akan semakin mudah mendapatkan informasi hanya dengan sekali jepret.

Baca juga: Temukan Perangkat Saya, Solusi Pintar HP Hilang dari Aplikasi Google

Fitur Aplikasi Goolge Lens

Beragam layanan foto yang memungkinkan pengguna bisa mengedit atau mengubah sesuai selera, canggihnya aplikasi ini justru memberikan berbagai informasi dari objek.

Untuk itu, berikut beberapa layanan unggulan yang bisa mempermudah pengguna untuk kebutuhan sehari-hari.

Memindai dan Menerjemahkan Teks

Hanya dengan mengarahkan kamera ke objek, pengguna akan mendapatkan informasi lengkap dari fitur ini.

Bahkan, bahasa asing pun bisa Anda pahami karena otomatis menerjemahkan objek berupa teks.

Selain itu, kemampuannya dalam memindai kode yang rumit sangat membantu dan menghemat waktu.

Mengenali Hewan dan Tumbuhan

Jika seseorang tidak mengetahui jenis binatang maupun tanaman, aplikasi google lens bakal memberikan jawaban secara rinci.

Data yang muncul merupakan beberapa pilihan paling dekat kebenarannya, bahkan bisa benar-benar sesuai dengan harapan pengguna.

Mengetahui Tempat Sekitar

Jika sedang melakukan traveling ke tempat yang jauh, tentu saja banyak lokasi yang masih asing.

Maka dari itu, hanya dengan memotret bangunan, restoran, hotel dan lainnya sekitar Anda, akan menampilkan hasil bacaan aplikasi ini.

Mencari Tahu Merk Barang

Bila sedang bingung mencari merk dari sebuah barang, pengguna bisa mengambil gambar secara langsung atau memilih foto yang ada di galeri yang kemdian mengunggah ke aplikasi ini.

Dalam waktu sekejap, aplikasi google lens ini akan menampilkan hasil pencariannya, lengkap dengan informasi dan gambar yang mirip.

Sehingga, dengan adanya fitur ini akan memberikan alternatif kepada Anda saat memilih benda atau toko yang menawarkan produk serupa.

Baca juga: Aplikasi Bisnis Online Terbaik, Rekomendasi Bagi Pemula

Menyalin Teks Dokumen

Jika menulis ulang tulisan pada sebuah dokumen memakan banyak waktu, aplikasi ini justru hadir memberikan kemudahan tanpa ribet.

Anda hanya cukup mengarahkan pada tulisan yang ada dan memotretnya. Setelah itu akan tampil kalimat sesuai dengan objek itu.

Kemudian setelah keluar teks, Anda tinggal menyalin catatan ini pada ponsel atau aplikasi yang digunakan.

Pindai Kode dengan Cepat

Saat ini banyak sekali barang maupun layanan yang memberikan informasi melalui kode QR maupun kode batang. Aplikasi google lens juga memiliki fitur untuk mempercepat proses pemindaian. (Muhafid/R6/HR-Online)