Fakta Tikus Hidung Bintang, Mamalia Pemakan Tercepat di Dunia

Fakta Tikus Hidung Bintang
Ilustrasi Fakta Tikus Hidung Bintang. Foto Istimewa

Fakta tikus hidung bintang ini rupanya menjadi spesies tikus modok yang lain dari pada yang lain. Tikus ini memiliki habitat yang kumuh dimana tinggal di area gelap serta di dalam tanah.

Ia juga dapat berenang, karena terdapat tikus modok yang tak dapat berenang. Kemudian, yang kembali mampu dibedakan tikus ini dengan tikus yang lain adalah bentuk hidungnya.

Hidung ini memiliki bentuk yang khas mirip bintang atau lebih dapat dikatakan mirip anemon laut. Sehingga, dengan adanya bentuk hidung yang seperti ini, dapat menghasilkan suara yang sengau.

Fakta Tikus Hidung Bintang

Mole dengan hidung bintang atau disebut juga Condylura Cristata ini merupakan hewan mamalia jenis tikus tanah. Ia memiliki habitat berada di seluruh Amerika Utara dan juga Kanada.

Hewan jenis ini juga bukan merupakan hewan buas. Seperti yang dilansir dari National Georaphic, hewan ini adalah salah satu hewan paling aneh di dunia. Kepalanya hampir mirip dengan gurita kecil.

Ia juga merupakan hewan dengan cara memakan tercepat di dunia. Tikus ini mampu menangkap serta melahap cacing atau serangga atau makanan lainnya dalam seperempat detik.

Kemudian terdapat beberapa fakta yang unik dan menarik pada hewan tikus ini. Berikut adalah fakta tikus hidung bintang:

Tikus yang Tak Memiliki Kemampuan Melihat Dengan Baik

Berdasarkan jurnal sains Discover Life, fakta tikus hidung bintang adalah penglihatan yang tak sebaik dari tikus lainnya. Ini dapat dikarenakan tentang proses dari evolusi yang lumayan panjang. Sehingga, sangat tak berpihak untuk mata mamalia ini. Apalagi, mamalia yang berukuran kecil ini hidup di dalam tanah.

“Evolusi telah memecahkan banyak masalah dengan banyak cara yang berbeda,” kata Ken Catania, ilmuwan saraf di Vanderbilt University. “Kita dapat belajar begitu banyak dari keberagaman hal tersebut,” imbuhnya.

Dari sebagian besar spesies mamalia ini mempunyai penglihatan yang tak bisa menangkap cahaya dengan sempurna. Bahkan, sebagian kecil diantara mereka hampir buta sehingga tak mampu melihat apapun di sekitarnya.

Hewan ini merupakan hewan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan yang dingin. Sehingga populasi terbanyak tersebar di wilayah Kanada, Amerika Utara, dan juga Amerika Serikat.

Karena menyukai area lingkup yang dingin dan sejuk, mamalia kecil ini lebih banyak menghabiskan hidupnya di dalam tanah. Sehingga, hal tersebut menjadi salah satu fakta tikus hidung bintang.

Baca Juga: Hewan Pelanduk Berwajah Tikus Berbadan Rusa

Mempunyai Tentakel yang Super

Penglihatan yang kurang sempurna dari spesies ini tentu dilengkapi dengan kelebihan lainnya. Ia mampu mencium dan juga mengecap dengan kemampuan yang tajam.

Bahkan, hewan ini pun mempunyai tentakel sejumlah 22 buah di hidungnya (sehingga disebut dengan tikus berhidung bintang). Tentakel yang terdapat di hidung tersebut memiliki tingkat kesensitifan yang tinggi.

Bahkan, lebih sensitif jika dibandingkan dengan hewan mamalia yang lain di dunia ini. Ia hanya memerlukan waktu sekitar 8 milisecon dalam menentukan apakah mangsa yang ada di dekatnya dapat dimakan atau tidak. Uniknya lagi, mole ini juga dapat mencium mangsa di dalam air. Ia juga mampu berenang dengan bulu yang kedap air.

Lebih Cerdas Dibandingkan dengan Jenis Tikus Lain

Fakta tikus hidung bintang ini mempunyai otak lebih cerdas dibandingkan dengan jenis tikus lain. Otaknya mampu memilah dengan cepat tentang mangsa yang ada di depannya.

Proses evolusi sangat berperan penting dalam kemampuannya tersebut. Reseptor dari tentakel yang dimiliki dapat membantu dalam mendeteksi bahaya, seperti keberadaan predator.

Mampu Beradaptasi dengan Lingkungan Ekstrem

Mamalia ini dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan iklim yang panas atau pun dingin. Walaupun lebih senang di tempat yang sejuk dan lembab, tikus ini juga dapat beradaptasi dengan lingkungan yang kering serta minim air.

Asalkan, makanan yakni hewan-hewan kecil seperti serangga atau cacing tetap tersedia untuknya. Hewan mamalia ini termasuk ke dalam hewan yang mampu beradaptasi dengan baik. Kemampuannya juga berkembang dengan baik, sehingga mampu bertahan dalam alam liar.

Burung Hantu Adalah Predator Paling Dihindari

Fakta tikus hidung bintang ini adalah berhubungan dengan predator yang memangsanya. Burung hantu dan juga elang adalah predator dari hewan-hewan seperti tikus. Dengan kemampuan yang handal dalam mencari mangsa, burung hantu harus dihindari oleh jenis tikus berhidung bintang ini. (R10/HR Online)