spot_imgspot_img
BerandaTeknologiAplikasiCara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Ponsel dengan Mudah

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Ponsel dengan Mudah

- Advertisement -

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD ini mengiringi keluhan sebagian besar orang tentang ruang penyimpanan ponsel mereka. Ruang penyimpanan yang penuh meskipun sudah melakukan berbagai macam cara sampai memilih ponsel dengan kapasitas memori yang besar.

Salah satu solusi paling baik adalah dengan memanfaatkan SD card atau memori penyimpanan tambahan. Berikut ini adalah cara yang dapat anda ikuti untuk menggunakan ruang penyimpanan tersebut.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Jika anda mempunyai ponsel dengan kapasitas memori penyimpanan yang berkisar dari 8 GB, 18 GB atau 32 GB, pada umumnya masih mempunyai permasalahan yang hampir sama. Tak lain yakni kehabisan ruang dalam menyimpan berkas atau file.

Mungkin anda tak menginginkan untuk menghapus beberapa file yang anda rasa memang penting. Kemudian juga tak ingin menghapus riwayat pencarian karena sudah terlalu banyak.

Lalu, tak ingin masuk atau kembali login ulang ke dalam media sosial karena anda lupa password. Jadi, dengan segala permasalahan tersebut, akan sangat mengganggu dan kadang membuat frustasi.

Baca juga: SIM Card Tidak Terbaca, Simak Cara Mengatasinya!

Akan tetapi, untungnya sekarang terdapat tempat penyimpanan tambahan atau memori eksternal yang biasa kita mengenalnya dengan sebutan SD card. Kapasitas dari memori tambahan ini pun beragam dan rata-rata cukup besar. Mulai dari 32 GB, 128 GB, 256 GB, hingga 512 GB. Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD ini pun sangat membantu.

Sayangnya, tak sedikit orang yang belum mengetahui tentang cara memindahkannya ke dalam memori penyimpanan tambahan tersebut. Dari permasalahan kehabisan ruang penyimpanan tersebut akan sangat mengganggu.

Pasalnya, anda akan memperbarui software ponsel, mengambil gambar, mengunduh film atau drakor favorit, bahkan ingin mengunduh lagu kesukaan pun tidak bisa. Sehingga, mengetahui cara menggunakan atau memanfaatkan SD card sebagai memori tambahan sangat membantu.

Berikut adalah penjelasan tentang bagaimana cara memindahkan semua file yang anda inginkan ke dalam memori eksternal tersebut, antara lain:

Memindahkan Aplikasi dengan Menjadikan SD Card Sebagai Memori Utama

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD yang pertama adalah anda harus memastikan jika SD card harus sudah terbaca oleh ponsel anda. Misalkan belum terbaca, maka anda dapat mengulang untuk pemasangan serta bersihkan tempat untuk memasang beserta SD card anda tersebut.

Selanjutnya, anda dapat masuk ke dalam menu Pengaturan atau Setting. Setelah itu, anda dapat memilih opsi Penyimpanan. Pilihlah ikon garis tiga horizontal atau ikon titik tiga vertikal pada bagian kanan atas.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Web untuk Video Call Bersama 50 Orang

Kemudian, pilih Pengaturan Penyimpanan atau Setelan Penyimpanan. Lalu, pilih menu Format SD Card. Setelah anda memilih menu tersebut, maka selanjutnya anda harus memastikan terlebih dahulu sudah memilih format sebagai penyimpanan internal.

Selanjutnya, cara memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan menunggu proses tersebut berlangsung. Pada saat proses format tersebut berjalan, jangan mereset ponsel, mencabut SD card, atau mematikan ponsel dengan paksa.

Setelah proses format selesai, maka anda dapat memilih menu Pindahkan Sekarang. Hal tersebut agar aplikasi dapat dengan otomatis pindah dari memori internal ponsel ke dalam SD card. Proses pemindahan pun selesai anda lakukan.

Memindahkan Aplikasi dengan Langsung dari File Manager

Cara yang kedua yang dapat anda pilih adalah dengan memindahkan aplikasi langsung dari File Manager. Langkah yang pertama yakni membuka menu File Manager atau File Saya.

Selanjutnya pilihlah penyimpanan internal. Setelah itu, dapat mencari aplikasi yang ingin anda pindah ke dalam SD card. Lalu, tandai aplikasi yang ingin anda pindah tersebut.

Baca juga: Aplikasi CCTV HP Paling Canggih, Efektif Pantau Keamanan Rumah

Setelah memilih, anda dapat melanjutkan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD berikutnya. Pilih tanda atau ikon titik tiga vertikal ataupun dapat dengan langsung pilihlah tulisan Pindahkan.

Anda dapat menyesuaikan dengan menu yang ada pada ponsel anda. Lalu, pilihlah SD card sebagai tempat untuk penyimpanan. Langkah memindahkan aplikasi ke dalam SD card pun selesai anda lakukan.

Memindahkan Aplikasi Melalui Pengaturan Penyimpanan Aplikasi

Cara memindahkan aplikasi ke SD card adalah dengan menggunakan Pengaturan Penyimpanan. Langkah yang dapat anda lakukan adalah hidupkan ponsel dan membuka menu.

