Awan Misterius di Mars Kembali Muncul Dengan Ukuran Panjang

Awan Misterius di Mars
Ilustrasi Awan Misterius di Mars. Foto Istimewa

Awan misterius di Mars dikatakan kembali lagi setelah sebelumnya diprediksi telah punah. Pertunjukan awan aneh ini terlihat di atas gunung berapi yang ada di Mars. Para ilmuwan pun kembali dikejutkan dengan adanya pertunjukan yang satu ini.

Awan misterius ini terbentuk selama berkali-kali. Dilansir dari Space, awan ini dikenal dengan nama Aria Mons Elongated Cloud atau AMEC. Awan cerah berukuran panjang tersebut telah menjadi fenomena akrab di Mars.

Dikatakan fenomena akrab karena kemunculan awan ini bukan yang pertama kali. Meskipun terjadi diatas gunung berapi, namun para ilmuwan berasumsi bahwa awan ini bukan berasal dari gunung.

Para ilmuwan berpendapat bahwa awan ini merupakan siklus tahunan. Jorge Hernandez Bernal mengungkapkan bahwa penyelidikan tentang awan misterius ini sedang berlangsung.

Kemunculan Awan Misterius di Mars

European Space Agency atau ESA juga mengkonfirmasi bahwa awan misterius tersebut tengah diselidiki. Diharapkan nantinya awan ini dapat dilihat lagi sehingga lebih membantu proses penyelidikan. Hernandez, penulis studi kembali memberikan pernyataan.

Dikutip dari Space, awan misterius ini memiliki bentuk panjang. Dimana terjadi setiap tahunnya di Mars pada bagian Slostice Selatan. Kemudian siklus yang dimiliki sekitar 80 hari atau bahkan lebih.

Hernandez menambahkan bahwa awan misterius di Mars memang mengesankan. Menurut European Space Agency, para ilmuwan telah menangkap awan sejauh 1.800 kilometer atau 1.100 mil.

Struktur yang dimiliki oleh awan tersebut terlihat seperti ekor, kemudian tersusun dai air es. Para ilmuwan menepis jika awan tersebut berasal daru gunung Aria Mons.

Para ilmuwan berasumsi bahwa awan tersebut terbentuk dengan cara yang lazim. Dimana angin lokal mulai berinteraksi dengan topografi yang ada di kawasan tersebut.

Awan ini pun tidak hanya sekedar datang dan menetap dalam waktu lama. Justru awan ini hanya terlihat sementara. Kemudian kan menghilang dalam beberapa waktu.

Awan yang misterius ini akan terbentuk dan memudar selama beberapa jam di pagi hari. Lalu akan kembali muncul di pagi hari selanjutnya. Kemunculan dan keraiban awan tersebut membuat penelitian menjadi sulit.

Padahal ada banyak hal yang perlu dipelajari seperti orbit planet tersebut. Mars Express telah memenuhi syarat untuk melakukan penyelidikan terhadap awan misterius di Mars.

Instrumen yang digunakan untuk melakukan penyelidikan adalah Visual Monitoring Camera. Instrumen ini dapat digunakan untuk menangkap foto luar biasa dengan lebar satu frame.

Kemudian orbit pesawat ruang angkasa menempatkan tampilan Aria Mons ketika pagi. Di waktu ini awan misterius akan terlihat jelas. Sehingga citra yang didapatkan akan semakin jelas pula. Diharapkan nantinya penyelidikan yang dilakukan membuahkan hasil.

Baca Juga: Fosil Ikan di Mars Ditemukan dan Memunculkan Konspirasi

Siklus Awan Misterius di Mars

Mars memang merupakan planet yang terkadang berulah dan menarik perhatian. Berbagai fenomena aneh dan unik telah muncul di Mars. Fenomena awan misterius ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Lensa kamera biasa pun tidak dapat melihat penampakan awan misterius ini. Apalagi jika kamera tersebut memiliki bidang pandang yang sempit.

Waktu yang tepat untuk melihat awan ini adalah pagi hari. Jika diamati sore hari, maka akan sulit untuk melihatnya. Sehingga para ilmuwan menggunakan instrumen dengan bidang pandang yang luas. Dengan begitu, awan misterius di Mars dapat terlihat walau hanya sebentar.

Fakta lain menunjukkan bahwa awan ini tidak hanya terlihat kali ini saja. Akan tetapi, pernah terlihat di tahun 2018 sekitar bulan September dan Oktober. Pada tahun 2018 lalu, fenomena awan misterius ini juga terjadi sebentar. Sehingga tidak jauh beda dengan yang sekarang.

Para ilmuwan pun terus mempelajari fenomena ini. Sebab, awan aneh ini bukan berasal dari gunung berapi. Asal-usul awan ini masih menjadi pertanyaan para ilmuwan.

Jika awan ini adalah siklus tahunan, maka di tahun berikutnya diprediksi akan muncul. Kemudian alasan kemunculannya di pagi hari juga dipertanyakan. Mengapa harus di pagi hari? Berbeda dengan di Bumi yang menampilkan awan hingga sore hari.

Awan misterius di Mars ini menjadi fokus objek penelitian para ilmuwan. Awan misterius ini juga memiliki ukuran yang cukup panjang jika dibandingkan dengan awan biasanya. Meskipun hanya muncul di pagi hari, namun para ilmuwan berusaha untuk menangkap visualnya. (R10/HR Online)

Loading...