Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama, Bisa Awet 2 Bulan

cara menyimpan daging kurban
Cara menyimpan daging kurban agar tahan lama. Foto: Ist/Net

Cara menyimpan daging kurban agar tahan lama perlu Anda ketahui. Apalagi jika banyak stok daging kurban di rumah.

Momen Idul Adha biasanya banyak kiriman daging, mulai daging sapi, domba, maupun daging kambing. Stok daging yang melimpah bisa Anda simpan. Namun agar bisa tahan lama ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Ucapan Selamat Idul Adha Unik dan Menarik

Jangan sampai daging kurban busuk dan tidak bisa dikonsumsi. Jika cara menyimpannya benar, maka dipastikan daging kurban bisa awet dan tahan sampai 2 bulan.

Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama

Stok daging yang melimpah perlu disimpan agar bisa tahan lama. Anda pun tidak perlu memakannya sekaligus. Pastikan Anda menyimpannya dengan benar.

Ada sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan daging kurban supaya awet. Berikut penjelasannya:

Jaga Kebersihan Daging Kurban

Anda perlu memastikan kebersihan daging kurban, karena itu jangan sampai Anda memegang daging dalam keadaan tangan kotor.

Kuman-kuman dari tangan yang kotor bisa berpindah ke daging dan membuat daging kurban cepat membusuk.

Karena itu hindari memegang daging kurban selagi tangan masih kotor. Pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang daging segar.

Baca Juga: Begini Cara Turunkan Kolesterol Setelah Makan Daging di Hari Raya Kurban

Cara menyimpan daging kurban agar tahan lama juga jangan sampai meletakkan daging kurban di tanah, karena daging akan mudah terkontaminasi kumah dan bakteri.

Selanjutnya jika Anda terdesak ingin batuk atau bersih, pastikan Anda batuk atau bersin tidak langsung ke arah daging. Percikan air liur yang terbawa saat batuk dan bersin bisa jadi mikroba yang membuat daging cepat membusuk.

Jika Anda mendapatkan daging kurban dalam keadaan kotor, sebaiknya Anda langsung membersihkannya dan segera dimasak.

Pisahkan dan Simpan

Jika Anda mendapatkan bagian tubuh lain dari hewan kurban, maka segera pisahkan dengan dagingnya. Selanjutnya daging segar yang bersih bisa langsung disimpan di dalam kulkas apabila kondisinya bersih. Apabila akan dimasak, maka daging perlu dicuci sampai bersih.

Cara menyimpan daging kurban agar tahan lama, pastikan juga sebelum disimpan di kulkas Anda memotong-motong daging terlebih dahulu. Hindari menyimpan daging secara utuh di lemari pembeku.

Daging bisa dipotong-potong terlebih dahulu. Lalu masukkan dalam plastic bening ukuran 0,5 dan 1 Kg. Selanjutnya masukkan dalam wadah plastik. Setelah itu baru disimpan di dalam kulkas.

Ketika menyimpannya dalam wadah, pastikan tidak ada udara yang bisa mempercepat mikroba pembusuk. Begitu juga ketika menyimpannya dalam bungkus plastik, pastikan tidak ada udara yang masuk.

Daging kurban juga tidak boleh disimpan langsung dalam freezer atau mesin pembeku. Karena daging bisa mengkerut lantaran beku mendadak. Hal ini bisa merusak kualitas daging kurban.

Sebelum disimpan dalam freezer, masukkan dulu ke kulkas atau lemari pendingin selama 10 sampai 20 jam. Setelah itu baru  masukkan ke dalam freezer. Itulah cara menyimpan daging kurban agar tahan lama.

Memasak Daging Kurban yang Telah Disimpan Lama

Jika Anda akan memasak daging kurban yang telah disimpan dalam freezer, jangan langsung mencairkannya dengan air panas, karena protein hewani yang ada pada daging bisa rusak.

Anda bisa meletakkan daging beku yang terbungkus plastik ke dalam ember kosong. Lalu letakkan di bawah air kran dan alirkan air dari kran. Biarkan daging beku tersebut terendam air.

Baru setelah tidak lagi beku, buka plastik yang membungkus daging kurban. Jangan lupa cuci sampai bersih dan bilas. Maka daging sudah siap dimasak.

Cara lainnya untuk mencairkan daging yang membeku setelah disimpan lama di freezer, adalah memindahkannya ke bagian lemari pendingan di dalam kulkas.

Suhu sejuk selama 12 jam bisa membuat daging kurban yang tadinya beku jadi kembali segar. Jika sudah mencair, maka segeralah masak. Jangan terlalu lama dibiarkan karena bisa merusak kualitas daging.

Itulah cara menyimpan daging kurban agar bisa tahan lama. Lakukan cara di atas, maka Anda bisa menyimpan daging kurban selama 2 bulan. Perhatikan juga tips ketika akan memasak daging yang sudah lama disimpan dalam freezer agar tidak merusak protein yang ada dalam daging. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...