Daftar Prakerja Gelombang 4 Dibuka, Begini Triknya Agar Lolos!

Daftar Prakerja Gelombang 4 Dibuka, Begini Triknya Agar Lolos!
Daftar prakerja gelombang 4 dibuka, begini triknya agar lolos. Foto:Ist/Net

Daftar prakerja gelombang 4 sudah dibuka hari Sabtu (8/8/2020), pukul 12.00 WIB. Pemerintah membuka kembali program tersebut setelah ditunda sekitar 2 bulan lebih.

Bagi kamu yang ingin ikut mendaftar, bisa login di www.prakerja.go.id. Dalam pendaftaran gelombang 4 ini, pemerintah menyiapkan kuota 800 ribu peserta.

Jumlah ini lebih banyak dari gelombang-gelombang sebelumnya yang hanya menerima 200 ribuan peserta setiap gelombangnya.

Sekretaris Menko Bidang Perekonomian Susiwijoyono Meogiharso dalam  video conference Jum’at (7/8/2020), membenarkan daftar prakerja gelombang 4 dimulai tanggal 8 Agustus 2020.

Daftar Prakerja Gelombang 4 Prioritaskan Pekerja PHK

Kata dia, kuota peserta yang akan diterima mencapai 800 ribuan. Hanya saja kata dia, pada pendaftaran gelombang 4 ini, pihaknya akan memprioritaskan para pekerja yang terkena dampak PHK akibat pandemi Covid-19.

Mereka yang akan menjadi prioritas adalah yang namanya sudah terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja. Saat ini tercatat ada sekitar 3 juta pekerja yang di PHK akibat perusahaannya terdampak pandemi.

Dari 3 juta pekerja yang kena PHK tersebut, sebanyak 1,7 juta pekerja sudah lengkap datanya sesuai by name by address, sementara itu sisanya masih diverifikasi.

Meskipun demikian, masyarakat umum lainnya tetap bisa ikut daftar prakerja gelombang 4. Kesempatan lolos jadi peserta sangat terbuka lebar.

Pemerintah Indonesia sendiri pernah menyebut, program andalan Presiden Jokowi ini akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta dalam 30 gelombang pendaftaran.

Sehingga, peluang untuk menjadi peserta kartu pra kerja masih sangat terbuka lebar. Kartu pra kerja sendiri merupakan program presiden Jokowi saat ia kampanye Pilpres 2019 lalu.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, program pra kerja direalisasikan pemerintah. Sampai saat ini, hingga gelombang 3, pemerintah baru menerima peserta pra kerja 680 ribuan.

Bagi kamu yang ingin ikut pendaftaran, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini. Begini cara daftar prakerja gelombang 4:

Sebelum melakukan pendaftaran ada beberapa syarat utama yang harus terpenuhi. Yakni peserta program kartu pra kerja harus Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Baca Juga: Daftar Kartu Prakerja Online Gelombang 4 Agar Lolos, Begini Caranya!

Daftar Prakerja Gelombang 4 Secara Online

Daftar kartu pra kerja dilakukan dengan cara online. Kamu bisa memakai komputer atau laptop untuk mengikuti proses pendaftaran.

Namun kamu juga bisa menggunakan smartphone  untuk mengikuti daftar prakerja gelombang 4. Caranya sebagai berikut ini:

1. Buat Akun Kartu Pra Kerja

Sebelum masuk ke pendaftaran, kamu mesti memiliki akun pra kerja terlebih dahulu . Akun kartu pra kerja dibikin dengan menggunakan alamat email. Berikut langkah-langkah pembuatannya:

– Pertama masuk browser dan login ke www.prakerja.go.id

– Klik Daftar Sekarang

– Lalu masukan biodata diri sesuai KTP, masukan juga email dan paswordnya

– Jika sudah selesai, masuk lagi ke email untuk konfirmasi akun

– Jika konfirmasi akun berhasil, kamu login lagi ke www.prakerja.go.id.

Apabila kamu sudah memiliki akun pra kerja, maka kamu sudah bisa daftar prakerja gelombang 4. Caranya sebagai berikut ini:

2. Pendaftaraan Kartu Pra Kerja

– Pertama masuk ke www.prakerja.go.id

– Pilih login lalu masukan email beserta passwordnya

– Isi verifikasi KTP

– Masukan biodata diri sesuai KTP

– Unggah foto KTP dan Foto selfie (sedang pegang KTP)

-Terakhir, lakukan verifikasi bomor ponsel, dan tunggu sms kode OTP masuk ke HP mu. Setelah itu, masukan kode OTP tersebut ke kolom verifikasi nomor ponsel.

Apabila sudah berhasil melakukan daftar prakerja gelombang 4, kamu belum dikatakan menjadi peserta kartu pra kerja, karena ada beberapa tahapan lagi yang harus dilalui.

Baca Juga: Login di www.prakerja.go.id untuk Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang 4

3. Ikuti Tes Kompetensi

Berhasil mendaftarkan diri menjadi peserta pra kerja, kamu harus mengikuti test kompetisi dasar keahlian. Ada 18 soal yang harus dijawab dalam waktu 25 menit. Apabila test sudah diisi semua, tunggu sampai ada pemberitahuan atau notifikasi masuk, apakah kamu lolos atau gagal.

4. Ikuti Pelatihan

Peserta yang dinyatakan lolos menjadi peserta pra kerja, wajib ikuti pelatihan. Pelatihan ini mesti diikuti agar insentif kartu pra kerja bisa cair. Insentif kartu pra kerja sendiri nilainya mencapai Rp3.550.000.

Rinciannya yakni Rp 1 juta untuk biaya pelatihan, Rp 2,4 juta untuk insentif peserta yang diberikan perbulannya Rp 600 ribu, dan uang survei kebekerjaan Rp 150 ribu.

Itulah cara-cara daftar prakerja gelombang 4 yang bisa kita sampaikan. Bagaimana tertarik tidak dengan program ini. Jika ya, buruan daftar sekarang sebelum ketinggalan. (Jujang/R8/HR Online)