Cek Keaslian Samsung, dari Tampilan Luar Hingga Nomor IMEI

Cek Keaslian Samsung
Ilustrasi Cek Keaslian Samsung, Foto: Istimewa

Cara cek keaslian Samsung ini, tentu menjadi hal penting yang harus kita perhatikan. Pasalnya, tak jarang kita jumpai beberapa vendor melakukan kecurangan dengan memalsukan produk mereka.

Atau juga karena ulah pedagang yang tidak jujur menjual produk palsu ke konsumen. Tentu saja kita akan merasa sangat dirugikan bila ingin mendapatkan barang yang asli tetapi malah kena tipu.

Hal ini tak terkecuali juga terjadi pada HP Samsung yang notabenenya terkenal sebagai ponsel dengan spesifikasi terbaik. Apa jadinya bila kita ingin membeli HP Samsung yang asli, tetapi justru mendapatkan yang palsu? Sudah pasti kita akan dibuat kecewa dan sangat merasa dirugikan.

Cara Mudah Cek Keaslian Samsung

Salah satu yang paling membuat khawatir sejumlah konsumen ketika membeli HP Samsung adalah mendapatkan yang palsu. Memang tak dapat kita pungkiri, banyak HP Samsung palsu yang beredar di pasaran.

Baca juga: HP Samsung Seri A Harga Terjangkau dengan Spesifikasi Tangguh

Apabila kita tidak ekstra hati-hati, maka dapat menjadi korban dan memperoleh HP Samsung palsu tersebut. Lebih merugikan lagi jika kualitasnya benar-benar di bawah standar.

Sebenarnya kita dapat tahu dan membedakan HP Samsung yang asli atau palsu dengan cukup mudah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melihat secara langsung dari built quality-nya.

HP Samsung yang asli tentunya mempunyai built quality yang sangat bagus. Selain itu, juga terasa kuat dan kokoh ketika digenggam.

Sementara HP Samsung yang palsu, biasanya diproduksi secara asal-asalan. Bukan hanya itu saja, cara cek keaslian Samsung yang dapat dilakukan. Masih ada cara-cara yang lainnya. Untuk itu, mari simak pemaparannya berikut ini!

Tampilan Luar HP

HP Samsung yang asli mempunyai bentuk yang bagus serta sesuai dengan gambar ketika promonya. Untuk mengetahui keaslian dengan cara ini, anda dapat membandingkan produk HP Samsung asli dan palsu dengan varian yang sama.

Umumnya, HP Samsung versi asli memiliki layar tampak penuh dari sisi atas hingga bagian bawahnya. Sehingga menyisahkan bezel yang tipis di bagian atas maupun bawah.

Baca juga: HP Samsung 5G Spesifikasi Lengkap Pilihan Terbaik di 2020

Lain lagi dengan HP Samsung versi palsunya, yang mana memiliki layar tidak benar-benar penuh. Selain itu, juga menyisahkan garis hitam, sehingga membuat bezel atas maupun bawah menjadi lebih lebar. Untuk cara cek keaslian Samsung ini kita butuh tingkat kejelian yang bagus dan teliti.

Dari Segi Harga

Penting untuk kita perhatikan, jangan mudah tertarik dengan penawaran harga HP yang miring alias murah. Anda juga perlu waspada dengan harga HP Samsung yang terlalu miring.

Bisa jadi kualitas dari produknya ini juga menurun dan kualitasnya sangat jelek. HP Samsung palsu pada dasarnya mempunyai kualitas yang apa adanya.

Selain itu, juga terbuat dari komponen kualitas yang sangat rendah. Maka dari itu, tak heran bila dijual dengan harga murah. Demi menghindari membeli HP Samsung palsu ini, cara cek keaslian Samsung ini hindari harga yang tidak wajar.

Dari Segi Kualitas Kamera

Cara tahu HP Samsung asli atau palsu berikutnya adalah dengan mempertimbangkan kualitas kameranya. Jika hasil jepretan kamera buram serta terlihat kurang detail, sudah dapat kita pastikan bahwa HP Samsung tersebut palsu.

HP Samsung yang asli sudah pasti mempunyai kualitas kamera yang sangat bagus. Pasalnya, memiliki sensor kamera terbaik yang pastinya mampu menghasilkan foto jernih, jelas, dan tajam.

Sedangkan untuk HP Samsung yang palsu mempunyai resolusi kamera lebih rendah. Sehingga, otomatis memberikan kualitas kamera yang juga lebih rendah.

Baca juga: Melacak HP Hilang dengan IMEI, Beginilah Caranya!

Mungkin dibandingkan dengan cek keaslian Samsung dari segi fisik, cara ini terbilang lebih mudah. Anda hanya perlu menjajal kameranya sebelum memutuskan untuk membeli.

Kode Khusus IMEI

Terdapat beberapa kode yang dapat anda gunakan untuk mengetahui apakah HP Samsung tersebut asli atau palsu. Kode pertama merupakan kode IMEI, cobalah untuk memasukkan kode *#06# pada HP tersebut.

Setelah itu, nomor IMEI akan ditampilkan di layar. Cocokkan dan pastikan nomor IMEI tersebut di dusbook atau situs khusus untuk mengidentifikasi keaslian IMEI sebuah HP.

Kemudian cek versi firmware ponsel anda dengan menggunakan kode *#1234#. Bila HP mampu membaca perintah dari kode-kode yang dimasukkan dapat dipastikan bahwa HP Samsung adalah asli. Cara cek keaslian Samsung ini tentu saja menjadi opsi paling baik untuk dicoba. (R10/HR-Online)