Bonsai Kirombeng Streblus Jadi Tren dan Andalan di Pangandaran

Bonsai Kirombeng
Bonsai Kirombeng Streblus kini menjadi fokus perhatian para penggemar bonsai di Kabupaten Pangandaran. Foto: Ntang/HR

Berita Pangandaran (Harapanrakyat.com),- Bonsai Kirombeng Streblus kini menjadi fokus perhatian para penggemar bonsai di Kabupaten Pangandaran. Karena, Bonsai ini adalah salah satu ciri khas Kabupaten Pangandaran.

Herdi Hidayat, salah seorang pecinta bonsai di Kecamatan Padaherang, menuturkan pada dasarnya seluruh bonsai baik. Namun untuk di Pangandaran bonsai tersebut sebagai salah satu andalan dan kini sedang tren.

“Keunggulan dari bonsai ini perawatannya sangat mudah dan pertumbuhannya cukup cepat,” ujar Herdi Hidayat kepada HR Online, Senin (3/8/2020).

Herdi menjelaskan, saat ini 80 persen pemiliki dan pedagang bonsai di Pangandaran merawat dan menjual Bonsai Kirombeng Streblus. Selain mudah dalam merawat, harga pohon kerdil satu ini cukup terjangkau oleh pembeli.

“Harganya terjangkau oleh para pembeli. Namun untuk harga tersebut tergantung lama serta bentuk bonsainya itu sendiri,” tegas Herdi.

Herdi mengaku kini di kiosnya lebih banyak mengkoleksi bonsai streblus tersebut. Bahkan kini bukan hanya di Pangandaran saja, namun telah dibudidaya dan memelihara bonsai ini.

Bahrudin Ugo, salah seorang pembeli dari luar Pangandaran mengaku sengaja datang ke Galeri Nurseri Bonsai di Padaherang. Menurutnya, Bonsai Kirombeng Streblus salah satu pohon yang dikerdilkan terbaru. Bonsai ini sering ditampilkan di berbagai even kontes di Jabar dan Jateng.

“Meskipun bonsai kirombeng jenis kategori baru namun yang satu ini banyak di minati oleh para pembeli saat berkunjung ke arena event Contes bonsai. Saat ini kami sedang memilih-milih yang bagus untuk dibeli. Harganya juga bervariatif tapi terjangkau,” Katanya. (Ntang/R9/HR Online)