Fungsi Bulu Ketiak untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Harus Tahu!

Fungsi bulu ketiak yang perlu kamu ketahui karena menyangkut kesehatan tubuh. Foto: Ilustrasi/Net.
Fungsi bulu ketiak yang perlu kamu ketahui karena menyangkut kesehatan tubuh. Foto: Ilustrasi/Net.

Fungsi bulu ketiak yang perlu kamu ketahui karena menyangkut kesehatan tubuh. Setidaknya ada lima peran penting bulu ketiak bagi tubuh, tetapi banyak yang menganggapnya tidak berguna.

Bagi sebagian orang, khususnya perempuan, keberadaan rambut pada bagian ketiak merupakan hal yang mengganggu. Sehingga mereka berusaha untuk menghilangkannya, baik dengan cara mencabut, mencukur, atau menggunakan waxing.

Padahal, kebiasaan tersebut justru dapat berujung munculnya masalah baru bagi kesehatan tubuh. Seperti terjadinya iritasi pada kulit ketiak, ruam, peradangan, follikulitis, bahkan infeksi dari alat pencukur yang kotor.

Semua orang pastinya punya bulu ketiak, namun tak banyak yang tahu manfaat atau fungsi bulu ketiak untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga : Mencukur Bulu Ketiak Ternyata Ada Manfaatnya, Asal....

Merangkum dari berbagai sumber, pakar kecantikan, Marta Camkiran, mengatakan, bulu yang tumbuh pada bagain ketiak memiliki peranan yang penting bagi tubuh. Diantaranya, untuk mengurangi gesekan lengan bagian bawah dan atas saat olahraga.

Kemudian, bulu ketiak juga memfasilitasi pelepasan feromon biologis, dan menutup bagian tubuh tertentu yang punya arteri penting.

Jika sudah tahu pentingnya peran rambut ketiak, mungkin kamu juga akan berpikir lagi sebelum mencukurnya habis.

Berikut ini ulasan mengenai lima peran penting bulu yang tumbuh pada bagian ketiak bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui!

5 Fungsi Bulu Ketiak untuk Kesehatan

Sebagai Pelindung Ketiak dari Gesekan

Semua rambut yang tumbuh pada bagian tubuh kita, baik pada hidung, kemaluan, atau pada bagian manapun, memiliki manfaat sebagai pelindung kulit dari gesekan.

Begitu pula rambut yang tumbuh di ketiak. Terjadinya gesekan-gesekan dari pergerakan tangan, atau dari benda lainnya bisa mengakibatkan lecet jika tidak ada bulu ketiak.

Pelindung Ketiak dari Serangan Bakteri

Fungsi bulu ketiak untuk kesehetan tubuh salah satunya sebagai pelindung ketiak dari kotoran dan serangan bakteri.

Karena, selama kita beraktivitas memungkinkan bakteri dan kotoran menempel pada kulit ketiak. Hal ini akan membuat aroma ketiak semakin tak sedap, sebab area tersebut hampir selalu tertutup.

Dengan demikian, kotoran bakal mengendap pada bulu ketiak. Apalagi jika mencabut bulu ketiak, maka pori-pori yang sudah terbuka itu memungkinkan bakteri maupun kotoran masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Permanen Langsung pada Sumbernya

Pelindung Ketiak dari Zat-zat Racun

Fungsi bulu ketiak yang berikutnya adalah sebagai pelindung dari zat-zat beracun yang berusaha masuk ke dalam tubuh melalui ketiak.

Keberadaan bulu ketiak akan menghalangi zat-zat racun ketika berusaha masuk ke tubuh. Zat-zat tersebut akan terhenti pada rambut ketiak, kemudian hilang saat kita mandi dengan bersih.

Bayangkan saja jika bulu pada bagian tersebut kita cabut, maka pori-pori yang sudah terbuka itu membuat zat-zat racun bisa dengan masuk ke dalam tubuh. Termasuk zat-zat kimia dari deodoran.

Selain itu, jika tidak ada berbulu bisa membuat kulit ketiak kita menjadi infeksi lantaran akan mengalami kontak secara langsung dengan deodoran.

Pelindung Organ Vital Payudara

Fungsi bulu ketiak untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu sebagai pelindung oragn vital payudara. Seperti kita ketahui bahwa payudara merupakan bagian organ penting bagi perempuan, sehingga perempuan harus benar-benar menjaganya.

Sebab, pada bagian ketiak ada kelenjar yang langsung berhubungan dengan payudara. Mempertahankan bulu yang tumbuh pada ketiak bisa menjadi cara untuk melindunginya.

Karena, ketika ada zat asing masuk ke dalam tubuh melalui ketiak, maka akan menyebabkan terjadinya gangguan pada payudara. Bahkan, hal ini bisa jadi salah satu faktor munculnya kanker payudara.

Baca Juga : Memutihkan Ketiak Secara Cepat dengan 12 Bahan Alami Ini(Buka di tab peramban baru)

Sebagai Daya Tarik Tersendiri

Fungsi bulu ketiak yang terakhir adalah sebagai daya tarik tersendiri. Pasalnya, pada ketiak ada kelenjar aprokin yang berfungsi sebagai feromon untuk menarik calon pasangan.

Kelenjar apokrin serta kelembapan yang terjadi pada rambut ketiak ini bisa menimbulkan bau ketiak. Bau ini merupakan tanda kalau seseorang telah siap bereproduksi.

Berdasarkan penelitian, masing-masing orang memiliki bau ketiak yang khas, sehingga akan berbeda antara satu sama lainnya.

Tapi kenapa seseorang bisa memiliki aroma bau ketiak yang begitu tak sedap, namun justru beberapa orang malam menyukainya.

Itulah fungsi bulu ketiak yang sangat berperan bagi kesehatan tubuh. Sekarang kamu sudah tahu fungsi dan manfaatnya. Kamu tinggal tentukan sendiri apakah akan mempertahankan keberadaan bulu ketiak, atau justru menghabisinya. (Eva/R3/HR-Online)