Cara Daftar Prakerja Gelombang 4 Offline dan Online di Prakerja.go.id

Cara Daftar Prakerja Gelombang 4 Offline dan Online di Prakerja.go.id
Cara daftar prakerja gelombang 4 offline dan online di www.prakerja.go.id. Foto:Ist/Net

Cara daftar prakerja gelombang 4 banyak yang belum tahu. Pendaftaran kartu pra kerja dilakukan secara online di www.prakerja.go.id.

Pendaftaran kartu pra kerja juga bisa dilakukan secara offline. Bagi masyarakat yang ingin ikut program pra kerja, bisa mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja masing-masing Kab/Kota.

Peserta akan diberi formulir dengan format isian persis seperti format pendaftaran secara daring atau online.

Lalu bagaimana cara daftar prakerja gelombang 4 secara online? Untuk diketahui, pemerintah sudah membuka pendaftaran pra kerja gelombang 4 pada Sabtu (8/8/2020) kemarin.

Pemerintah menyiapkan kuota 800 ribu peserta yang akan diterima dalam program andalan Presiden Jokowi ini.

Bagi anda yang tak sabar mengikuti kegiatan ini, bisa langsung mengikuti pendaftaran mulai dari sekarang.

Namun sebelum ikut pendaftaran, anda mesti tahu dulu cara daftar prakerja. Karena ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui agar bisa lolos pendaftaran.

Kami minta anda untuk menyimak penjelasan yang akan kami sampaikan. Agar dalam pendaftaran, tidak terjadi.

Baca Juga: Daftar Kartu Prakerja Online Gelombang 4 Agar Lolos, Begini Caranya!

Cara Daftar Prakerja

Bagi anda yang ingin ikut pendaftaran kartu pra kerja, pertama harus memenuhi persyaratan. Syaratnya adalah peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Berikut ini cara daftar prakerja secara online di www.prakerja.go.id. Pendaftaran kartu pra kerja secara online bisa dilakukan di laptop, komputer ataupun gadget.

1. Buat Akun Kartu Pra Kerja

Untuk ikut pendaftaran kartu prakerja, anda harus punya dulu akun . Akun kartu pra kerja bisa kamu buat menggunakan alamat email. Berikut cara membuat akun pra kerja:

– Pertama login ke www.prakerja.go.id

– Lalu Klik Daftar Sekarang

– Masukan data diri sesuai KTP, masukan pula email dan paswordnya

– Jika sudah selesai, masuk email untuk konfirmasi akun

– Apabila konfirmasi berhasil, login lagi ke www.prakerja.go.id.

Cara daftar prakerja berikutnya yaitu melakukan pendaftaran. Perhatikan caranya ya!

2. Pendaftaraan Kartu Pra Kerja

– Masuk ke www.prakerja.go.id

– Pilih login lalu masukan email beserta passwordnya

– Isi verifikasi KTP

– Masukan juga identitas diri sesuai KTP

– Unggah foto KTP dan Foto selfie yang tengah memegang KTP

-Verifikasi nomor ponsel. Masukan nomor telepon ke kolom yang tersedia, lalu tunggu SMS kode OTP. Masukan kode OTP tersebut ke kolom verifikasi nomor ponsel.

Itulah cara daftar prakerja secara online. Namun, ada beberapa tahapan yang harus dilewati sampai lolos kartu pra kerja. Tahapan-tahapannya sebagai berikut:

3. Ikuti Tes Kompetensi

Jika sudah selesai melakukan pendaftaran, langkah selanjutnya yang mesti kamu lakukan adalah mengikuti test kompetensi keahlian.

Tes ini terdiri dari 18 soal dan harus diselesaikan dalam waktu 25 menit. Jika sudah selesai, tunggu sampai ada notifikasi, yang menyatakan kamu lolos atau gagal.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli, Berikut Cara Daftarnya!

4. Ikuti Pelatihan

Setelah tahu cara daftar prakerja hingga lolos jadi peserta, kamu wajib mengikuti pelatihan pra kerja yang dilaksanakan secara online.

Pelatihan ini wajib diikuti, agar insentif kartu pra kerja bisa cair. Adapun nilai insentif kartu pra kerja adalah  Rp3.550.000.

Rinciannya Rp 1 juta untuk biaya pelatihan, Rp 2,4 juta insentif peserta diberikan selama 4 bulan (perbulannya 600 ribu), dan juga uang Rp 150 ribu untuk  survei kebekrjaan.

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka Sejak Sabtu 8 Agustus 2020

Sebelumnya, Sekretaris Menko Bidang Perekonomian Susiwijoyono Meogiharso mengatakan,, pendaftaran kartu pra kerja gelombang  4 dibuka Sabtu 8 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB. Masyarakat yang ingin ikut pendaftaran harus tahu dulu cara daftar prakerja.

Dalam pendaftaran gelombang 4 ini pemerintah akan merekrut 800 ribu peserta kartu pra kerja. Jumlah ini lebih banyak dari gelombnag sebelumnya yang hanya menerima antara 200-300 ribu peserta saja.

Namun kata Susiwo, pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 ini, pihaknya lebih memprioritaskan para pekerja yang kena PHK akibat Covid-19. Para pekerja ini juga harus sudah terdaftar namanya secara by name by addrees di Kementerian Tenaga Kerja.

Kata dia, saat ini ada 3 juta pekerja yang kena PHK akibat pandemi Covid-19. Dari 3 juta pekerja, sebanyak 1,7 juta pekerja sudah lengkap datanya, sementara sisanya masih diverifikasi.

Nah sekarang sudah tahu kan, bagaimana langkah pendaftaran kartu pra kerja secara online dan offline. Buruan daftar dari sekarang sebelum ketinggalan.

Daftar Kartu Prakerja Online Diikuti 11,3 Juta Peserta

Pendaftaran kartu pra kerja memang diikuti antusias oleh masyarakat Indonesia. Terbukti sejak dibuka 11 April 2020 lalu, tercatat sudah ada 11,3 juta orang yang ikut daftar.

Meski demikian, hingga sekarang pemerintah baru menerima skeitar 680 ribu peserta saja dari gelombang 1 sampai 3.

Namun sekarang pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 dibuka kembali. Buruan daftar ya, cara daftar prakerja sudah kita sampaikan diatas. Selamat mencoba! Jujang/R8/HR Online)

Loading...