Bantuan Kuota Internet Gratis Dari Kemendikbud, Begini Cara Dapatnya!

Bantuan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud
Bantuan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud. Foto: Ist/Net

Bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud tersedia untuk siswa, guru, dan mahasiswa. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim yang menjelaskan langsung program bantuan kuota untuk para pelajar ini.

Mulai dari pelajar sampai dosen akan mendapatkan subsidi kuota internet selama empat bulan, mulai September sampai Oktober 2020.

Bagi siswa akan mendapat 35GB per bulan. Sementara guru akan mendapatkan 42 GB per bulan. Untuk mahasiswa dan dosen, akan mendapatkan 50GB per bulan. Bantuan tersebut guna mendukung proses belajar daring selama pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah kami mendapat dukungan dari menteri-menteri untuk anggaran pulsa peserta didik masa PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) ini,” kata Nadiem saat rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Kamis, 27 Desember 2020 lalu.

Nadiem menambahkan program bantuan kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen ini sedang dalam proses untuk pencairan. Ia berjanji akan mencairkan pulsa internet gratis untuk para pelajar ini secepatnya.

Pada kesempatan yang sama, Nadiem juga mengumumkan akan memberi tunjangan profesi untuk para guru, tenaga kependidikan, dosen, hingga guru besar.

Tak tanggung-tanggung, pemerintah menggelontorkan dana Rp 1,7 triliun untuk tunjangan profesi pendidik ini.

Sementara untuk kuota internet dari Kemendikbud ini akan tersalurkan langsung ke nomor HP para siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Asalkan sudah terdata dalam aplikasi Dapodik.

Cara Dapat Bantuan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud

Untuk mendapatkan pulsa internet gratis dari Kemendikbud, maka perlu mengakses Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Rencananya pemerintah menggelontorkan dana Rp 9 triliun untuk program kuota internet bagi para siswa, guru, mahasiswa, dan dosen ini.

Hal itu sebagaamana surat dari Kemendikbud kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia tertanggal 27 Agustus 2020. Surat tersebut perihal program pemberian kuota internet bagi peserta didik.

Dalam surat tersebut, Kepala Satuan Pendidikan bertugas melengkapi data nomor handphone para siswa melalui aplikasi Dapodik. Pengisian data nomor HP siswa tersebut harus selesai sebelum 31 Agustus 2020.

Baca Juga: Menghemat Data Internet Agar Kuota Jadi Lebih Awet

Sekretaris Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen), Sutanto, mengungkapkan hal senada terkait bantuan kuota internet gratis tersebut.

“Pemerintah memberikan bantuan berupa kuota internet, sehingga bentuknya bukan dalam bentuk uang,” kata Sutanto.

Karena itu, lanjut Sutanto, sekolah agar segera mengindetifikasi nomor telepon siswa dan guru. “Segera masukkan dalam data pokok pendidikan (Dapodik),” lanjutnya.

Dapodik merupakan aplikasi yang memuat sistem pendataan dalam skala nasional dan terpadu. Informasi dalam Dapodik merupakan sumber data dalam pendidikan nasional. Segala kebijakan terkait pendidikan salah satunya berdasarkan data dalam Dapodik.

Kebijakan tersebut seperti dana BOS, Bansos, Tunjangan, dan UN. Termasuk untuk pemberian bantuan kuota internet gratis juga berdasarkan data dari Dapodik.

Kuota Belajar Murah dari Telkomsel

Selain kuota internet dari Pemerintah, provider Telkomsel juga meluncurkan program kuota belajar internet murah. Hanya dengan Rp 10, para pelajar bisa mendapatkan kuota ilmupedia sebesar 10GN.

Baca Juga: Kuota Belajar Telkomsel 10GB Harga Rp 10, Begini Cara Dapatnya!

Kuota tersebut berguna untuk proses belajar secara daring dan berlaku untuk 30 hari. Kuota belajar murah dari Telkomsel ini pun bisa untuk mengakses aplikasi pendukung belajar secara daring.

Misalnya untuk mengakses aplikasi Google Meet, aplikasi Zoom, dan aplikasi conference lainnya. Selain itu bisa juga menggunakan kuota ini untuk mengakses berbagai website pendidikan.

Program kuota belajar dari Telkomsel ini akan berlangsung mulai 21 Agustus 2020, dan akan berakhir pada 31 Desember 2020. Tentu program ini akan sangat membantu para pelajar.

Kuota Belajar Murah Bagi Mahasiswa dan Dosen

Selain dari Telkomsel, provider lainnya, XL, juga memberikan bantuan kuota internet, berupa kuota murah bagi para mahasiswa dan dosen.

Hal tersebut terselenggara atas kerjasama XL dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud.

Rencananya bantuan kuota murah bagi para mahasiswa ini akan tersalurkan untuk 270 ribu dosen, dan 7,9 juta mahasiswa Indonesia.

Bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud ataupun kuota murah jadi salah satu kebutuhan pada masa pandemi Covid-19. Apalagi untuk para pelajar, guru, mahasiswa dan dosen yang wajib mengikuti belajar secara daring. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...