Cara Menghilangkan Bruntusan pada Wajah dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bruntusan
Ilustrasi Cara Menghilangkan Bruntusan. Foto Ist/net

Cara menghilangkan bruntusan ini dapat menjadi pilihan anda untuk mendapatkan wajah mulus dan kenyal. Karena wajah adalah hal yang pertama kali terlihat dan sebagai identitas seseorang.

Memiliki wajah yang putih, bersih, dan mulus pasti menjadi idaman bagi setiap orang. Lantas, bagaimana cara mendapatkan hal tersebut? Berikut adalah langkah dan cara mengatasinya.

Cara Menghilangkan Bruntusan

Sebelum mengetahui cara mengatasi wajah yang bruntusan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu bruntusan. Bruntusan adalah salah satu masalah kulit yang terlihat seperti bintik-bintik kecil dan kemerahan.

Rasa yang muncul adalah panas dan juga gatal. Sehingga, iritasi dapat terjadi ketika anda tak berhenti menggaruknya. Penyebab dari bruntusan berasal dari beberapa faktor. Biasanya, karena penggunaan produk perawatan kulit atau make up yang salah.

Wajah adalah bagian tubuh paling berpengaruh bagi setiap orang, terutama mengenai rasa kepercayaan diri. Dengan memiliki wajah yang mulus, akan membuat rasa percaya diri seseorang menjadi meningkat.

Berbanding sebaliknya dengan hal tersebut, jika memiliki wajah yang bruntusan atau tidak mulus pasti akan membuat minder. Cara menghilangkan bruntusan dapat memakai banyak hal, seperti pergi ke salon perawatan wajah hingga memakai produk kecantikan yang harganya bisa membuat jebol dompet.

Tahukah anda jika bahan alami yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dapat berguna bagi kecantikan wajah. salah satu yang dapat bermanfaat yakni untuk membasmi bruntusan pada wajah.

Berikut adalah cara alami yang dapat menjadi pilihan bagi anda yang menginginkan wajah mulus terbebas dari bruntusan. Antara lain:

Teh Hijau

Bahan alami ini sangat berguna bagi kecantikan wajah. Selain dapat bermanfaat sebagai bahan yang melangsingkan tubuh, teh hijau juga dapat anda pakai untuk mengatasi bruntusan pada wajah.

Cara menghilangkan bruntusan ini dapat anda pakai karena kandungan teh hijau yang bermanfaat yaitu anti oksidan. Zat alami ini mampu menjaga serta merawat kesehatan kulit. Caranya, anda cukup mengkonsumsi secara rutin pada pagi dan sore hari.

Madu

Siapa yang tak mengenal khasiat dari bahan alami satu ini? Madu mampu dengan baik dalam menyelesaikan permasalahan kulit wajah anda. Tak hanya terkenal mencerahkan wajah yang kusam dan menghilangkan jerawat.

Madu dapat mengatasi bruntusan pada kulit wajah anda. Caranya yaitu, setelah mencuci muka, lalu anda dapat mengoleskan madu secara merata pada kulit wajah. Tunggu atau biarkan dalam 20 hingga 30 menit.

Setelah itu, dapat membilasnya dengan air yang bersih. Cuci dengan sabun khusus muka atau sabun yang khusus untuk jenis kulit anda. Lakukan cara menghilangkan bruntusan tersebut secara rutin atau sewaktu anda mandi agar mendapat hasil yang memuaskan.

Lemon

Lemon sudah sangat terkenal menuntaskan permasalahan kulit. Apalagi kulit wajah yang bruntusan. Caranya yakni dengan mempersiapkan satu buah lemon dan juga putih telur.

Anda dapat mencampur kedua bahan alami tersebut dan oleskan pada wajah anda. Diamkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air yang bersih.

Namun, tidak menganjurkan bagi anda yang memiliki kulit wajah yang sensitif. Kandungan asam yang tinggi pada lemon dapat membuat iritasi kulit bruntusan anda.

Buah Tomat

Tomat juga bermanfaat bagi masalah kulit wajah, salah satunya cara menghilangkan bruntusan. Langkah yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan bahan alami tersebut.

Haluskan tomat dengan blender, lalu pakai untuk masker wajah. Diamkan hingga masker mengering, lalu bilas dengan air yang bersih. Dapat pula dengan sabun muka yang sesuai dengan kulit anda.

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang mempunyai segudang manfaat. Salah satunya adalah mampu mengatasi kulit wajah yang bruntusan. Bahkan, bahan ini mampu mengatasi rasa gatal yang berasal dari bruntusan pada wajah.

Baca juga: Produk Masker Wajah Terbaik untuk Perawatan Kulit Kusam

Vitamin E yang terkandung dalam aloe vera ini juga bermanfaat mengatasi luka bakar dan juga gatal akibat iritasi. Aplikasikan gel dari aloe vera pada wajah yang mengalami bruntusan. Kemudian anda dapat membilasnya dengan air yang dingin.

Es Batu

Cara menghilangkan bruntusan juga dapat menggunakan es batu. Bukan hal yang mustahil jika wajah anda akan segera teratasi dengan menggunakan es batu.

