BPPD Ciamis Jalin Kerja Sama dengan Dekranasda Dongkrak Pariwisata

BPPD Ciamis Jalin Kerja Sama dengan Dekranasda Dongkrak Pariwisata
Pertemuan antara Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Ciamis menjalin kerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Ciamis, Kamis (13/8/2020) di Gedung PKK Ciamis.Foto:Jujang/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sebagai upaya mendongkrak ekonomi industri dari bidang pariwisata, Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Kabupaten Ciamis, menjalin kerja sama dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Ciamis Kamis (13/8/2020) di Gedung PKK Ciamis.

Ketua BPPD Kabupaten Ciamis, Drs. H. Endang Haris Juandana menjelaskan, kerjasama ini bertujuan untuk melakukan penyelarasan dan sinergitas antara BPPD Ciamis dengan Dekranasda Ciamis, khususnya dibidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif.

“Diharapkan, kerajinan yang ada di Dekranasda bisa menjadi konten-konten yang kemudian dipromosikan oleh BPPD Ciamis. Hal tersebut juga, sesuai dengan visi dan misi Bupati Ciamis sekaligus merealisasikan motto Ciamis,” ujar Endang.

Endang mengatakan, pihaknya menginginkan terwujudnya sinergitas antara BPPD Ciamis dengan Dekranasda Ciamis. Kemudian BPPD akan ikut serta dalam perekrutan pelatihan batik dan membantu mencari serta mengumpulkan informasi mengenai Batik Ciamis.

“Dekranasda Ciamis dan BPPD Ciamis memiliki ketertarikan yang sama dalam mempromosikan kesenian dan kerajinan khas Kabupaten Ciamis,” katanya

Maka dari itu, lanjut dia, dengan adanya kerjasama antara kedua lembaga, diharapkan dapat mencapai target Kabupaten Ciamis pada tahun 2021yaitu menjadikan tahun kunjungan wisata dengan jumlah 800 ribu kunjungan.

“Dengan adanya kerjasama ini juga diharapkan mampu meningkatkan daya tarik pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Ciamis dimata para pengunjung,” ucapnya.

Dekranasda Angkat Kerajinan Khas Ciamis

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat menjelaskan, Dekranasda Ciamis memiliki target untuk dapat mengangkat kerajinan khas Ciamis, agar bisa dikenal oleh masyarakat Ciamis ataupun luar daerah Ciamis.

“Dekranasda Ciamis juga ingin menyentuh masyarakat pengrajin dan meningkatkan usaha para pengrajin yang ada di seluruh Kabupaten Ciamis,” katanya.

Kania yang juga merupakan ketua PKK Kabupaten Ciamis mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Dekranasda Ciamis yaitu seperti pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), promosi-promosi kerajinan dan lain-lain.

“Adapun pelatihan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 adalah pelatihan batik. Pelatihan ini akan berlangsung selama 18 hari secara berturut-turut dengan kuota peserta sebanyak 250 orang,” pungkasnya. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...