Dekorasi Taman Minimalis, Trik Mempercantik Halaman Rumah Sempit

Dekorasi Taman Minimalis Trik Mempercantik Halaman Rumah Sempit
Dekorasi Taman Minimalis. Foto Istimewa

Dekorasi taman minimalis cocok sekali anda terapkan bila anda punya halaman rumah yang sempit. Memiliki rumah minimalis pastinya juga akan berdampak pada taman yang minimalis.

Mempunyai sebuah taman kecil dengan lahan yang terbatas mungkin akan terlihat merepotkan. Apalagi bila anda menginginkan taman yang indah dan cantik.

Sebenarnya sempit tidak menjadi halangan bagi anda mempunyai taman yang indah. Sebab, ada berbagai macam trik yang bisa diterapkan untuk menciptakan taman minimalis yang indah di halaman rumah yang sempit.

Keberadaan taman bisa menciptakan suasana yang segar, menyenangkan, dan sejuk. Ada begitu banyak dampak positif yang bisa diperoleh saat anda berkebun.

Tips Dekorasi Taman Minimalis

Sekecil apapun ruang yang ada di halaman rumah anda, sebenarnya anda bisa mengubahnya menjadi sebuah taman sesuai keinginan.

Sebaliknya, meski anda memiliki halaman yang luas, bila anda tidak bisa memanfaatkannya, maka hasilnya tentu tidak bisa maksimal.

Baca Juga: Teras Rumah Cantik Desain Hunian Kesayangan yang Viewable

Berikut ini adalah beberapa trik yang bisa anda ikuti untuk menciptakan taman di halaman rumah yang sempit.

Menjadikan Teras Bagian dari Taman

Membuat taman tidak harus selalu di area yang disediakan saat mendesain rumah. Walaupun desain taman depan rumah anda sempit, anda bisa memanfaatkan teras sebagai bagian dari taman.

Anda bukannya mengubah fungsi teras menjadi taman. Akan tetapi, anda bisa mengaplikasikan berbagai jenis tanaman di area teras sebagai dekorasi taman minimalis.

Tujuannya agar taman yang tadinya sempit lebih terkesan luas. Anda bisa menempatkan berbagai pot kecil di ujung teras.

Pot tersebut akan membuatnya tampak bersatu dengan taman. Anda dapat menaruh pot bunga atau tanaman hias lain dengan ukuran tidak terlalu besar.

Membuat Taman Vertikal atau Living Wall

Jenis taman vertikal bisa menjadi salah satu solusi bagi anda. Ini menjadi cara yang mudah dan cepat untuk menciptakan dekorasi taman yang memiliki lahan terbatas.

Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan dinding yang kosong. Anda bisa menaruh berbagai tanaman di dalam pot. Selain itu, bisa juga memanfaatkan berbagai tanaman hias merambat. Sehingga dinding kosong bisa dimanfaatkan dengan baik.

Tips dalam membuat dekorasi taman minimalis cukup mudah. Anda bisa pakai kayu atau besi sebagai penyangganya. Lalu pakai pot kecil yang berisi tanaman.

Menonjolkan Area Hijau

Walaupun anda bisa menunjukkan area teras. Akan tetapi, menonjolkan area hijau taman adalah pilihan terbaik.

Sebaiknya anda mengutamakan untuk menaruh tanaman di area taman. Sebab, umumnya ada yang menaruh tanaman hanya di bagian sudut taman saja.

Akan lebih baik bila anda menghindari hal itu. Seimbangkan saat anda menghias semua area taman yang jadi area hijau rumah anda.

Anda bisa menghias taman dengan rumput hijau. Lalu berikan tanaman lain di sekitarnya. Seperti tanaman hias sampai tanaman bunga. Hindari fokus pada area tertentu dan ciptakan keserasian dekorasi taman minimalis yang anda miliki.

Ciptakan Nuansa Natural dengan Kolam

Siapa orang yang bilang kalau kolam itu hanya cocok untuk taman yang memiliki lahan luas? Anda juga bisa menambahkan kolam ikan di bagian taman depan.

Tentu saja, ukuran kolam tersebut minimalis dan tidak terlalu memenuhi area taman. Salah satu opsi lain yang bisa anda pilih selain kolam ikan adalah air mancur mini. Ini bisa menambah kesan natural walaupun di taman yang kecil.

Anda bisa menempatkan kolam atau air mancur kecil di bagian sudut taman supaya tidak terlalu ramai. Dekorasi taman minimalis seperti ini bisa menciptakan kesan natural di halaman rumah anda.

Penggunaan Pot Gantung

Bila sebelumnya anda mengaplikasikan tanaman berupa pot yang bersusun di dinding, anda juga dapat memanfaatkan area depan rumah untuk menggantung pot kecil.

Pot gantung tersebut bisa dipakai untuk menanam tanaman kesayangan anda. Bukan hanya pot gantung saja yang menarik. Anda bahkan bisa berkreasi membuat pot gantung dari bola lampu, palet kayu, atau kreasi taman yang lain.

Gunakan pula tali gantung yang unik. Dekorasi taman minimalis seperti ini akan membuat hunian anda terlihat segar dan sejuk. Selain itu, meskipun memiliki halaman yang sempit, namun taman di rumah anda tetapi cantik. (R10/HR-Online)

Loading...