Cara Menambah RAM HP Android dengan Tepat dan Mudah

Cara Menambah RAM HP
Ilustrasi Cara Menambah RAM HP. Foto Ist/net

Cara menambah RAM HP adalah salah satu solusi praktis untuk HP yang sering lemot. Jika HP anda sering lemot, kemungkinan dapat teratasi dengan memperbesar kapasitas RAM HP anda.

Langkahnya pun cukup mudah, yakni dengan menambah ruang atau melegakan kapasitas dari RAM ponsel. Karena RAM yang terbatas akan membuat kinerja HP lebih lambat. Penyebab yang biasa terjadi adalah RAM HP penuh karena penggunaan aplikasi serta game yang berlebihan.

Cara Menambah RAM HP

Memiliki HP pintar atau sering kita sebut dengan smartphone saat ini seperti sudah menjadi keharusan. Dengan adanya HP canggih, maka segala aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Saat ini banyak sekali HP dengan spesifikasi yang sangat mumpuni, yaitu menghadirkan spesifikasi RAM yang besar. Namun, tak jarang HP lemot atau sering mengalami lag.

Baca juga: Penyebab eMMC Rusak, Ketahui Ciri-Cirinya Sebelum Terlambat

Sebelum kita mulai untuk mengetahui cara menambah RAM HP, sebaiknya kita mengetahui bagaimana cara melihat RAM HP Android kita. Caranya adalah membuka menu Setting atau Pengaturan dari HP Android anda.

Kemudian cari pada bagian Memori. Lalu secara otomatis anda akan melihat kapasitas RAM yang ada pada HP anda. Jadi, cara tersebut untuk mengetahui RAM tersebut penuh atau belum.

Sehingga, anda dapat menentukan cara menambah RAM HP selanjutnya. Jika penuh, maka dapat membersihkannya dengan aplikasi pembersih untuk RAM agar ruang jadi lebih lega.

Setelah anda melakukan pengecekan atau mengetahui kondisi RAM HP, maka anda dapat mencari penyebab RAM menjadi penuh dan membuat kinerja dari HP merosot.

Penyebab dari RAM penuh yaitu banyak aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang operating system pada HP Android anda. Kemudian, penyebab lain adalah aplikasi default dari pabrik yang aktif serta terus berjalan secara realtime.

Penyebab berikutnya adalah terdapat aplikasi dengan memori besar sehingga menghabiskan kapasitas ruang RAM. Bisa juga penyebab dari RAM cepat penuh adalah karena kapasitas RAM yang memang kecil.

Jadi, jika menambah sedikit atau beberapa aplikasi saja, sudah membuatnya sesak atau penuh. Dengan demikian, anda mengetahui penyebab dari kapasitas RAM yang mudah sekali penuh. Selanjutnya dapat menentukan cara atau langkah dalam menambah kapasitas RAM pada ponsel anda.

Langkah Tepat Menambah RAM HP

Langkah atau cara menambah RAM HP ini sebenarnya masih menjadi sebuah kesalahpahaman tentang teknik yang benar dalam melakukannya.

Banyak informasi yang kurang valid jika terdapat teknik khusus dalam memperbesar RAM dapat hanya dengan aplikasi. Yang artinya, kapasitas RAM dapat bertambah dengan bantuan aplikasi tertentu.

Baca juga: HP Vivo Terbaik 2020 Harga Mulai Dua Jutaan, Ini Daftarnya!

Padahal, informasi tersebut adalah salah. RAM merupakan sebuah hardware dan bukan software seperti aplikasi yang terunduh. Kemudian terdapat informasi lagi jika RAM dapat bertambah kapasitasnya dengan atau tanpa root.

Bahkan banyak orang menganggap dengan cara seperti itu dapat menambah kapasitas dari RAM ponsel. Hal tersebut tidaklah benar secara keseluruhan. Karena, untuk menambah RAM, maka harus mengganti RAM dengan kapasitas yang lebih besar daripada RAM sebelumnya.

Ada informasi lagi tentang cara menambah RAM HP dapat dengan menggunakan MicroSD. Hal tersebut adalah keliru besar, karena kartu SD adalah sebuah memori eksternal yang berfungsi sebagai penyimpanan tambahan pada HP.

Dengan adanya SD card, maka memori HP tidak cepat penuh. Jadi, SD card bukan sebagai penambah kapasitas RAM ponsel. Sebenarnya cara kerja RAM pada HP hampir sama dengan RAM pada PC atau laptop.

Jadi, jika akan menambah kapasitas RAM, maka dapat mengupgrade dari komponen tersebut. Sama halnya dengan penambahan hardisk internal yang lebih besar sebagai penyimpanan tambahan. 

Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk menambah RAM ponsel dengan benar adalah:

Langkah Pertama

Cara menambah RAM HP yakni dengan mengganti emmc. Anda dapat membeli emmc yang baru dari toko elektronik. Selanjutnya anda dapat menyalin data dari emmc tersebut ke emmc yang baru.

Baca juga: HP Gaming Murah Terbaik 2020 dari Berbagai Merek

Anda dapat memakai RIF, JTag atau Volcano dalam mengisi data yang baru (berupa firmware berekstensi). Alat emmc ini dapat anda beli dengan kisaran harga 3 jutaan. Kedua, setelah selesai dalam menyalin data, maka dapat melepas emmc lama.

