Aplikasi Untuk Menulis Cerita Terbaik Jadikan Anda Penulis Beken

Aplikasi Untuk Menulis Cerita
Ilustrasi Aplikasi Untuk Menulis Cerita. Foto Istimewa

Aplikasi untuk menulis cerita yang terdapat pada Android dapat memudahkan anda dalam menulis cerita ketika tidak berada di depan laptop.

Sebagai penulis, di era teknologi yang serba canggih ini, anda tidak selalu diharuskan untuk membawa laptop dalam menunjang aktivitas anda.

Perlu anda ketahui, impian terbesar dari para penulis adalah ingin sekali menulis kapan saja dan dimana saja tanpa adanya halangan suatu apapun.

Baca juga: Aplikasi Edit Tulisan Kekinian Terbaik Android 2020

Tentu untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan adanya gadget. Namun dalam hal ini, anda dapat menggunakan gadget lain selain laptop.

Gadget yang dimaksud adalah smartphone. Dengan gadget satu ini, anda dapat memanfaatkan adanya aplikasi yang disediakan Android untuk mempermudah aktivitas menulis anda.

Aplikasi Untuk Menulis Cerita Terbaik

Saat ini menjadi penulis dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hal ini karena telah banyak aplikasi menulis yang dapat anda download secara gratis melalui smartphone yang anda miliki.

Beberapa aplikasi tersebut telah menyediakan beragam fitur menarik untuk mempermudah kegiatan menulis anda. Bahkan anda dapat membagikan hasil karya anda untuk dapat dibaca orang lain serta dapat menghasilkan uang.

Di bawah ini beberapa aplikasi untuk menulis cerita yang dapat anda gunakan:

Steller

Steller adalah singkatan dari Storyteller yang artinya penutur cerita atau pendongeng. Di dalam aplikasi ini menyediakan banyak elemen untuk bercerita, seperti teks, video, serta foto.

Dengan adanya aplikasi Steller, maka anda dapat bercerita dengan mudah. Anda dapat menceritakan pengalaman perjalanan anda dengan menambahkan beberapa foto serta video menarik ke dalamnya.

Cerita yang anda unggah dalam aplikasi Steller akan berbentuk seperti e-book. Dimana satu judul cerita dengan sejumlah lembar halaman di dalamnya.

Dengan menggunakan aplikasi satu ini, anda dapat saling membagi cerita yang anda miliki serta membagikannya ke platform media sosial lainnya, seperti Twitter serta Facebook. Anda juga dapat mem-follow akun Steller teman anda untuk dapat mengikuti perkembangan cerita-cerita yang mereka buat.

Baca Juga: Aplikasi Pengukur Jarak Terbaik Android Hasil Paling Akurat

JotterPad

JotterPad merupakan salah satu aplikasi untuk menulis cerita terbaik yang dapat anda unduh di Google Play Store. Di dalam aplikasi ini terdapat beragam fitur menarik seperti free-distrction editor, screenwriter professional, serta quick review.

Dengan menggunakan aplikasi JotterPad, dapat memungkinkan anda untuk melakukan kustomisasi pada tampilan. Keunggulan dari aplikasi ini adalah dapat anda gunakan untuk menulis novel secara profesional.

Selain itu, anda dapat mengekspor hasil tulisan anda ke dalam format PFD ataupun docx (beta). Menariknya lagi, dengan aplikasi JotterPad, memungkinkan anda untuk menggunakan keyboard Bluetooth.

Wattpad

Wattpad merupakan aplikasi yang cukup populer serta banyak diminati para remaja. Dengan aplikasi ini, anda tidak hanya dapat membaca karya orang lain. Akan tetapi, juga dapat menulis cerita atau buku sendiri serta mempublikasikannya.

Saat ini telah banyak sekali karya terbaik yang lahir dari aplikasi Wattpad. Menariknya lagi, karya tersebut ada yang bermula dari keisengan menulis di Wattpad, dan tidak sedikit pula yang sukses menjadi seorang penulis.

Jika cerita anda telah banyak dibaca di aplikasi Wattpad, maka bukan tidak mungkin ada penerbit mayor yang akan tertarik serta menerbitkannya dalam bentuk buku.

Dari sinilah, maka anda dapat berpeluang lebih besar jika dalam sewaktu-waktu buku cerita anda diangkat menjadi film layar lebar serta dapat tayang di bioskop.

Novelist

Novelist adalah salah satu aplikasi untuk menulis cerita yang dirancang khusus untuk para penulis novel. Bagi anda yang memiliki hobi menulis novel, aplikasi ini layak untuk anda gunakan.

Maka aplikasi Novelist dapat anda unduh langsung pada smartphone anda yang kemudian dapat anda gunakan secara langsung. Di dalam aplikasi Novelist telah menggunakan beragam tools keren untuk menyusun plot hingga outline dari tulisan anda.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Zoom, Permudah Video Conference

Selain itu, anda dapat mengatur deadline pada setiap tulisan. Terdapat pula fitur menarik yang memungkinkan anda untuk memilih template untuk buku.

Storial.co

Aplikasi untuk menulis cerita berikutnya adalah Storial. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk mengunggah tulisan yang sedang anda kerjakan dalam format buku. Sehingga para pembaca lain dapat membaca, memberikan penilaian, serta memberikan masukan.

Hal menarik dari aplikasi ini adalah memberikan sistem royalti kepada para pengguna untuk memperoleh penghasilan dari tulisan mereka. Dalam hal ini, para penulis mempunyai pilihan yang disebut dengan pay per read.

Dengan adanya aplikasi untuk menulis cerita di atas, maka dapat anda jadikan sebagai alternatif dari aplikasi pengolah kata yang umum anda gunakan. Dengan aplikasi ini sangat membantu aktivitas menulis anda, terutama bagi yang tidak mempunyai laptop atau personal computer. (R10/HR Online)

Loading...