Daftar Prakerja Gelombang 5 Dibuka, Begini Caranya Agar Lolos!

Daftar Prakerja Gelombang 5 Dibuka, Begini Caranya Agar Lolos!
Daftar prakerja gelombang 5 dibuka, begini caranya agar lolos!Foto:Ist/Net

Daftar prakerja gelombang 5 dibuka Sabtu 15 Agustus 2020. Bagi kamu yang ingin ikut mendaftar, jangan lupa login di www.prakerja.go.id.

Untuk diketahui saja, pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 sudah ditutup Rabu (12/8/2020) malam. Rencananya pemerintah akan membuka pendaftaran  gelombang 5 pada 15 Agustus 2020.

Hal tersebut disampaikan Louisa Tuhatu, Head of Communications PMO Kartu Prakerja. Kata dia, pendaftaran kartu pra kerja gelombang 5  dibuka pukul 12.00 WIB.

Bagi masyarakat yang ingin ikut daftar prakerja gelombang 5 buruan daftar dari sekarang. Pasalnya, kuota yang diberikan pemerintah cukup banyak, yakni 800 ribu peserta, sama dengan pada gelombang 4.

Mereka yang diprioritskan adalah yang terkena PHK akibat pandemi Covid-19. Meski demikian, siapa saja boleh ikut mendaftarkan diri dan bersaing untuk menjadi peserta kartu pra kerja.

Baca Juga: Daftar Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, Dapatkan Insentif Rp3,5 Juta

Syarat dan Cara Daftar Prakerja Gelombang 5

Untuk bisa menjadi peserta kartu pra kerja, kamu mesti mengikuti dulu pendaftarannya di www.prakerja.go.id.

Sebelum daftar, pastikan dulu kamu memenuhi 3 persyaratan utama yakni peserta harus Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Daftar prakerja gelombang 5 bisa dilakukan dengan menggunakan PC, laptop ataupun gadget. Berikut cara daftarnya:

1. Buat Akun Kartu Pra Kerja

Kamu yang akan ikut pendaftaran kartu pra kerja, harus memiliki akun terlebih dahulu. Akun pra kerja dibuat dengan menggunakan alamat email.

Berikut ini cara membuat akun kartu pra kerja:

– Pertama masuk ke browser dan login www.prakerja.go.id

– Klik Daftar Sekarang

– Masukan identitas diri sesuai KTP, lalu masukan email dan paswordnya

– Jika sudah selesai, masuk ke email untuk konfirmasi akun

– Apabila konfirmasi berhasil, login lagi ke www.prakerja.go.id.

Itulah cara membuat akun sebelum kamu daftar prakerja gelombang 5. Bagaimana mudah kan?

Lalu bagaimana cara pendaftaran kartu pra kerja? Perhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

2. Pendaftaraan Kartu Pra Kerja

– Masuk ke www.prakerja.go.id

– Pilih login lalu masukan email dan passwordnya

– Isi verifikasi KTP di kolom yang disediakan

– Masukan biodata diri sesuai KTP

– Unggah foto KTP dan Foto selfie (sedang pegang KTP).

-Terakhir yaitu verifikasi nomor telepon. Masukan nomor telepon pada kolom yang tersedia, dan tunggu kode OTP masuk ke sms kamu. Masukan kode OTP tersebut ke kolom yang tersedia.

Setelah berhasil mengikuti daftar prakerja gelombang 5, ada beberapa tahapan lagi yang harus dilalui sebelum kamu dinyatakan lolos sebagai peserta pra kerja. Tahapan-tahapannya sebagai berikut:

3. Ikuti Tes Kompetensi

Bagi peserta yang sudah berhasil mengikuti pendaftaran, mesti mengikuti test kompetensi dasar. Test kompetensi ini berupa 18 soal yang harus dijawab dalam waktu 25 menit.

Peserta bisa menggunakan alat bantu untuk memudahkan mengisi soal. Jika soal sudah beres dikerjakan, tunggu notifikasi atau pemberitahuan masuk, apakah kamu lolos atau gagal.

4. Ikuti Pelatihan

Langkah terakhir daftar prakerja gelombang 5 yakni setiap peserta yang lolos daftar kartu prakerja wajib ikut pelatihan. Pelatihan mesti diikuti agar insentif kartu pra kerja bisa cair. Insentif kartu pra kerja cukup banyak senilai Rp3.550.000.

Rinciannya sebagi berikut, Rp 1 juta untuk biaya pelatihan, Rp 2,4 juta untuk insentif peserta diberikan 4 bulan (perbulannya 600 ribu), dan uang survei kebekrjaan Rp 150 ribu.

Baca Juga: Kesulitan Daftar Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, Ini yang Bisa Kamu Lakukan

Pendaftar Kartu Prakerja Membludak, Capai 1,2 Juta di Gelombang 4

Pendaftaran kartu pra kerja cukup tinggi. Terbukti pada pendaftaran gelombang 4, dari mulai dibuka pendaftaran Sabtu (8/8/2020) dan ditutup Rabu (12/8/2020), peserta yang daftar tercatat 1,2 juta orang.

Hal tersebut dibenarkan Louisa Tuhatu, Head of Communications PMO Kartu Prakerja. Kata dia, sampai penutupan Rabu kemarin, pendaftar mencapai 1,2 jta.

Lalu bagaimana dengan daftar prakerja gelombang 5, akankan sebanyak itu yang mendaftar?

Nampaknya pendaftaran gelombang 5 pun akan membludak. Pasalnya peserta yang gagal di gelombang 4, dipastikan akan ikut daftar lagi di gelombang 5,.

Diberitakan sebelumnya, animo masyarakat mengikuti progra, kartu pra kerja sangat tinggi. Sejak dibuka awal April 2020 sampai saat ini sudah ada sekitar 11,3 juta orang daftar.

Namun demikian, sampai sekarang pemerintah baru merekrut sebanyak 680 ribu peserta pra kerja. Kartu pra kerja sendiri merupakan program pemerintah Indonesia untuk membantu pekerja yang kena PHK akibat Covid-19.

Rencananya, program prakerja akan menyasar 5,6 juta peserta dalam 30 gelombang pendaftaran.

Bagaimana tertarik tidak ikut daftar prakerja gelombang 5? Jika tertarik buruan daftar jangan sampai ketinggalan. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...