Aplikasi WhatsApp Modifikasi, Sadari Resiko yang Ditimbulkan

Aplikasi WhatsApp Modifikasi
Ilustrasi Aplikasi WhatsApp Modifikasi. Foto Istimewa

Aplikasi WhatsApp modifikasi ternyata memiliki resiko yang cukup besar. Hal ini dikarenakan mereka yang dimodifikasi dapat menyematkan serangan yang bernama man-in-the middle (MITM).

Serangan ini merupakan jenis serangan penyadapan siber. Saat ini jutaan orang yang menggunakan WhatsApp Mod telah diperingatkan mengenai bahaya yang dimiliki aplikasi tersebut.

Perlu anda ketahui, aplikasi ini memiliki potensi mengekspos semua chat yang ada di dalam aplikasi tersebut. Informasi ini diketahui pertama kali melalui akun Twitter WABetaInfo yang telah mencuitkan peringatan mengenai versi WhatsApp yang telah dimodifikasi.

Baca Juga: Fitur Baru Aplikasi Telegram, Ada File Sharing Hingga 2GB

Aplikasi WhatsApp Modifikasi, Sadari Resiko yang Ditimbulkan

Kita ketahui WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan online yang cukup populer serta paling banyak digunakan. Saat ini terdapat WhatsApp yang merupakan hasil modifikasi yang menawarkan lebih banyak fitur bagi para penggunanya.

Akan tetapi, akhir-akhir ini terdapat informasi yang menyatakan bahwa aplikasi WhatsApp modifikasi tersebut tidak aman untuk digunakan.

Pada situs WABetaInfo, memperingatkan para pengguna untuk berhenti menggunakan aplikasi WhatsApp yang telah dimodif tersebut.

WhatsaApp yang telah dimodifikasi tersebut sangat tidak aman untuk digunakan bagi para pengguna pribadi ataupun pengembang aplikasi Mod tersebut.

WhatsApp modifikasi ternyata dapat melihat serta memodifikasi pesan yang telah dikirim oleh pengguna dengan menggunakan aplikasi Mod ini.

Fakta Resiko Aplikasi WhatsApp Modifikasi

WhatsApp modifikasi memang hadir untuk meningkatkan fitur yang lebih baik dari versi originalnya. Akan tetapi, tanpa kita duga, aplikasi ini menyimpan bahaya yang cukup besar bagi para penggunanya.

Terdapat beberapa fakta mengejutkan yang berhubungan dengan aplikasi WhatsApp versi mod ini yang antara lain:

Modifikasi Tanpa Adanya Persetujuan Pihak WhatsApp

Dalam hal modifikasi aplikasi WhatsApp, para peretas dapat mengedit perangkat lunak yang digunakan, sehingga mereka dapat menguping pembicaraan, membaca, atau bahkan mengubah teks yang telah dikirim oleh pengguna.

Oleh karena itu, WABetaInfo juga memperingatkan semua kalangan yang telah menggunakan WhatsApp modifikasi untuk lebih berhati-hati.

Hal ini selain bahaya yang terkandung di dalamnya, ternyata WhatsApp versi modifikasi ini tanpa adanya persetujuan perusahaan WhatsApp secara langsung.

Dengan bahaya yang dimiliki, maka perusahaan berpotensi untuk memblokir sementara akun yang menggunakan aplikasi modifikasi tersebut.

Tidak Adanya Jaminan Pihak Ketiga

Pesan yang kirim melalui aplikasi WhatsApp modifikasi dinyatakan tidak aman. Hal ini dikarenakan melalui aplikasi ini tidak ada jaminan pihak ketiga pada saat membaca pesan tersebut.

Oleh karena itu, penggunaan aplikasi dinyatakan tidak aman untuk membagikan informasi seperti password, nomor rekening, serta info penting lainnya.

Adanya Suntikan Malware dan Spyware

Perlu anda ketahui, WhatsApp modifikasi lebih cenderung menyuntikkan malware dan spyware. Hal ini dikarenakan server yang digunakan pada host kurang aman.

Merupakan Aplikasi Tidak Resmi

Dikarenakan WhatsApp Mod merupakan aplikasi tidak resmi serta tidak tersedia di dalam Google Play atau App Store, maka para pengguna akan merasa kesulitan untuk melakukan pembaharuan terhadap aplikasi satu ini.

Disarankan Menggunakan Versi Beta daripada Versi Modifikasi

Terkadang orang ingin menggunakan versi aplikasi yang telah dimodifikasi dengan tujuan ingin mempunyai beberapa fitur tambahan.

Akan tetapi, akan lebih baik jika anda tetap menggunakan versi resmi dari aplikasi tersebut, karena data pengguna lebih terjamin keamanannya.

Dengan beragam resiko yang ditimbulkan dalam penggunaan aplikasi WhatsApp modifikasi, maka memang sangat disarankan bagi anda untuk menggunakan versi resmi dari aplikasi WhatsApp.

Hal ini mengingat data pengguna akan lebih aman. Sementara jika anda ingin mencoba fitur baru dari WhatsApp, maka sebaiknya anda menggunakan versi WhatsApp Beta.

Dengan versi ini, semua data lebih terjamin keamanannya tanpa adanya resiko yang mungkin akan ditimbulkan. Cara menggunakan versi ini, anda tinggal mengunduh WhatsApp seperti biasanya pada Google Play.

Kemudian gulir ke halaman bawah hingga anda akan menemukan tulisan “Menjadi Penguji Beta”. Selanjutnya tekan tombol “Saya Masuk atau I’m In”. Kemudian klik “Gabung” untuk dapat mengkonfirmasi.

Dengan banyaknya resiko yang ditimbulkan dalam penggunaan aplikasi WhatsApp Modifikasi, maka WhatsApp resmi dapat mencekal pengguna apabila kedapatan menggunakan WhatsApp Mod. Maka dari itu, sebaiknya anda lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi versi yang tidak original. (R10/HR Online)

Loading...