BLT Karyawan Cair Besok, Rp 1,2 Juta Ditransfer Langsung ke Rekening

BLT Karyawn Cair Besok
Ilustrasi. Foto: Ist/Net

BLT karyawan cair besok, Kamis, 27 Agustus 2020. Setelah sempat tertunda, akhirnya Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengumumkan, pencairan bantuan untuk karyawan peserta BPJS Ketenagakerjaan aktif.

Presiden Jokowi akan meluncurkan program yang bernama Bantuan Subsidi Upah (BSU) pada Kamis besok. Menaker Ida Fauziah menyampaikan hal tersebut dalam rapat kerja Komisi IX DPR RI, Rabu (26/8/2020).

“Insyaallah launching bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah sudah diagendakan besok, Kamis 27 Agustus 2020 oleh Presiden RI,” katanya.

Nantinya, lanjut Ida, setelah Presiden meluncurkan progma ini, maka BLT Karyawan cair langsung ke rekening masing-masing.

“Kemenaker saat ini tengah menyiapkan administrasi untuk proses transfer bantuan tahap pertama,” tambah Ida.

Setiap minggunya, kata Ida, Kemenaker akan menyalurkan BLT karyawan kepada kurang lebih 2,5 juta pekerja.

Bantuan Rp 600 ribu untuk para karyawan peserta BPJS Ketenegakerjaan itu akan cair paling lambat 31 Agustus 2020.

“Rencananya, akhir Agustus ini tahap pertama pencairan. Setidaknya 2,5 juta pekerja per batch per minggu akan kami cairkan,” kata Ida.

Baca Juga: Merana Karyawan di Ciamis, Kena PHP BLT Rp 600 Ribu

Pemerintah telah menganggarkan Rp 37,87 triliun untuk BLT karyawan yang akan cair untuk 15.725.232 pekerja.

Alokasi bantuan untuk 4 bulan, per bulan Rp 600 ribu, Namun pencairannya dalam dua bulan sekali. Sehingga sekali cair, karyawan akan mendapatkan Rp 1,2 juta yang langsung transfer ke rekeningnya masing-masing.

Pencairan BLT Karyawan Sempat Tertunda

Sebelumnya, Kemenaker mengumumkan akan mencairkan BLT karyawan pada Senin, 25 Agustus 2020. Namun, sehari sebelumnya Menaker justru meminta maaf lantaran rencana pencairan terpaksa mundur.

Namun Menaker menjamin pencairan BLT Karyawan tetap sesuai rencana semula, yakni paling lambar akhir Agustus, atau 31 Agustus 2020.

Alasan tertundanya proses transfer BLT Karyawan lantaran data dari BPJS Ketenagakerjaan belum lengkap, dan masih memerlukan validasi serta verifikasi.

Baca Juga: Karyawan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Ditunda! Lalu Kapan Cair?

Sementara itu, syarat mendapatkan BLT Karyawan adalah pekerja non PNS dan BUMN dengan gaji di bawah 5 juta. Selain itu, syarat selanjutnya adalah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan yang aktif setidaknya sampai bulan Juli 2020.

Setelah sempat tertunda, akhirnya BLT Karyawan cair besok, 27 Agustus 2020. Selain Manaker Ida Fauziyah yang mengumumkan hal tersebut saat rapat kerja bersama DPR, salah satu staf khusus Menteri Keuangan juga mengemukakan hal senada.

Stafsu Menkeu, Yustinus Prastowo juga memastikan BLT Karyawan tahap pertama akan cair pada 27 Agustus 2020.

Yustinus menyebut, tertundanya pencairan BLT Karyawan, lantaran ada masalah saat verifikasi data. Akibatnya pencairan mundur dari jadwal semula yang akan cair pada 25 Agustus.

“Kamis akan cair. Berarti besok sudah mulai cair untuk 2,5 juta pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Yustinus di salah satu stasiun TV, Rabu (26/8/2020) pagi.

Yustinus menuturkan, proses transfer BLT Karyawan ke rekening masing-masing secara bertahap sampai awal September 2020. “Harapannya semua cair setelah validasi data dan nomor rekening peserta,” katanya lagi.

Pencairan BLT Karyawan Dua Kali Penyaluran, Sekali Cair Rp 1,2 Juta

Para pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan bantuan Rp 600 ribu per bulan, selama 4 bulan, sehingga total bantuan sebesar Rp 2,4 juta.

Bantuan total Rp 2,4 juta akan ditransfer dalam dua kali penyaluran. Sehingga pekerja akan menerima Rp 1,2 juta sekali pencairan. Pekerja yang berhak mendapat BLT akan menerima transfer langsung Rp 1,2 juta ke rekeningnya masing-masing.

Untuk tahap pertama, bantuan yang akan tersalur untuk 2,5 juta pekerja. Karena itu bagi Anda karyawan peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan dan sudah menyetor nomor rekening oleh HRD perusahaan, besok tinggal cek saja ke rekening masing-masing.

BLT Karyawan cair besok, Menaker dan stafsus Menkeu yang memberikan pernyataan tersebut. Namun sebelumnya Menaker juga mengumumkan akan cair 25 Agustus, tapi pencairannya batal. Sehingga banyak karyawan kecewa dan merasa kena PHP, akankah besok para karyawan peserta BPJS Ketenagakerjaan mendapatkan BLT lewat rekeningnya masing-masing? (Ndu/R7/HR-Online)