Cara Parkir Paralel Mobil Matic dengan Fitur Shift Lock

Cara Parkir Paralel Mobil Matic dengan Fitur Shift Lock
Ilustrasi Cara Parkir Paralel Mobil Matic. Foto: Istimewa

Cara parkir paralel mobil matic sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Parkir mobil paralel terkadang membuat orang merasa jengkel kesulitan untuk keluar dari area parkir karena terhalang.

Parkir paralel saat mobil didorong, namun tidak bisa bergerak sama sekali karena tuas pada posisi P atau parkir. Hal ini membuat roda mobil terkunci dan sulit untuk digeser.

Saat seseorang terjebak dalam kondisi ini, mau tidak mau harus menunggu pemilik mobil untuk mengeluarkan kendaraan dari area parkir. Terkadang parkir paralel pada mobil matic sering menjadi dilema tersendiri.

Sebab, kunci mobil tidak akan bisa dilepas sebelum tuas ada pada posisi P. Sedangkan jika tuas pada posisi P dibiarkan, maka roda mobil akan terkunci sehingga sulit untuk didorong.

Hal inilah yang sering membuat orang lain merasa kesal saat terhalang mobil yang parkir paralel. Sebenarnya cara parkir paralel mobil matic tidak serumit yang dibayangkan.

Ada fitur yang bisa membantu tanpa harus mengunci roda mobil. Gunakan fitur yang ada pada mobil matic sehingga memudahkan pemilik mobil lain untuk keluar dari parkiran.

Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Parkir yang penuh biasanya membuat susunan parkir dibuat secara paralel. Cara parkirnya pun tidak sama seperti di area yang memiliki lokasi parkir yang luas.

Baca Juga : AC Mobil Panas, Ketahui Penyebabnya untuk Penanganan Lebih Tepat

Mobil perlu dinetralkan untuk bisa dimajukan atau dimundurkan agar tidak menghalangi mobil lain yang ingin keluar. Parkir mobil matic tidak seperti parkir pada mobil transmisi manual.

Mobil matic parkir manual lebih rumit dibanding mobil transmisi manual. Sebab, beberapa cara yang dilakukan justru dapat mengganggu mobil lain untuk keluar dari parkiran.

Hal ini dikarenakan ban mobil dalam kondisi terkunci sehingga tidak bisa digerakkan. Ada fitur yang bisa mengatasi masalah ini. Fitur tersebut bisa digunakan sebagai cara parkir paralel mobil matic.

Menggunakan fitur yang ada pada mobil parkir paralel dimana saja tidak akan menyulitkan mobil lain yang ingin keluar dari area parkir.

Parkir Paralel Mobil Matik dengan Fitur Shift Lock

Fitur yang memungkinkan mobil matic parkir paralel yaitu Shift Lock. Shift Lock merupakan fitur yang bisa dimanfaatkan mobil matic untuk parkir tanpa harus mengunci roda mobil.

Baca Juga : Kipas Radiator Mobil Berisik? Segera Ganti yang Baru

Fitur yang dimiliki mobil matic ini terletak di dekat transmisi. Sebaiknya ikuti langkah berikut ini untuk menggunakan fitur Shift Lock pada mobil agar tidak menyulitkan mobil lain saat parkir paralel.

Sebelum menggunakan fitur yang satu ini, pastikan bahwa rem tangan sudah dalam keadaan non aktif. Masukkan gagang kunci pada lubang yang tersedia di samping kanan tuas transmisi untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Pertama, lepas kunci dari cangkangnya dengan cara menggeser tombol kecil yang berada di bagian tengah kunci. Selanjutnya setelah gagang kunci terlepas, masukkan gagang tersebut pada lubang Shift Lock.

Selanjutnya setelah posisi gagang masih berada di lubang transmisinya, tarik tuas pada posisi N barulah lepas gagang dari lubang. Setelah itu, anda dapat meninggalkan mobil di area parkir paralel dengan kunci pintu mobil.

Cara parkir paralel mobil matic dengan fitur Shift Lock memudahkan pengendara mobil lain bisa mendorong mobil anda untuk memberikan ruang keluar. Sehingga tidak akan membuat pengendara lain menunggu mobil anda keluar dari parkiran.

Cara Aktifkan Fitur Shift Lock

Ada dua cara untuk mengaktifkan fitur Shift Lock pada mobil matic. Pertama dengan tombol dan kedua dengan anak kunci.

Baca Juga : Lampu Mobil Mati Sebelah, Jangan Panik Segera Periksa Kerusakan

Sudah dijelaskan di awal jika memfungsikan fitur ini dengan anak kunci bisa dilakukan dalam beberapa tahap. Saat ini banyak merk mobil matic ternama yang memasang secara khusus tombol pada tuas transmisi.

Hanya dengan menekan tombol transmisi tersebut, tombol Shift Lock akan merubah tuas dalam posisi N. Fungsi Shift Lock dengan tombol prosesnya cukup matikan mobil seperti biasa dengan tuas dalam posisi P.

Selanjutnya tinggal tekan tombol Shift Lock dan geser pada posisi N. Dengan begitu, kunci mobil tetap bisa dilepas dan mobil akan mudah untuk digeser.

Bagi anda yang memiliki mobil matic, jangan panik untuk kesulitan saat parkir paralel di suatu tempat. Gunakan fitur Shift Lock untuk memudahkan pengendara lain yang terhalang mobil anda. (R10/HR-Online)

Loading...