Akhir Pekan Mau Wisata ke Mana? Yuk ke Curug Dawuan Ciamis

Curug Dawuan Ciamis
Curug Dawuan di Desa/Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis layak untuk dikunjungi pada akhir pekan. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Curug Dawuan Ciamis jadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Ciamis. Tempat wisata yang satu ini bisa Anda kunjungi pada akhir pekan.

Lokasi Curug Dawuan berada di Desa/Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Curug sendiri merupakan bahasa Sunda yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti air terjun.

Keberadaan Curug Dawuan ada di tengah hutan belantara. Jalan menuju Curug Dawuan dikelilingi pepohonan lebat, namun suasananya sangat eksotis. Bagi para traveler yang senang menjelajahi alam, Curug Dawuan adalah surga tersembunyi.

Sebelum memasuki hutan, Anda bisa parkir kendaraan di perkampungan. Selanjutnya Anda harus berjalan kaki menyusuri hutan belantara.

Suasananya masih asri dengan pepohonan tinggi, ditambah udara sejuk yang menyegarkan. Anda juga akan disuguhi suara-suara burung berkicau di sepanjang jalan. Dijamin Anda akan menikmati perjalanan menuju Curug Dawuan Ciamis.

Jalanannya memang menanjak, nafas mungkin sedikit tersengal, namun semilir angin pegunungan di sepanjang jalan akan terasa menenangkan pikiran.

Jalan menuju Curug Dawuan juga sedikit terjal, pemuda setempat membuat jembatan dari bambu agar pengunjung lebih mudah berjalan menuju air terjun.

Setelah menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang 1 kilometer, Anda akan disuguhkan dengan air terjun yang eksotis. Cocok untuk basah-basahan.

Jika ingin ‘botram’ atau makan bersama, disediakan juga tempat khusus. Namun, jangan mencari warung di lokasi Curug Dawuan, karena memang tidak ada warung. Berbeda dengan lokasi wisata lainnya.

Curug Dawuan Ciamis Baru Dibuka untuk Wisatawan

Agil (15) pemuda dari Karang Taruna setempat, mengatakan Curug Dawuan sudah dibuka sejak 2,5 bulan lalu sehingga sudah bisa dikunjungi oleh wisatawan.

“Lokasinya sangat eksotis kalau dikembangkan, makanya kami dari Karang Taruna dan tokoh masyarakat berinisiatif untuk menatanya agar jadi tempat wisata,” ujar Agil yang ditemui beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Keindahan Wisata Curug Dawuan di Cipaku Ciamis, Belum Dibuka Karena Alasan Ini

Meskipun baru dibuka, namun Curug Dawuan sudah banyak dikunjungi wisatawan. Meskipun pengunjung yang datang masih dari lokal Ciamis.

“Pengunjung cuma bayar parkir Rp 2.000 kalau sepeda motor. Kalau mobil Rp 5.000. Lalu ada tiketnya hanya Rp 3.000 saja. Sudah sangat murah,” terang Agil.

Agil sendiri sudah taka sing dengan Curug Dawuan Ciamis. Ketika belum dibuka untuk wisatawan, dirinya kerap bermain ke Curug Dawuan untuk berenang atau sekedar basah-basahan.

“Airnya jernih, jadi enak untuk basah-basahan atau berenang,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan salah satu pengunjung dari Kecamatan Ciamis, Kurnia. Dirinya mengaku kagum dengan keindahan alam Curug Dawuan yang eksotis.

“Betah lama-lama di sini, suasananya masih alami dan air terjunnya juga indah. Kalau ada campur tangan pemerintah untuk menatanya pasti akan lebih menarik wisatawan untuk datang,” kata Kurnia yang juga menjabat sebagai Kapolsek Ciamis tersebut.

Jika Anda bingung ke mana berwisata saat akhir pekan, Curug Dawuan Ciamis bisa jadi pilihan. Jangan lupa protokol kesehatan diterapkan, karena masih masa pandemi Covid-19. (R7/HR-Online)

Loading...