Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha

Cara Jualan Online Untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha
Ilustrasi Cara Jualan Online. Foto Ist/net

Cara jualan online kini semakin banyak peminatnya karena termasuk usaha yang mudah. Terutama untuk mereka yang tidak memiliki modal awalan untuk berjualan. Kiat ini lebih cocok menjadi strategi cara jualan online untuk pemula.

Namun dengan usaha menjadi pilihan karena tidak keluar banyak pengeluaran untuk mulai jualan. Hal ini jadi keinginan dari setiap orang untuk mulai berjualan.

Sistem jualan seperti tengah menjadi usaha yang digandrungi banyak orang dengan perkembangan yang pesat dan cepat. Semakin naik minat penjual, semakin naik pula kompetitornya.

Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal

Salah satu usaha ini tidak butuh modal yang besar, bahkan tanpa modal untuk awalan. Namun akan mendatangkan keuntungan yang lebih bagi pelaku usaha online.

Sehingga tidak heran jika usaha online ini sangat banyak peminatnya. Bahkan karyawan yang telah memiliki penghasilan pokok juga masuk dunia online. Tidak heran jika para ibu rumah tangga turut hadir meramaikan pasar usaha online.

Baca juga: Lowongan Kerja Online Tanpa Modal yang Terbukti Menghasilkan

Meskipun mudah untuk dilakukan dan tidak butuhkan banyak modal, bukan berarti usaha jualan ini tidak memiliki kendala. Setiap usaha yang anda pilih tentunya memiliki hambatannya sendiri, tidak terkecuali usaha online.

Dengan adanya kendala untuk mulai usaha, tidak ada salahnya untuk tetap maju berjualan agar mendapatkan lebih banyak penghasilan.

Ada tips yang bisa sukseskan cara jualan online untuk pemula atau mereka yang baru mulai masuk dunia online. Perhatikan dan praktekkan cara berikut. Pastinya akan laris usaha online anda.

Tentukan Produk Jualan

Dalam usaha online ini, ada 2 jenis usaha yang bisa dilakoni. Pertama, menjual barang dan yang kedua adalah jual jasa. Anda harus tentukan dengan baik pilihan yang tepat untuk usaha yang akan dijalani.

Hal ini jadi salah satu cara jualan online yang wajib anda lakukan. Di dunia online, anda bisa menawarkan produk fisik dan produk digital. Untuk produk digital misalnya tiket online, pulsa hp, dan pulsa listrik.

Baca juga: Ide Kreatif dalam Penjualan untuk Meningkatkan Omset

Sedangkan untuk menawarkan jasa secara online, bisa berupa jasa pengetikan, jasa penerjemah, dan jasa pembuatan untuk website. Apapun yang menjadi pilihan untuk berjualan tentunya hal yang anda sukai.

Lebih dari itu, produk dan bidang yang ditekuni tentunya benar-benar dipahami dengan baik. Pasalnya, jika berjualan sesuatu yang dipahami, tentunya semakin mudah untuk dijalankan.

Hal ini sangat penting anda perhatikan mengingat untuk modal awal agar usaha anda bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu.

Bangun Media Sosial

Cara jualan online menjadikan anda harus berkutat dengan internet dan media sosial. Pasalnya, semua aktivitas jualan dengan menggunakan media internet dan media sosial.

Hal ini wajib dilakukan untuk mendatangkan lebih banyak konsumen dalam menawarkan berbagai barang dan jasa yang anda jual. Dengan manfaatkan layanan ini, semakin mudah untuk memperkenalkan produk.

Media sosial yang bisa untuk berjualan antara lain Facebook, Twitter, Instagram, dan juga aplikasi e-commerce. Bisa juga turut menggunakan marketplace pada media sosial. Penggunaan media sosial ini bisa menjangkau lebih banyak lagi konsumen.

Buat Website Pribadi

Cara jualan online yang bisa jadi pilihan yaitu dengan cara buat website pribadi untuk jualan beragam produk. Untuk tahap awalnya, bisa gunakan media sosial dalam memperkenalkan produk.

Namun untuk kembangkan usaha, bisa pakai website pribadi sebagai fasilitas jualan pribadi. Namun penggunaan website ini butuhkan biaya untuk per bulannya.

Baca juga: Aplikasi Bisnis Online Terbaik, Rekomendasi Bagi Pemula

Untuk itu, langkah ini bisa anda ambil dalam tahapan jika usaha sudah berkembang. Nantinya usaha punya keuntungan untuk bayar biaya hosting per bulannya.

Jika sudah mampu raih keuntungan dengan cara jualan online via media sosial, maka dengan website pribadi tentu semakin mudah mendapatkan penghasilan dan cepat balik modal untuk biaya hosting.

Mekanisme Jualan

Untuk mulai jualan, perlu anda ketahui jika ada beberapa metode yang bisa anda pilih. Sudah jelas jika ada metode dropshiper, reseller, pre order, dan juga metode yang terakhir adalah stok barang.

