Cara Merawat Motor Injeksi Agar Performa Mesin Bekerja Maksimal

Cara Merawat Motor Injeksi Agar Performa Mesin Bekerja Maksimal
Ilustrasi cara merawat motor injeksi. Foto: istimewa

Cara merawat motor injeksi lebih mudah dibanding jenis kendaraan lainnya. Motor menjadi kebutuhan alat transportasi yang banyak digunakan saat ini di negara kita.

Tidaklah mengherankan jika saat ini hampir sebagian besar orang memiliki motor untuk transportasi pribadinya. Meski kendaraan roda tipe yang satu ini memiliki harga yang cukup tinggi, namun selalu hadir dengan seri terbarunya.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis motor yang bisa ditemukan. Salah satu jenis yang banyak digunakan yaitu motor tipe injeksi. Cara merawat motor injeksi memang susah-susah gampang.

Sebab ada beberapa tahapan yang harus dijalankan. Kelebihan motor injeksi yaitu lebih irit bahan bakar dan memiliki performa yang cukup tangguh.

Alasan inilah mengapa motor tipe injeksi menjadi pilihan banyak orang. Sebagian dari pemilik motor menyukai akan hal itu, namun sayangnya sering mengabaikan dari segi perawatan.

Padahal jika motor tidak dirawat dengan baik dan rutin, justru akan berakibat fatal. Setiap komponen motor pastinya harus dilakukan perawatan agar tidak mempengaruhi kerusakan pada setiap komponennya.

Lakukan perawatan berkala agar setiap komponen pada motor dapat berfungsi secara maksimal. Harga setiap komponen motor injeksi cukup mahal sehingga anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja.

Oleh karena itu, rawat motor secara baik dan rutin agar tidak terjadi kerusakan yang parah. Jika hal ini terjadi, budget yang harus anda keluarkan cukup besar.

Cara Merawat Motor Injeksi Tepat dan Mudah

Majunya dunia teknologi mempengaruhi perkembangan dari berbagai sektor di setiap negara. Hal ini juga terjadi pada perkembangan dunia otomotif. Perkembangan teknologi pada sepeda motor kini semakin pesat.

Baca Juga : Minyak Rem Motor, Cek Kondisinya Agar Berfungsi Secara Maksimal

Salah satu jenis motor yang kini banyak dikeluarkan yaitu tipe injeksi. Motor injeksi dipercaya lebih irit bahan bakar karena dalam mesin pembakar telah terkontrol.

Kontrol antara campuran bahan bakar dan udara dan juga baik dari segi proporsinya. Meski motor memiliki banyak kelebihan, perlu dilakukan perawatan secara rutin.

Bagi anda yang memiliki motor tipe yang satu ini, rawatlah semua komponen yang ada pada motor. Gunakan cara merawat motor injeksi dengan baik dan benar. Beberapa cara yang bisa dilakukan bisa diketahui dari uraian berikut ini:

Panasi Motor pada Pagi Hari

Perawatan pertama yang perlu dilakukan pada motor yaitu panasi motor setiap pagi secara rutin. Hal ini perlu dilakukan agar mesin bisa bekerja secara maksimal.

Baca Juga : Motor Ngebul Saat Mesin Panas Karena Oli Masuk pada Ruang Bakar

Jika kegiatan ini tidak dilakukan, maka dapat menimbulkan akibat buruk pada mesin motor injeksi. Biasakan melakukan hal ini di setiap pagi hari dengan menggunakan kick starter (manual). Jangan gunakan elektrik starter agar tidak menimbulkan konsleting pada kendaraan.

Pastikan Kondisi Aki

Cara perawatan motor injeksi berikutnya yaitu dengan mengecek bagian komponen aki. Meski sederhana, namun cek aki motor injeksi adalah hal yang wajib dilakukan. Pastikan aki masih dalam kondisi bagus agar bisa bekerja secara maksimal.

Baca Juga : Penyebab Rantai Motor Kendor Kenceng Berpengaruh pada Kinerja Mesin

Motor injeksi sangat tergantung pada kondisi aki untuk dapat menghidupkan mesin. Sehingga mesin akan bekerja secara maksimal pada sistem pembakaran. Oleh sebab itu, rawat dan lakukan pengecekan secara rutin pada aki motor.

Gunakan BBM Octa Tinggi

Bahan bakar yang dianjurkan pada motor injeksi yaitu gunakan kandungan okta 90 keatas. Hal ini perlu dilakukan agar bahan bakar dapat menyempurnakan sisi pembakaran.

Anda bisa gunakan bahan bakar jenis pertamax atau pertamax turbo. Kedua bahan bakar ini mampu membuat komponen motor tidak mudah rusak dan tersumbat. Pastikan anda perhatikan yang satu ini.

Ganti Oli Secara Rutin

Selain beberapa cara perawatan di atas, ada lagi satu hal yang tidak bisa dilewatkan yaitu oli motor injeksi. Sebaiknya segera ganti oli pada motor injeksi jika sudah mencapai pemakaian secara maksimum.

Baca Juga : Cara Membersihkan Karburator Mobil Tanpa Keluar Biaya Sedikitpun

Selalu cek kondisi oli agar mesin bisa bekerja dengan baik. Jika anda merasakan mesin motor sudah berbunyi kasar dari biasanya, segeralah lakukan penggantian.

Lakukan perawatan yang tepat pada motor agar performanya tidak terganggu. Ada beberapa cara merawat motor injeksi yang wajib dilakukan untuk menjaga performa motor tetap dalam kondisi baik. (R10/HR-Online)

Loading...