Cara Mengatasi Hidung Berminyak Pakai Bahan Alami, Ampuh dan Aman

Cara mengatasi hidung berminyak menggunakan bahan-bahan alami. Foto: Ilustrasi/Net.
Cara mengatasi hidung berminyak menggunakan bahan-bahan alami. Foto: Ilustrasi/Net.

Cara mengatasi hidung berminyak menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Hidung menjadi bagaian zona wajah yang sangat mudah mengeluarkan minyak.

Jika kulit wajahmu termasuk jenis kulit berminyak, biasanya minyak berlebih terlihat pada bagian hidung. Maka tak heran kalau bagian hidung tampak lebih “glowing”, berbeda dengan bagian lainnya.

Kondisi tersebut bisa mengganggu penampilan kamu, sehingga kepercayaan diri pun hilang. Bahkan, hidung berminyak dapat menyebabkan timbulnya masalah lain pada wajah. Seperti timbul jerawat, komedo, dan make-up menjadi cepat luntur.

Tapi kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang mampu mengatasi masalah hidung berminyak. Termasuk daerah zona T pada wajah.

Merangkum dari berbagai sumber, Senin (31/08/2020), berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Hidung Berminyak

Selalu Jaga Kebersihan

Keberadaan kelenjar minyak sebagian besar ada pada daerah zona T, yakni dahi dan hidung. Daerah zona T ini menjadi bagian wajah paling “menderita”.

Untuk meringankan masalah tersebut, menjaga kebersihan menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan setiap saat. Terutama kebesihan pori-pori pada hidung.

Pasalnya, pori-pori hidung menjadi tempat menumpuknya minyak serta kotoran. Kalau tidak benar saat membersihkannya, maka kotoran bercampur minyak akan menimbulkan bakteri dan jerawat.

Baca Juga : Begini Cara Memancungkan Hidung Secara Alam

Bersihkan dengan Air Biasa

Cara mengatasi hidung berminyak yang berikutnya yaitu mencuci wajah dengan air, tapi jangan gunakan air dingin ataupun hangat. Pakai air biasa saja agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Selain itu, air biasa juga dapat membantu kamu membersihkan minyak berlebih dan kotoran yang menempel pada wajah.

Jikan kamu ingin menggunakan produk pembersih muka pun tak masalah. Tapi harus pastikan dulu kalau kamu tidak melakukannya melebihi dua kali dalam sehari.

Mencuci muka menggunakan air menjadi cara paling tepat untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap lembap dan lentur.

Buah Lemon

Penggunaan lemon bisa menjadi salah satu cara mengatasi hidung berminyak berkat kandungan vitamin dalam buah tersebut. Bahkan, lemon bisa membantu kamu untuk mengatasi jerawat.

Cara menggunakannya, peras terlebih dahulu air lemon secukupnya ke dalam mangkuk kecil. Lalu, oleskan air perasan lemon pada bagian hidung berminyak menggunakan kapas khusus wajah.

Setelah itu, biarkan selama beberapa menit sampai benar-benar mengering. Kalau sudah meresap dan kering, bilas menggunakan air sampai bersih. Agar hasilnya sesuai dengan keinginan, lakukan cara tersebut rutin seminggu 3 kali.

Menitimun

Cara mengatasi hidung berminyak juga bisa dengan mentimun. Karena mentimun mengandung mineral yang cukup tinggi.

Kandungan tersebut dapat membantu mencerahkan sekaligus menyegarkan kulit. Sehingga, mentimun bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah minyak berlebih pada hidung.

Cara menggunakannya, terlebih dahulu kamu iris tipis-tipis mentimun yang masih segar. Kemudian, tempelkan irisan mentimun segar ke bagain hidung berminyak.

Setelah itu, biarkan dulu hingga 15 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara-cara tersebut rutin setiap malam, yaitu sebelum.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bibir Hitam Agar Merekah dengan Bahan Alami

Putih Telur

Putih telur juga bisa menjadi cara mengatasi hidung berminyak yang berlebihan. Selain itu, bagian putih telur juga terkenal mengandung tinggi protein.

Kandungan tersebut bisa membantu kamu mengurangi kelebihan minyak pada hidung. Selain itu, juga dapat membantu mengecilkan bagian pori-pori yang besar sebagai penyebab utama.

Cara menggunakannya, ambil putih telur secukupnya ke dalam mangkuk kecil. Untuk mengurangi bau amis, campurkan sedikit perasan buah jeruk nipis.

Setelah itu, aduk sampai tercampur rata, lalu oleskan secara merata pada hidung. Biarkan sampai mengering, kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini rutin 2 atau 3 kali seminggu.

Lidah Buaya

Cara mengatasi hidung berminyak yang berikutnya yaitu menggunakan lidah buaya. Jenis tanaman ini terkenal sebagai obat alami luka bakar. Tapi, lidah buaya bisa juga untuk mengatasi masalah hidung berminyak.

Caranya, sebelum tidur oleskan dulu gel lidah buaya ke hidung, biarkan hingga esok harinya. Namun sebelum menggunakannya, tes dulu ke bagian kulit lengan supaya tidak timbul iritasi.

Tomat

Tomat mengandung asam salisilat yang bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat. Asam salisilat dalam tomat juga bisa membantu menyerap minyak berlebih, sekaligus membuka pori-pori pada hidung.

Kandungan asam salisilat dapat menghilangkan kotoran, minyak berlebih, racun, serta sel kulit mati pada permukaan kulit.

Maka tak heran kalau tomat juga mampu membantu menghilangkan kelebihan minyak pada hidung. Kamu cukup tempelkan tomat secukupnya pada hidung yang berminyak. Namun, pastikan dulu tomatnya dalam keadaan bersih.

Almond

Cara mengatasi hidung berminyak selanjutnya yaitu dengan almond. Cara ini dapat menjadi solusi untuk meregenerasi sel-sel kulit mati.

Termasuk menghilangkan minyak berlebih pada hidung. Almond cukup ampuh untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara menggunakannya, haluskan almond yang masih mentah hingga tiga sendok teh. Tambahkan pula madu mentah sebanyak dua sendok.

Setelah itu, oleskan pada wajah secara lembut dengan gerakan memutar dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Kemudian, bilas hingga bersih menggunakan air hangat, lalu keringkan.

Baca Juga : Mencerahkan Ketiak Secara Alami, Mudah dan Cepat

Teh Hijau

Kandungan epigallocatechin dalam teh hijau mampu membantu mengatasi kulit berminyak, termasuk pada bagian hidung.

Menghilangkan kelebihan minyak pada hidung menggunakan teh hijau ini cukup ampuh. Kandungan polifenol dalam teh hijau juga mampu mengobati jerawat, dan mengurangi produksi sebum.

Caranya, ambil teh hijau yang bekas seduh, kemudian simpan beberapa kantong teh ke dalam lemari es selama beberapa waktu.

Setelah itu, oleskan isi kantong teh tersebut sesuai kenginan, dan biarkan selama 20 atau 30 menit saja sebelum membilasnya.

Cuka Apel

Selain bisa mengobati jerawat, seklipun jerawat membandel, ternyata cuka apel pun bermanfaat untuk mengatasi masalah minyak berlebih secara alam.

Cara mengatasi hidung berminyak dengan cuka apel, pertama oleskan pada bagian hidung menggunakan kapas khusus wajah.

Kemudian, biarkan dulun hingga 15 menit, setelah itu bilas wajah menggunakan air sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan maksimal, lakukan cara mengatasi hidung berminyak ini setiap malam sebelum kamu tidur. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...