Cara melepasnya dengan menggunakan blower atau BGA rework. Umumnya telah tersedia pada satu set emmc tersebut. Jadi, anda tinggal memakainya saja.

Langkah Kedua 

Jangan lupa untuk membersihkan kotoran atau sisa timah yang melekat. Anda dapat membersihkannya dengan bantuan alat penyedot timah atau sejenisnya.

Langkah Ketiga

Cara menambah RAM HP yang ketiga adalah membuat kaki baru untuk emmc yang nantinya akan anda pasang. Proses ini adalah langkah paling sulit yang anda harus lakukan untuk menambah RAM ponsel. Anda dapat membuat cetakan kaki emmc yang baru dengan memakai timah cair yang anda tuang dalam cetakan.

Jika selesai menuangkan timah tersebut, biasanya akan terbentuk seperti bulatan kecil. Lalu anda dapat melepaskan dari cetakan agar dapat anda pasang pada motherboard.

Hal tersebut harus anda lakukan karena IC BGA tak lengkap dengan kaki emmc. Sehingga, anda harus membuatnya terlebih dahulu agar dapat terpasang pada motherboard.

Langkah Keempat

Cara keempat adalah memasang emmc ke motherboard. Caranya yaitu dengan melekatkan kaki-kaki tersebut pada masing-masing terminal. Anda dapat memakai blower untuk mencairkan kaki-kaki timah tersebut agar terkoneksi ke motherboard.

Jangan lupa untuk memperhatikan tentang kadar panasnya supaya tidak merusak emmc. Jika cara menambah RAM HP dengan cara mengganti emmc tidak berhasil, maka anda dapat membawanya ke tukang servis HP.

Kemudian, jika langkah tersebut anda rasa sangat sulit dan membawa HP ke jasa tukang servis tidak terlalu yakin, maka anda dapat melakukan perawatan supaya RAM HP tidak terlalu penuh yang memperlambat kinerja dari HP anda.

Berikut adalah langkah perawatan yang dapat anda lakukan.

Rawat RAM dengan Aplikasi RAM Cleaner

Cara menambah kapasitas RAM adalah melegakan ruang dengan aplikasi RAM Cleaner. Anda dapat mengunduh aplikasi ini pada Playstore dan menginstal melalui HP anda.

Aplikasi ini dapat secara rutin membersihkan berkas yang tidak penting pada HP anda. Karena adanya berkas sampah ini, maka HP akan menjadi lemot.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa menghentikan aplikasi yang berjalan pada latar belakang HP. Aplikasi yang dapat anda unduh dari Playstore, misalnya Speed Booster, Cheetah Mobile, dan masih banyak lagi. Cara menambah RAM HP ini dapat membantu mengosongkan ruang.

Uninstal Aplikasi

HP anda lemot, mungkin banyak aplikasi terunduh yang ada pada HP anda. Anda dapat menambah RAM dengan mencopot pemasangan atau uninstal aplikasi yang jarang anda gunakan.

Anda dapat cek RAM, lalu cari tahu aplikasi mana yang membutuhkan memori paling besar. Kemudian anda dapat menghapusnya dari HP anda.

Berikut adalah cara menghapus aplikasi yang memakan memori besar. Caranya dengan membuka menu Setting atau Pengaturan melalui HP anda. Lalu masuk ke dalam bagian Aplikasi.

Baca juga: HP Murah RAM 6GB Pilihan Terbaik 2020, Ini Daftarnya

Selanjutnya, pilih aplikasi mana yang akan anda hapus atau copot pemasangannya. Pilih yang memiliki memori besar dan jarang anda pakai. Setelah menentukannya, maka klik Uninstal agar aplikasi dapat tercopot dari HP anda. Secara otomatis, cara menambah RAM HP akan segera anda dapatkan.

Nonaktifkan Aplikasi Bawaan

Cara ini termasuk paling ampuh untuk anda gunakan. Anda bisa menonaktifkan aplikasi dari HP anda. Aplikasi bawaan memang tidak bisa anda copot pemasangannya. Oleh karena itu, cukup nonaktifkan saja.

Caranya yaitu buka Google Play. Lalu pilih ikon titik tiga pada pojok kiri atas. Setelah itu, buka menu Help and Feedback. Lalu pada kolom pencarian, tuliskan kata kunci Disable App.

Selanjutnya, tentukan topik yang terkait dan buka tautan Tap to go to Application Settings. Kemudian pada bagian ini anda dapat menentukan default apk bawaan yang akan anda nonaktifkan. Cara menambah RAM HP adalah dengan klik tombol Disable.

Untuk cara menambah RAM pada ponsel Android relatif cukup mudah anda lakukan. Mulai dari mengganti emmc hingga mendisble aplikasi pabrikan dari HP anda tersebut.

Perlu untuk anda ketahui jika menambah RAM pada ponsel harus dengan cara mengupgrade atau mengganti komponen hardware atau komponen fisik. Menambah RAM bukan dengan menggunakan aplikasi lain ataupun perangkat lunak.

Cara menambah RAM HP Android dapat anda lakukan demi kelancaran berselancar atau mengoperasikan HP dengan mudah. HP akan terhindar dari sering ngelag atau sering lemot. Bahkan, tips merawat RAM pada HP juga dapat anda lakukan agar tetap membuat ruang untuk RAM lega dan longgar. (R10/HR-Online)

Loading...