Cara Menggunakan WhatsApp Web untuk Video Call Bersama 50 Orang

Cara Menggunakan WhatsApp Web
Ilustrasi Cara Menggunakan WhatsApp Web. Foto Istimewa

Cara menggunakan WhatsApp Web untuk dapat melakukan video call hingga 50 orang tidak terlalu sulit. Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru dari pengembang dengan tujuan untuk mendukung kegiatan daring oleh bagi para penggunanya.

Fitur WhatsApp Web ini dapat anda pakai untuk melakukan video dari 2 orang hingga 50 orang. Sebelumnya WhatsApp web tidak dapat melakukan panggilan video ataupun panggilan biasa.

Akan tetapi, saat ini pihak WhatsApp telah melakukan pembaharuan terhadap fitur pada WhatsApp Web. Untuk dapat memakai WhatsApp Web untuk video call, anda harus memiliki Mesengger Rooms terlebih dahulu.

Cara Menggunakan WhatsApp Web untuk Video Call

Saat ini platform panggilan video milik media sosial Facebook yakni Mesengger Rooms sudah terintegrasi dengan WhatsApp versi web. Dengan adanya fitur ini, para user WhatsApp Web dapat melakukan video call dengan jumlah peserta hingga 50 orang.

Baca juga: Telegram Bisa Video Call dengan Cepat dan Aman, Yuk Cobain!

Dengan adanya integrasi ini, bertujuan agar para pengguna WhatsApp dapat menggunakan Mesengger Room yang sebelumnya kita dapat menggunakannya melalui Instagram.

Mengenal Layanan Mesenggers Rooms

Sebelum mengetahui cara menggunakan WhatsApp Web untuk dapat melakukan video call dengan 50 orang, anda perlu mengenal Mesengger Room terlebih dahulu.

Mesenggers Room merupakan salah satu layanan dari media sosial Facebook yang dapat anda gunakan untuk melakukan video call.

Dalam hal ini, anda dapat melakukan video call dengan 50 orang secara gratis serta tanpa adanya batas waktu. Rooms dapat dibuat dari Mesenggers ataupun Facebook secara langsung.

Selain itu, rooms dapat memberikan anda kemampuan dalam membagikan tautan dengan tujuan supaya dapat mengundang siapa saja untuk ikut bergabung, bahkan dengan mereka yang tidak memiliki akun Facebook sekaligus.

Saat ini integrasi antara Mesengger Rooms dengan WhatsApp Web telah selesai. Apabila anda akan melakukan video call dengan 50 orang memanfaatkan Mesengger Rooms melalui pengaktifan WhatsApp Web, maka dalam hal ini anda tidak perlu pindah ke aplikasi lain. Anda hanya perlu menggunakan WhatsApp Web saja.

Cara Melakukan Video Call dengan 50 Orang pada WhatsApp Web

Cara menggunakan WhatsApp Web untuk dapat melakukan video call bersama 50 orang dengan memanfaatkan Mesengger Rooms antara lain pastikan anda telah memanfaatkan WhatsApp Web versi terbaru.

Selanjutnya pilih teman atau group yang akan anda ajak video call dengan membuka chat tersebut. Langkah berikutnya klik klip ikon yang terdapat pada bagian atas WhatsApp Web.

Baca juga: Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus dengan Backup

Kemudian anda dapat memilih gambar kamera atau room yang terdapat pada bagian paling bawah urutan yang selanjutnya dapat anda klik. Yang kemudian anda akan beralih menuju Mesengger secara otomatis.

Pada langkah ini ,anda perlu masuk dalam akun Facebook yang kemudian akan terdapat link khusus yang harus anda salin. Hal ini bertujuan agar anda dapat mengundang pengguna lain untuk bergabung dengan mesengger video.

Perbedaan Video Call pada WhatsApp Web dengan Zoom atau Google Meet

Dengan cara menggunakan WhatsApp Web yang cukup mudah untuk video call bersama 50 orang. Ternyata layanan ini berbeda dengan layanan sejenis lainnya.

Berdasarkan pernyataan yang diberikan oleh Juru Bicara WhatsApp bahwa video call dari WhatsApp ini berbeda dengan aplikasi Zoom atau Google Meet. Dalam kedua aplikasi tersebut, dapat menjadwalkan rapat pada waktu tertentu.

Sedangkan video call pada WhatsApp Web yang memakai Mesengger Rooms ini lebih mirip seperti kamar yang mana teman-teman anda dapat mampir serta bercakap-cakap jika ada waktu.

Kamar ini dapat dikatakan lebih mirip dengan lounge ketimbang dengan ruang rapat. Selain itu, berdasarkan pernyataan dari Manager Masengger Rooms yakni Tiffany Dohzen yang memastikan bahwa percakapan yang berlangsung pada Mesenggers Rooms akan terjamin keamanannya.

Baca juga: Lupa Pola HP Samsung, Beginilah Cara Mengatasinya

Pihak Kreator Rooms akan mengunci ruang percakapan dan mengeluarkan pengguna yang salah dari Rooms. Facebook akan memblokir orang tersebut yang selanjutnya tidak akan dapat bergabung dengan Rooms kembali.

Selain cara menjalankan WhatsApp Web untuk video call dengan 50 orang yang cukup mudah, layanan ini juga memiliki fitur menarik yakni fitur kolaboratif. Terdapat pula efek keren yang dapat anda temukan pada aplikasi seluler serta pencahayaan dan latar belakang yang keren.

Setelah mengetahui cara menggunakan WhatsApp Web untuk video call dengan 50 orang, maka fitur baru dari WhatsApp Web dapat anda manfaatkan dalam berbagai aktivitas harian anda. Fitur ini dapat membantu kegiatan belajar daring selama pandemi ini. (R10/HR-Online)