Pilih menu Pengaturan, kemudian pilihlah menu Aplikasi atau menu Apps. Selanjutnya, lihat aplikasi mana saja yang akan pilih. Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan klik tanda panah ke bawah agar aplikasi dapat terlihat secara keseluruhan.

Aktif untuk aplikasi yang memang aktif dan sebaliknya tidak aktif untuk aplikasi yang tidak aktif. Selanjutnya, pilih buka atau anda dapat klik aplikasi yang akan anda pilih ke dalam SD card secara bertahap atau satu per satu.

Berikutnya, pilih menu Ganti Penyimpanan dan pilih SD Card supaya aplikasi dapat berpindah dari memori internal ke dalam SD card tersebut. Cara pemindahan pun selesai anda lakukan.

Memindahkan Aplikasi dengan Mengandalkan Aplikasi Perantara

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD ini memerlukan satu ponsel untuk perantara pengirim aplikasi. Langkah yang perlu anda lakukan adalah dengan membuka menu ponsel.

Pastikan ponsel sudah terdapat aplikasi SHAREit. Apabila belum mempunyai aplikasi tersebut, maka anda dapat mengunduhnya melalui Playstore atau melalui Google. Selanjutnya, anda dapat membuka aplikasi SHAREit dan pilih ikon Kirim. Jika terdapat iklan, maka dapat anda abaikan.

Baca juga: Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Android

Selanjutnya, pilih menu aplikasi serta tandai aplikasi yang akan anda pindah dari memori internal ke dalam SD card. Pilihlah kotak atau tanda yang ada tulisan Next atau Berikutnya.

Kemudian matikan hotspot, lalu aktifkan WLAN atau Wifi dan juga aktifkan Bluetooth. Lalu anda dapat memilih kotak yang ada tulisan Next atau Berikutnya.

Perlu anda perhatikan jika cara memindahkan aplikasi ke kartu SD ini juga dilakukan oleh ponsel penerima. Lalu pilih perangkat yang akan berfungsi sebagai penerima. Anda bisa melakukan scan dari barcode yang terletak pada bagian kanan atas.

Lakukan langkah yang sama terhadap ponsel penerima. Tunggu hingga pesawat naik atau meluncur tanda mengirim file aplikasi. Apabila sudah, maka anda dapat membuka ponsel penerima dan membuka menu File Saya atau File Manager.

Lalu pilih penyimpanan internal, kemudian buka menu SHAREit. Pilihlah menu Apps serta tandai aplikasi yang akan anda pindah ke dalam SD card. Tandai aplikasi yang akan anda pilih.

Selanjutnya pilih titik tiga atau langsung memilih tulisan Pindahkan. Anda dapat menyesuaikan dengan menu yang telah tersedia. Kemudian pilih SD card sebagai memori penyimpanan dan langkah telah selesai.

Memindahkan Aplikasi dengan Menggunakan Bluetooth

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD berikutnya yakni dengan memanfaatkan Bluetooth. Setelah ponsel anda aktifkan, kemudian buka menu dan pilih menu Pengaturan atau Setting. Selanjutnya anda dapat memilih menu Koneksi dan aktifkan Bluetooth.

Anda bisa membukanya dengan melalui status bar untuk mengaktifkan Bluetooth. Pastikan juga jika terdapat satu ponsel sebagai pengirim aplikasi yang akan anda pindah ke dalam SD card.

Aktifkan ponsel yang akan anda pakai dalam mengirim serta lakukanlah langkah yang sama. Selanjutnya, pilih menu dan selanjutnya dapat memilih File Saya atau File Manager.

Cari aplikasi yang akan anda kirim, lalu pilih titik tiga vertikal. Tetapi, anda juga dapat dengan langsung memilih tulisan Berbagi Dengan. Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD dapat anda sesuaikan dengan menu yang telah tersedia pada ponsel.

Selanjutnya anda dapat memilih Bluetooth serta memilih perangkat yang penerima. Apabila perangkat penerima belum anda temukan, maka dapat memindai ulang. Bisa juga menekan ikon tulisan pada pojok kanan atas dengan logo kaca pembesar untuk pencarian.

Jika sudah terdapat perangkat yang muncul, maka klik perangkat tersebut dan tunggu proses pengiriman selesai. Setelah pengiriman selesai, maka anda dapat membuka ponsel yang menerima.

Langkah Lanjutan

Bukalah menu dan pilih menu File Saya atau File Manager. Selanjutnya pilih penyimpanan internal serta membuka menu Bluetooth. Pilihlah Apps serta tandai aplikasi yang akan anda pindahkan ke dalam SD card.

Tandai aplikasi, lalu pilih ikon titik tiga atau dapat pilih tulisan Pindahkan (sesuaikan dengan menu yang tersedia). Selanjutnya pilih SD card sebagai tempat penyimpanan file. Cara ini pun telah selesai anda lakukan.

Dalam menunjang aktivitas di kehidupan sehari-hari, aplikasi hadir sebagai salah satu cara mempermudah para penggunanya tersebut. Dengan kemampuan aplikasi yang tersedia dengan ruang yang memadai, maka penggunaannya pun akan semakin maksimal.

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD ini dapat menjadi langkah paling mudah daripada membeli ponsel baru dengan kapasitas memori yang besar. Tentu harganya menjadi mahal daripada membeli kartu SD yang rata-rata harganya terjangkau. (R10/HR-Online)

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -