Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaTeknologiAplikasiCara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Android

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus dari Android tentu menarik untuk disimak. Gawai pintar ini sudah digunakan orang banyak untuk berbagai kebutuhan. Android bisa untuk segala kebutuhan, baik komunikasi maupun kebutuhan internet.

Android tidak lepas dari keberadaan aplikasi dan segala macam fiturnya yang berhasil menggeser keberadaan hp symbian dan sejenisnya saat pertama keluar dulu.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Android

Aplikasi adalah salah satu layanan yang peranannya sangatlah penting. Tanpa adanya aplikasi, sistem Android tidak bisa bekerja dengan baik.

Seperti yang sudah diketahui jika Android bisa berjalan hanya karena bekerja melalui aplikasi. Secara umum aplikasi yang ada dalam Android terpisah dalam 2 kategori.

Baca juga: Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus dengan Backup

Untuk yang pertama adalah aplikasi bawaan vendor dan yang berhasil terinstal. Baik aplikasi bawaan vendor dan yang terinstal, jika terhapus akan membuat penggunanya kebingungan.

Biasanya untuk menandai, jika aplikasi yang sudah terinstal, ada icon yang muncul pada layar ponsel. Hal ini bertujuan memudahkan penggunanya jika sedang mencari aplikasi tersebut.

Dengan satu kali tap saja, aplikasi sudah bisa terbuka dan siap untuk digunakan penggunanya. Mudah bukan cara mengembalikan aplikasi yang terhapus ini?

Semakin banyak jenis aplikasi yang terinstal oleh penggunanya, tentu akan mempermudah penggunanya dalam segala keperluannya.

Namun bagaimana jika tiba-tiba icon aplikasi tidak sengaja terhapus? Tentu kondisi yang demikian akan membuat kesal, lantaran aplikasi yang seharusnya terbuka justru terhapus dengan tidak sengaja.

Akan merepotkan pula jika harus mengulang mencari aplikasi dari Google Play Store. Kini pengguna tidak perlu resah dan bingung ketika hal ini terjadi.

Untuk bisa pulihkan aplikasi yang sudah terhapus, bukanlah hal yang sulit dilakukan. Kebanyakan orang justru memilih untuk download ulang aplikasi tersebut. Namun mereka tidak tahu jika ada aplikasi yang sudah terhapus bisa pulih dengan mudah dan cepat.

Ada solusi terbaik yang bisa pengguna lakukan untuk mengembalikan aplikasi tersebut. Tentunya cara mengembalikan aplikasi yang terhapus ini harus pengguna pahami.

Pulihkan Aplikasi Terhapus Dengan Play Store

Untuk cara pertama yang bisa pengguna lakukan adalah dengan manfaatkan layanan bawaan dari setiap Android seperti Play Store.

Baca juga: Wifi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung, Berikut Ini Cara Mengatasinya

Selain untuk download berbagai macam aplikasi, bisa juga simpan riwayat beragam aplikasi yang sudah terinstal. Sehingga anda bisa manfaatkan aplikasi ini untuk pulihkan aplikasi yang terhapus dari layar ponsel dengan mudah.

Nah, untuk anda yang ingin pakai aplikasi ini untuk pulihkan aplikasi yang terhapus, maka langkah pertama sebaiknya anda masuk ke dalam aplikasi Play Store terlebih dahulu.

Ketika sudah masuk, lihat pojok kiri atas, terdapat ikon garis tiga. Klik icon tersebut untuk buka halaman yang baru. Hal ini termasuk cara mengembalikan aplikasi yang terhapus.

Kemudian pilih My Apps & Games, lalu akan terbuka halaman baru untuk pilih Library. Disinilah deretan daftar nama aplikasi yang pernah anda instal tersimpan.

Jika sudah temukan aplikasi yang terhapus tadi, maka klik Instal untuk pulihkan aplikasi pada menu untuk layar ponsel. Agar bisa pulihkan aplikasi yang terhapus, pengguna harus sambungkan Android dengan jaringan internet.

Karena pada dasarnya cara mengembalikan aplikasi yang terhapus dengan Play Store ini adalah untuk unduh ulang aplikasi yang terhapus. Metode ini harus ada jaringan internet.

Pasalnya, Play Store tidak melakukan backup untuk setiap aplikasi yang anda unduh. Meski pakai jaringan internet, nyatanya cara ini lebih efektif untuk pulihkan aplikasi yang terhapus dan yang susah mengingat nama aplikasi.

Kembalikan Aplikasi Dengan App Backup & Restore

Bagi anda yang tidak punya jaringan internet, tetap bisa kembalikan aplikasi. Hal ini bisa menggunakan cara mengembalikan aplikasi yang terhapus.

Aplikasi ini akan backup langsung setiap aplikasi yang anda unduh pada memori hp. Cara kerja aplikasi ini hanya ubah file aplikasi untuk menjadi file backup.

Nantinya jika anda perlukan, bisa dipulihkan kapan saja, tentunya dengan beberapa tahapan. Anda bisa lakukan backup secara otomatis dan manual.

Baca juga: Aplikasi Bisnis Online Terbaik, Rekomendasi Bagi Pemula

Namun sebaiknya anda pakai yang penyimpanan secara manual untuk mengantisipasi penggunaan memori internal yang banyak.

Berikut beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk backup file dengan aplikasi App Backup & Restore yang tidak perlu jaringan internet. Hal inilah salah satu cara mengembalikan aplikasi yang terhapus.

Masuk langkah yang pertama, unduh aplikasi App Backup & Restore agar terpasang di hp. Setelah berhasil terinstal, masuk dalam aplikasi tersebut.

Lakukan pengaturan untuk aplikasi apa saja yang akan masuk backup. Hal ini bisa anda lakukan dengan berikan ceklis untuk aplikasi yang anda inginkan.

Ketika sudah selesai pilihan aplikasi apa saja yang akan masuk backup, maka langkah selanjutnya klik Backup untuk mulai prosesnya. Tunggu beberapa saat untuk aplikasi selesai backup.

Kelebihan aplikasi backup ini bisa langsung anda gunakan ketika aplikasi tiba-tiba terhapus dari layar ponsel. Jika nantinya ada aplikasi yang terhapus, anda hanya perlu masuk aplikasi tersebut dan menuju menu Restore.

Langkah-Langkah yang Dilakukan

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus dari Android dengan lebih lengkap menggunakan App Backup & Restore berikut. Tentu saja yang pertama masuk aplikasi dan pilih menu Archived.

Halaman inilah anda bisa lihat aplikasi yang telah ada cadangkan sebelumnya. Kemudian pilih aplikasi yang ingin anda pulihkan dengan berikan ceklis pada bagian kanan nama aplikasi.

Jika sudah yakin tentang aplikasi yang ingin anda pulihkan, selanjutnya klik Restore agar aplikasi yang anda inginkan bisa kembali ke layar utama Android.

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus ini sebelumnya mengharuskan anda untuk melakukan backup terlebih dahulu. Sehingga anda harus lebih rajin untuk backup aplikasi yang anda anggap penting. Hal ini untuk antisipasi jika sewaktu-waktu aplikasi terhapus.

Kembalikan Aplikasi Menu Pengaturan

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus dengan menggunakan menu Setting atau Pengaturan hp. Masuk ke menu Pengaturan. Lalu menuju pada menu Cloud dan Akun. Setelah itu, muncul pilihan untuk masuk pencadangan dan pemulihan.

Lalu akan terbuka halaman baru dan pilih Pulihkan. Kemudian pilih tanda panah ke arah kanan untuk mencari aplikasi yang terhapus. Ceklis aplikasi yang akan anda kembalikan.

Untuk langkah kali ini, anda akan berikan persetujuan guna instal ulang aplikasi yang terhapus. Jika anda menyetujuinya, maka klik OK dan akan muncul jumlah data untuk instal ulang aplikasi tersebut. Tunggu proses pemulihan aplikasi sampai selesai dan muncul tanda ceklis.

Pulihkan Aplikasi Bawaan yang Terhapus

Jika cara sebelumnya untuk aplikasi yang anda instal, lalu bagaimana cara mengembalikan aplikasi yang terhapus jika itu aplikasi bawaan vendor.

Bila hal ini terjadi, anda jangan panik dan bingung. Caranya justru lebih mudah dan simpel untuk dilakukan agar aplikasi kembali.

Sebaiknya masuk ke menu Pengaturan dan pilih Aplikasi. Ketika sudah keluar halaman baru, masuk pada Semua Aplikasi. Nantinya terdapat daftar aplikasi bawaan vendor, anda hanya perlu mengaktifkan aplikasi yang terhapus tersebut.

Cari aplikasi yang ingin anda kembalikan. Jika sudah terlihat, klik Aktifkan untuk bisa kembalikan aplikasinya. Bila sudah anda aktifkan, maka aplikasi tersebut sudah bisa anda gunakan kembali seperti semula. Lebih mudah dan cepat bukan cara mengembalikan aplikasi yang terhapus dari bawaan?

Penyebab Aplikasi Terhapus

Aplikasi bisa hilang karena tidak sengaja terhapus. Namun ternyata bukan hanya itu saja penyebabnya. Masih ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan aplikasi hilang.

Aplikasi hilang bisa karena aplikasi berada di luar memori internal. Dalam hal ini, menandakan jika memori anda rusak. Selanjutnya aplikasi berada dalam memori internal. Hal ini berarti ada yang salah dengan sistem ponsel anda.

Baca juga: Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus untuk 1 Android

Faktor yang terakhir bisa terjadi karena memori ponsel penuh yang berakibat hilangnya aplikasi. Apabila sudah mengetahui penyebab hilangnya aplikasi dari layar ponsel, maka bisa antisipasi kedepannya agar tidak terjadi kembali.

Meski cara untuk kembalikan aplikasi yang hilang tidak sulit untuk anda lakukan, namun anda perlu waspada. Jangan sampai aplikasi penting justru uninstal. Pastikan anda tak melakukannya dengan sembarangan.

Perhatikan penyebab dan cara mengembalikan aplikasi yang terhapus dari Android. Nantinya jika anda mengalami aplikasi hilang, maka bisa dengan mudah kembalikan aplikasi. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru