Ayam Mati Mendadak Bikin Geger Warga Beber Ciamis

Ayam Mati Mendadak di ciamis
Ayam yang mati mendadak gegerkan warga Desa Beber, Kecamatan Cimaragas, Kab Ciamis. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga Desa Beber, Kecamatan Cimaragas, Kab Ciamis, geger dengan penemuan ayam yang mati secara mendadak. Padahal, ayam ternak tersebut sebelumnya tidak menunjukkan tanda-tanda sakit ataupun bahaya lainnya.

Menurut salah seorang warga, Dafid, mengungkapkan, saat dirinya hendak memberi pakan kepada ayam kampung peliharaannya, ternyata ada beberapa yang sudah tergeletak mati. Sementara posisi kandang tidak terjadi kerusakan.

“Setelah masuk area kandang, sudah terlihat ada beberapa ayam tergeletak mati. Dan terlihat ada darah pada bagian dada seperti bekas cakaran dari binatang buas,” ungkapnya kepada HR Online, Sabtu, (29/8/2020).

Selain itu, lanjutnya, setelah memeriksanya secara detail, pada bagian dada ayam yang mati secara mendadak itu terdapat luka bolong seperti bekas tusukan.

Padahal sekeliling kandang ayam tersebut tertutup rapat, dengan menggunakan jaring untuk melindungi hewan ternaknya.

Dugaan Penyebab Ayam Mati Mendadak di Ciamis

Menurutnya, dugaan sementara ayam yang mati tersebut akibat serangan hewan buas. Terlebih posisi kandang jauh dari rumahnya.

Sehingga, ketika hewan buas memangsa ayamnya tidak segera mengetahui. Alhasil hewan buas tersebut dengan mudahnya memangsa ternaknya.

“Akan tetapi jika benar hewan buas seperti musang yang memangsa ayam, harusnya musang itu juga memakan daging ayam. Namun ini tidak,” herannya.

Karena, sambungnya, Dafid juga menemukan ayam yang mati secara mendadak itu tersangkut di atas pohon tidak jauh dari kandang ayam.

Sehingga David pun memastikan binatang buas yang memangsa ayam tersebut bisa memanjat pohon, saat membawa mangsanya untuk dimakan. “Namun, tidak tahu binatang apa,” katanya. 

Terlebih, posisi kandang ayamnya itu berada dekat dengan pohon kiara. Menurut cerita warga, pohon kiara itu umurnya sudah ratusan tahun. Sehingga dalam pohon tersebut bisa saja banyak binatang buas yang suka memangsa ayam.

“Saya tidak ingin ayam yang mati mendadak itu disangkut pautkan dengan kejadian mistis. Namun binatang buas yang menyerangnya,” tukasnya.

Sebab, lanjutnya, pada lokasi tersebut Dafid menemukan banyak bulu ayam berhamburan. “Sepertinya saat hewan buas itu akan memangsa, ayam melakukan perlawan,” katanya.

Untuk memastikan ayam yang mati mendadak tersebut, maka saat malam David mencoba melakukan pengintaian sekitar kandang ayam. (Es/R5/HR-Online)

Loading...