Film Pendek Tilik dan Karakter Bu Tejo, Kenapa Begitu Populer di Twitter?

Film Pendek Tilik dan Karakter Bu Tejo
Film Pendek Tilik dan Karakter Bu Tejo. Foto: Ist/Net

Film pendek Tilik tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan warga Twitter. Salah satu karakternya, yaitu Bu Tejo bahkan sampai jadi trending topic di Twitter. Sekitar 30,3 ribu cuitan di Twitter membahas karakter Bu Tejo yang menarik perhatian.

Bukan itu saja, kata ‘Tilik’ juga dicuitkan sebanyak 17 ribu kali. Karakter lainnya di film Tilik yang masuk menjadi trending topic adalah ‘Fikri’.

Bahkan kata ‘lambene’ yang berarti ‘bibirnya’ dalam bahasa Jawa juga telah dicuitkan sebanyak 2.851 kali. Kata lambene juga masuk trending topic. Kata ini juga masih berkaitan dengan film Tilik.

Kenapa Film Pendek Tilik Begitu Populer di Twitter?

Film Tilik memiliki durasi tak lebih dari 32,24 menit. Film ini sebenarnya diproduksi tahun 2018 dan baru tayang di channel YouTube Ravacana Films pada 17 Agustus 2020.  Tilik merupakan film yang diproduksi Ravacana Film bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY dan disutradarai Wahyu Agung Pasetyo.

Sinopsis film ini bercerita tentang ibu-ibu yang bergosip di atas truk ketika hendak menjenguk Bu Lurah yang sedang dirawat di rumah sakit. Tilik sendiri merupakan bahasa Jawa yang berarti menjenguk orang yang sedang sakit.

Ibu-ibu di atas truk yang tengah melaju bergunjing tentang Dian yang merupakan seorang kembang desa. Namun, Dian digosipkan sebagai perempuan nakal yang senang jalan di mall bersama om-om.

Dian juga dikabarkan dekat dengan Fikri. Sementara Fikri adalah anaknya Bu Lurah yang sedang sakit. Ibu-ibu tersebut bergunjing kalau Bu Lurah sakit lantaran Fikri anaknya dekat dengan perempuan nakal seperti Dian.

Gosip khas ibu-ibu ini yang menjadi daya tarik film pendek Tilik. Salah seorang ibu-ibu yang paling heboh ketika sedang bergunjing adalah Bu Tejo.

Cara bicara yang menyebalkan dan nyinyiran Bu Tejo sangat khas. Layaknya seorang tetangga yang kerap ikut campur urusan orang lain.

Karakter Bu Tejo inilah yang menarik perhatian netizen. Kalimat-kalimat yang diucapkan karakter Bu Tejo bahkan menjadi bahan meme.

Celotehannya yang ikonik juga jadi quote tersendiri yang menarik untuk dikutip. Bibirnya Bu Tejo yang senang bergunjing ini juga yang membuat kata ‘lambene’ jadi trending topic di Twitter.

Baca Juga: Film Guru-guru Gokil, Melongok Akting Dian Sastro Berjerawat dan Hamil

Ocehan ibu-ibu yang bergunjing di atas truk dalam perjalanan menuju rumah sakit tersebut juga sangat terhubung dengan keadaan saat ini.

Dalam film pendek Tilik, Bu Tejo menyebutkan sumber gosipnya adalah dari internet. Bu Tejo dan sebagian besar ibu-ibu di sana meyakini internet sebagai sumber informasi yang tidak mungkin salah.

Hal itu karena internet dibuat oleh orang-orang pintar. Sehingga jika internet salah maka orang-orang pintar itu juga salah. Menurut mereka tidak mungkin orang pintar itu salah.

Pandangan ini banyak dianut oleh orang-orang awam, termasuk ibu-ibu yang gagap menerima internet sebagai sumber informasi selain televisi.

Pemeran Bu Tejo

Bu Tejo dalam film Tilik diperankan sangat apik oleh Siti Fauziah Saekhoni. Karakter Bu Tejo dimainkan Siti Fauziah dengan baik, tak heran jika perempuan yang akrab dipanggil Ozie ini banyak menuai pujian.

Ozie memerankan tokoh Bu Tejo dengan totalitas. Siapapun yang menonton film pendek Tilik akan merasakan kejulidan Bu Tejo yang menyebalkan namun juga lucu.

Dua tahun setelah berperan dalam film Tilik, Ozie bermain dalam film Bumi Manusia, film adaptasi dari novel karya Pramudya Ananta Toer. Ozie bermain bersama Iqbal Ramadhan dan Mawar De Jongh.

Film Tilik memenangkan Piala Maya tahun 2018 untuk kategori Film Pendek Terpilih. Selain itu, film ini juga termasuk ke dalam Official Selection Jogya-Netpac Asian Film Festival 2018, dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Sampai saat ini film Tilik telah ditonton 322.705 kali di channel YouTube Ravacana Films. Karena latar tempatnya di Yogyakarta, maka jangan heran apabila bahasa yang digunakan dalam film Tilik adalah bahasa Jawa.

Namun ada subtitel bahasa Indonesia yang akan mempermudah Anda sehingga mengerti dialog-dialog antar tokoh di film pendek Tilik. Di Akhir cerita Anda akan disuguhkan plot twist yang tidak disangka-sangka. Selamat menonton. (Ndu/R7/HR-Online)