Rasa dingin yang berasal dari es akan mengurangi gatal pada wajah bruntusan anda. Es batu juga dapat mengurangi kemerahan pada wajah akibat masalah kulit ini.

Perlu anda tahu jika bruntusan bukanlah permasalahan yang serius seperti jerawat. Jadi, bruntusan akan pergi hanya dalam waktu satu malam saja.

Minyak Cengkeh

Bahan alami ini dapat anda pakai dalam mengatasi kulit wajah yang bruntusan. Bahkan, jika anda sadari, minyak cengkeh sering terdapat pada salon-salon kecantikan untuk perawatan kulit.

Khasiatnya yakni dapat mengatasi gatal serta memberikan rasa tenang pada kulit. Karena, minyak cengkeh mengandung eugenol yang mampu membuat rasa rileks bagi kulit wajah. Cara menghilangkan bruntusan, sebaiknya tambah dengan sedikit air agar hasilnya dapat maksimal.

Cuka Apel

Cuka apel adalah bahan yang tepat bagi anda yang mempunyai permasalahan kulit wajah yang bruntusan sedikit lebih parah. Anda dapat memilih bahan ini sebagai pereda yang paling tepat dalam mengatasinya.

Kandungan dari cuka apel adalah asam asetat yang berguna dalam mengatasi peradangan serta infeksi. Langkah pengaplikasiannya yakni dengan cara mengoleskan cuka apel dengan kapas.

Biarkan meresap dalam beberapa menit sebelum kapas anda angkat dari wajah bruntusan tersebut. Lakukan cara menghilangkan bruntusan ini selama 2 sampai 3 kali sehari. Hal tersebut dapat anda lakukan agar bruntusan segera pergi dari wajah.

Oatmeal

Bahan ini bersifat anti inflamasi, sehingga dapat mengatasi peradangan. Oleh karena itu, oatmeal dapat anda gunakan untuk mengatasi bruntusan pada wajah.

Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menghaluskan oatmeal terlebih dahulu dengan blender dan mencampurnya dengan air hangat.

Kemudian, cara menghilangkan bruntusan dapat anda lakukan dengan menggosok serta memijat wajah selama 10 sampai 15 menit. Langkah ini dapat anda lakukan rutin hingga wajah terbebas dari bruntusan.

Soda Kue

Bahan yang mengandung anti inflamasi ini juga baik untuk mengatasi bruntusan pada wajah. Sebaiknya, bagi anda yang mempunyai kulit sensitif jangan memakai bahan ini agar tak mengalami iritasi kulit.

Cara ini yang dapat anda lakukan adalah dengan mencampur soda kue dengan air hangat. Kemudian oles pada kulit wajah yang bruntusan. Biarkan meresap sekitar 10 hingga 15 menit. Lalu anda dapat membilasnya dengan air yang bersih.

Putih Telur

Tahukah anda jika putih telur dapat mengencangkan kulit wajah? Bahan ini secara alami mampu membersihkan wajah dan juga mengencangkan kulit dengan ampuh. Bahkan, bahan ini juga dapat bermanfaat sebagai cara menghilangkan bruntusan pada wajah.

Cara yang perlu anda lakukan adalah dengan memisahkan putih telur dan juga kuning telur. Ambil putih telur dan kocok hingga berbusa. Lalu oleskan pada wajah yang bruntusan.

Biarkan hingga 20-30 menit atau sampai kulit terasa tertarik. Selanjutnya, anda dapat membilasnya dengan air yang bersih.

Minyak Zaitun

Bahan alami ini juga dapat membantu untuk kelembaban kulit. Bahkan, minyak zaitun dapat dengan ampuh mengusir bruntusan pada wajah anda. Cara menghilangkan bruntusan yaitu anda hanya perlu mencampurnya dengan madu.

Lalu oleskan pada wajah yang bruntusan. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air yang bersih. Cara ini dapat anda lakukan secara rutin agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Masker Wajah

Selain dari bahan alami yang dapat kita buat sendiri, juga dapat memakai masker buatan untuk mengatasi bruntusan. Masker yang perlu anda pilih adalah yang terbuat dari bahan alami.

Baca juga: Manfaat Masker Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah yang Cantik Alami

Cara menghilangkan bruntusan misalkan memilih bahan masker dari lidah buaya atau madu. Dapat anda aplikasikan masker buatan pabrik tersebut dengan rutin agar memperoleh hasil yang maksimal.

Gunakan masker saat sebelum anda tidur. Namun, demi menjaga bruntusan tak kembali menghampiri wajah mulus anda, maka sebaiknya tetap menggunakannya secara teratur sebelum tidur.

Langkah mengatasi bruntusan pada wajah tersebut dapat anda lakukan sebagai pilihan. Karena langkah yang tepat selalu diiringi dengan gaya hidup atau pola hidup sehat dan bersih.

Cara menghilangkan bruntusan dapat anda lakukan dengan rajin mencuci wajah setelah menggunakan make up atau produk kecantikan wajah dengan bersih. Karena dapat terhindar dari penyumbatan pori-pori kulit yang akan mengakibatkan bruntusan pada wajah anda. (R10/HR-Online)