Fungsi Lapisan Ozon Bagi Kelangsungan Hidup Makhluk Bumi

Fungsi Lapisan Ozon
Ilustrasi Fungsi Lapisan Ozon. Foto Istimewa

Fungsi lapisan ozon yang sering kita ketahui adalah melindungi kita dari sinar ultraviolet matahari. Sinar UV dapat menyebabkan kanker yang sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Sedangkan ozon adalah jenis gas beracun yang sangat berbahaya jika berada pada permukaan tanah. Apalagi sampai terhirup oleh kita, akan mengakibatkan kerusakan pada organ pernafasan yaitu paru-paru.

Gas ini berada pada lapisan atmosfer lapisan kedua yakni stratosfer. Kemudian ozon akan membentuk asap atau kabut yang berbahaya. Karakteristik gas ini adalah berbeda dengan oksigen yang dapat kita hirup untuk bernafas.

Terlalu banyak kandungan gas ozon pada stratosfer juga akan sangat berbahaya karena akan meningkatkan jumlah penderita iritasi pernafasan. Bahkan juga akan menyebabkan ISPA yang lebih parah.

Baca Juga: Lubang Ozon Bumi Mulai Tertutup, Simak Penjelasannya!

Fungsi Lapisan Ozon

Melansir dari laman National Geographic, lapisan ozon adalah bagian yang tipis dari atmosfer bumi. Lapisan ini berguna untuk menyerap hampir keseluruhan dari sinar ultraviolet matahari yang sangat berbahaya.

Kerusakan dari lapisan ozon sering kita kenal dengan lubang ozon. Namun, kerusakan pada fungsi lapisan ozon tidak terlihat seperti lubang, justru berupa tambalan yang sangat tipis. Lapisan ini merupakan lapisan stratosfer yakni lapisan kedua dari atmosfer.

Stratosfer merupakan massa gas yang berfungsi sebagai pelindung yang melekat pada bumi. Nama dari stratosfer adalah lapisan yang berarti lapisan yang bertingkat.

Semakin tinggi tingkatan stratosfer, maka suhunya semakin panas. Temperatur yang tinggi inilah sebagai akibat dari peningkatan penyerapan gas ozon.

Sementara itu, ozon adalah berupa gas yang sekitar 3 molekul dari jutaan molekul udara. Akan tetapi, keberadaannya sangat penting.

Layaknya spons, fungsi lapisan ozon mampu menyerap radiasi ultraviolet yang menghantam bumi. Meskipun kita sebagai makhluk hidup bumi memerlukan radiasi matahari untuk melangsungkan hidup.

Akan tetapi, jika terlalu banyak radiasi yang masuk akan merusak dan berbahaya bagi setiap makhluk bumi. Dengan kata lain, lapisan ozon sebagai perisai atau tameng kehidupan seluruh makhluk planet ini.

Berikut adalah beberapa kegunaan dari lapisan ozon secara lengkap, antara lain:

Mengatur Porsi Sinar UV yang Masuk ke Bumi

Sinar ultraviolet memiliki panjang gelombang 280 sampai 315 mm mampu terserap oleh fungsi lapisan ozon. Sehingga sinar tersebut sampai ke bumi hanya dalam porsi yang sangat sedikit.

Jika sinar yang sampai ke bumi porsinya sangat besar, maka akan terjadi kerusakan yang berakibat buruk bagi kelangsungan makhluk hidup planet ini.

Melindungi Bumi dari Bahaya Sinar UV

Selain mengatur akan porsi dari sinar UV yang masuk ke bumi, lapisan ozon juga mampu menghalangi sinar UV matahari agar tidak sampai ke bumi secara langsung. Sehingga, kelangsungan makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan juga tumbuhan dapat terselamatkan.

Baca Juga: Bintang yang Akan Meledak Ini Dekat Dengan Bumi, Ketahui Dampaknya

Menyerap Sinar UV

Fungsi lapisan ozon seperti spon yang mampu menyerap sinar UV. Oleh karena itu, pada lapisan ozon terdapat sinar UV yang sangat banyak.

Melindungi Benda-Benda Langit yang Jatuh ke Bumi

Luar angkasa memiliki jutaan benda langit yang terus bergerak. Benda-benda langit tersebut seperti asteroid, komet, dan masih banyak lagi. Oleh karena terus bergerak, terdapat kemungkinan jika mereka akan bertabrakan dan jatuh ke bumi.

Benda langit yang jatuh tersebut kita kenal dengan nama meteor. Pada saat jatuh, meteor tersebut akan melewati lapisan atmosfer bumi. Salah satunya adalah lapisan ozon. Sehingga, meteor akan terbakar karena panas yang ada pada lapisan tersebut.

Menjaga Kestabilan Suhu dan Mengurangi Pemanasan Global

Pemanasan global menjadi isu yang sangat panas dan menjadi sorotan akhir-akhir ini. Dampak dari pemanasan global adalah meningkatnya suhu bumi sehingga akan mencairkan es yang ada pada daerah kutub.

Hal yang terjadi selanjutnya adalah meningkatnya permukaan air laut. Dengan adanya lapisan ozon, maka suhu bumi akan terkendali lebih stabil.

Beberapa fungsi lapisan ozon tersebut dapat menentukan jika gas ozon tidak boleh berada dalam jarak yang dekat dengan permukaan bumi. Hal tersebut akan mengakibatkan gas tersebut menjadi gas beracun yang dapat mengganggu pernafasan. Oleh karena itu, menjaga lapisan ozon agar tetap bekerja dengan baik adalah kewajiban kita sebagai umat manusia. (R10/HR Online)