Metode yang anda gunakan untuk jualan juga berperan penting dalam strategi pemasaran yang anda jalankan nantinya. Untuk metode pre order punya lebih banyak kelebihan. Misalnya jika anda sediakan produknya sendiri sesuai jumlah pesanan masuk untuk antisipasi barang sisa.

Dengan metode ini, anda tidak perlu keluarkan modal, lantaran konsumen akan bayar terlebih dahulu dalam jumlah sesuai kesepakatan awalnya. Metode ini akan mempengaruhi usaha jika ada inovasi untuk setiap produk yang anda jual.

Lalu untuk metode stok barang punya kelebihannya sendiri untuk penjualnya. Lantaran tidak perlu repot ketika pesanan datang dalam jumlah banyak dan jadi salah satu cara jualan online.

Dengan stok barang, nantinya penjual hanya berfokus pada metode jual saja yang tentunya tidak banyak waktu untuk proses transaksi. Artinya barang yang sudah ready bisa langsung penjual kirimkan kepada konsumennya.

Dropshiper dan reseller menjadi solusi untuk orang yang ingin berjualan, namun tidak memiliki modal awalnya. Nantinya dengan cara berjualan ini, tidak akan repot harus stok banyak barang.

Dalam metode ini, anda menjualkan barang milik orang lain dengan sebelumnya telah memesannya terlebih dahulu. Memang sedikit repot untuk cara ini karena harus hubungi penjual dan kirim barang ke konsumen.

Namun metode ini aman dan cepat untuk anda yang tidak memiliki modal dan ingin mendapatkan penghasilan yang lebih dengan cara jualan online.

Tentukan Harga Jual

Sangat penting untuk pengusaha, bisa tentukan harga jual dari produk mereka. Untuk itu, jika produksi sendiri barangnya, maka tekan biaya produksi. Namun jika anda gunakan sistem dropship dan reseller, maka bisa riset pasar.

Perlu lakukan riset pasar untuk tentukan harga produk, lantaran kini setiap harga yang hanya beda sedikit saja sudah menjadi incaran konsumen.

Harga jual ini akan tentukan laba yang diterima pengusaha untuk lebih kembangkan usahanya dan bertahan pada arus jual beli yang banyak kompetitornya.

Promosi

Setelah menentukan produk, mekanisme jualan, dan pilihan untuk bangun website, maka selanjutnya bisa pikirkan cara jualan online untuk promosi. Bagian ini jadi yang terpenting untuk mendapatkan banyak konsumen.

Baca juga: Kursus Bisnis Online Gratis untuk Pemula dan Pentingnya Kuasai Internet

Untuk itu, gunakan foto produk dari berbagai arah dengan jelas dan detail. Berikan keterangan setiap foto dari produk yang anda jual. Keterangan harus detail untuk hindari ekspetasi berlebihan dari konsumen.

Beri keterangan harga, estimasi pengiriman, dan ketersediaan barang. Hal ini tentunya membantu untuk meraih konsumen. Gunakan ekspedisi yang terbaik dan termurah untuk meringankan beban pengiriman.

Berikan harga yang termurah untuk produk yang anda jual. Hal ini akan lebih menarik jika anda berikan potongan harga dan voucher. Siapa yang tidak suka dengan potongan harga dan voucher pembelian?

Dengan cara jualan online ini, bisa diharapkan banyak konsumen yang mampir ke lapak anda. Jangan lupa berikan kontak telepon dan alamat yang jelas agar konsumen lebih percaya. Jangan segan-segan untuk sering mengiklankan produk.

Cara Berkomunikasi

Sebagai seorang konsumen, biasanya menginginkan pelayanan yang ramah dan cepat dalam setiap respon. Hal ini anda jadikan suatu jenis pelayanan yang bisa raih banyak konsumen.

Dengan respon cepat serta komunikasi yang bahasanya santun dan tegas, tentu konsumen akan betah untuk belanja pada toko online anda. Inilah salah satu cara jualan online yang bisa anda lakukan.

Setiap pertanyaan yang masuk bisa segera anda jawab untuk menghindari konsumen beralih toko online. Terlebih untuk konsumen yang membutuhkan barang dengan segera.

Evaluasi

Cara jualan online selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan lakukan evaluasi rutin, baik untuk barang dan cara berjualan.

Hal ini untuk meningkatkan performa jualan dan inovasi barang yang akan anda jual. Nantinya evaluasi ini berpengaruh dengan cara promosi dan pemasaran untuk menentukan strategi lanjutan.

Sehingga bisa pastikan semua elemen yang tidak ada gunanya untuk proses jualan bisa dihilangkan karena cenderung pemborosan.

Dengan evaluasi, bisa anda lihat peningkatan jualan barang dan apa saja yang menjadi kendala ketika berjualan. Setiap kendala nantinya akan atasi dengan cara yang lebih jitu dan terarah.

Cara jualan online ini bisa menjadi langkah awal untuk raih kesuksesan dan tambahan penghasilan khususnya bagi pemula. Baik anda para karyawan sebagai usaha sampingan ataupun untuk usaha pokok. (R10/HR-Online)