Daftar Ulang SKB CPNS 2019, Login sscn.bkn.go.id Sampai 7 Agustus

Daftar Ulang SKB CPNS 2019
Peserta tes CPNS yang sudah lolos seleksi SKD, wajib daftar ulang SKB CPNS 2019. Foto: Dok Menpan

Daftar ulang SKB CPNS 2019 wajib dilakukan peserta CPNS yang sebelumnya sudah lulus Seleksi Kompetisi Dasar (SKD).

Pelaksanaan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) CPNS 2019 yang sempat tertunda karena Covid-19 akhirnya akan dilaksanakan pada 1 September sampai 12 Oktober 2020.

Bagi peserta yang sudah lulus tes SKD, maka diwajibkan daftar ulang untuk mengikuti seleksi SKB CPNS.

Daftar ulang peserta CPNS sudah bisa dilakukan melalui laman sscn.bkn.go.id dengan menggunakan akun masing-masing.

Peserta CPNS 2019 sudah bisa melakukan login ke akunnya untuk daftar ulang mulai Sabtu, 1 Agustus 2020 sampai Jum’at, 7 Agustus 2020.

Baca Juga: Peserta Tes CPNS Bawa Jimat atau Pakai Joki? BKN: Tidak Ada Ampun, Blacklist!

Peserta melakukan daftar ulang SKB CPNS 2019, selanjutnya memilih lokasi untuk pelaksanaan tes. Dalam hal ini, peserta disarankan memilih lokasi yang sesuai dengan domisili. Jika Anda tinggal di Bandung, maka disarankan agar mengikuti tes SKB di Bandung.

Jika ada kesulitan dalam memilih lokasi tes, maka peserta bisa mengubah pilihan lokasi tesnya sebanyak tiga kali.

Selanjutnya pada 8 Agustus 2020, peserta yang sudah melakukan daftar ulang dan memilih lokasi untuk tes SKB, wajib mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian SKB.

Jadwal pelaksanaan tes SKB CPNS diumumkan oleh instansi masing-masing dan disesuaikan dengan kebijakan dari lembaga tersebut.

Seperti halnya tes SKD sebelumnya, tes SKB CPNS 2019 juga akan dilakukan dengan CAT (Computer Assisted Test).

Pengumuman BKN Terkait Daftar Ulang SKB CPNS 2019

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengeluarkan pengumuman nomor 14/Panpel.BKN/CPNS/VII/2020 tentang Pendaftaran Ulang Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Pada Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi Tahun 2019.

Dalam pengumuman tersebut disebutkan, peserta yang sudah lolos tes CPNS SKD berhak untuk mengikuti tes SKB.

Pelaksanaan tes SKB akan berlangsung mulai tanggal 1 sampai 12 Oktober 2020. Untuk mengikuti tes SKB, peserta wajib melakukan daftar ulang di akun SSCN masing-masing yang bisa dilakukan mulai 1 Agustus sampai 8 Agustus 2020.

Peserta wajib memilih lokasi test dan boleh diubah sebanyak 3 kali. Selesai melakukan daftar ulang SKB CPNS 2019, selanjutnya pada tanggal 8 Agustus 2020, peserta wajib mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian SKB.

Jadwal pelaksanaan SKB akan diumumkan oleh masing-masing lembaga/instansi disesuaikan dengan kebijakan masing-masing. Adapun pelaksanaan tes SKB sebagaimana tes SKD terlebih dahulu, yaitu dengan berbasis CAT.

Prosedur Pelaksanaan Tes SKB CPNS 2019

Pelaksanaan tes SKB CPNS 2019 akan digelar pada 1 September sampai 12 Oktober 2020. Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 maka ada beberapa protokol yang wajib ditaati oleh peserta tes SKB CPNS 2019.

Berikut prosedur yang wajib dilakukan oleh peserta dalam pelaksanaan tes SKB CPNS 2019:

Kebijakan Umum

Protokol yang harus diperhatikan peserta usai melakukan daftar ulang SKB CPNS 2019 salah satunya, peserta harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sebelum tes dilaksanakan.

Peserta tidak boleh bepergian ke tempat lain, selain ke lokasi tes. Peserta juga wajib menjaga jarak minimal 1 meter.

Menjaga kebersihan dengan cuci tangan pakai sabun atau dengan handsanitizer. Sebelum masuk tempat tes peserta akan dicek suhu tubuh. Apabila suhunya kurang atau sama dengan 37,3 derajat celcius maka diberi tanda khusus.

Peserta tersebut juga akan mengikuti ujian di ruangan khusus yang diawasi petugas dengan pakai masker dan pelindung wajah.

Apabila peserta tersebut tidak bisa mengikuti tes berdasarkan pemeriksaan tim kesehatan, maka diperbolehkan mengikuti tes sesi cadangan satu hari setelah jadwal akhir selesai.

Begitu juga dengan peserta yang berasal dari daerah yang berbeda dengan lokasi tes yang dipilihnya, maka harus menerapkan protokol kesehatan dalam perjalanan sebagaimana aturan dari Pemerintah.

Kewajiban Peserta

Selesai daftar ulang SKB CPNS 2019 melalui akun SSCN masing-masing, berikut adalah kewajiban peserta yang harus diingat:

Peserta wajib datang ke lokasi 60 menit sebelum tes dimulai. Peserta tes SKB CPNS 2019 juga wajib memakai masker. Termasuk memakai pelindung wajah apabila diperlukan.

Bagi yang akan mengkuti tes SKB CPNS 2019 jangan lupa untuk membawa KTP dan Kartu Tanda Peserta Ujian SKB yang nantinya harus ditunjukkan kepada Panitia.

Peserta juga wajib membawa pensil kayu dan bukan pensil mekanik. Saat pelaksanaan tes SKB, peserta CPNS 2019 wajib mengenakan kemeja putih polos dan celana panjang ataupun rok warna gelap.

Tidak boleh pakai kaus, jeans, ataupun sandal. Sementara bagi yang berjilbab, kenakan jilbab dengan warna terang.

Setelah selesai melakukan daftar ulang SKB CPNS 2019 melalui akun SSCN, jangan lupa catat prosedur kesehatan yang perlu dijalani dan kewajiban sebagai peserta. Semoga sukses. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...