Gejala dan Penyebab Sakit Pinggang Akibat Gaya Hidup Tak Sehat

penyebab sakit pinggang
Ilustrasi penyebab sakit pinggang. Foto: Ist/Net

Gejala sakit pinggang menjadi salah satu gangguan yang banyak dialami orang akibat aktivitasnya. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab sakit pinggang, termasuk dinamika kerja yang terlalu lama duduk di depan komputer dan jarang berolahraga.

Setiap orang tentu menginginkan hidup sehat, baik dalam segi jasmani maupun rohani. Namun akibat pekerjaan yang berat dan keras dalam mencari uang membuat seseorang mudah terserang penyakit. Dari sakit yang ringan sampai yang kronis.

Sakit pinggang atau populer dalam bahasa Inggris dengan low back pain merupakan rasa sakit yang muncul pada bagian bawah punggung. Hampir setiap orang pernah merasakan gangguan ini, dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia.

Aktivitas kerja yang monoton dan gaya hidup yang terlalu sibuk membuat tubuh sangat rentan terserang gangguan kesehatan. Berbagai macam penyakit dapat muncul dalam tubuh manusia, termasuk sakit pinggang.

Faktor Penyebab Sakit Pinggang

Rasa sakit dan gejala sakit pinggang timbul karena kondisi sendi atau otot yang terdapat di bagian punggung bawah mengalami cedera atau peradangan. Berikut ini berbagai faktor penyebab sakit pinggang yang banyak terjadi.

  1. Beban yang diangkat terlalu berat
  2. Posisi tubuh yang salah
  3. Adanya gangguan pada bagian tulang belakang
  4. Mengalami infeksi pada bagian pinggang
  5. Masalah kesehatan yang terjadi di bagian organ ginjal
  6. Akibat terjatuh seperti kecelakaan atau musibah sehingga otot pinggang terkilir
  7. Faktor usia yang membuat terjadinya pergeseran otot dan tulang

Kebanyakan orang menganggap sakit pinggang merupakan kondisi yang lumrah dan biasa. Sakit pinggang yang ringan biasanya akan segera sembuh setelah minum obat pereda nyeri yang banyak dijual di toko obat.

Akan tetapi jika gejala sakit pinggang berlangsung lama dan berkepanjangan bisa menjadi tanda yang serius. Kondisi ini bisa merupakan tanda adanya gangguan pada organ ginjal maupun tanda gejala kanker.

Ada sejumlah penyakit kanker yang mempunyai pertanda awal berupa sakit pinggang. Antara lain kanker ovarium, kolorektal, dan kanker tulang belakang. Dengan mengenali gejalanya, maka bisa diketahui penyebab sakit pinggang yang berkepanjangan.

Gejala Sakit Pinggang Karena Kanker

Gangguan atau gagal ginjal maupun penyakit kanker bisa menyebabkan terjadinya sakit pinggang. Berikut ini sejumlah gejala sakit pinggang akibat adanya serangan kanker yang sebaiknya Anda tahu.

gejala sakit pinggang
Ilustrasi gejala sakit pinggang. Foto: Ist/Net
  1. Sakit pinggang muncul saat dini hari atau malam hari secara tiba-tiba. Namun akan segera menghilang beberapa saat kemudian atau waktu siang hari.
  2. Sakit pinggang berlangsung dalam jangka waktu lama. Walaupun telah melakukan pengobatan dan terapi, namun sakit masih saja dirasakan.

Faktor Penyebab Sakit Pinggang

Gejala sakit pinggang sering menjadi gangguan yang dialami sebagian orang. Seperti setelah membawa benda berat atau waktu bangun tidur biasanya muncul gangguan ini. Rasa sakit pinggang membuat tubuh tidak nyaman.

Baca juga: Sering Pusing? Waspadai Gejala Kolesterol Tinggi Sejak Dini

Kalau dibiarkan kondisi sakit pinggang berlarut-larut tentunya akan membuat badan tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Kalau sudah demikian maka perlu dilakukan pengobatan supaya rasa nyeri hilang.

Sebelum mencari solusi penanganan atau memeriksakan ke dokter tentunya penting mengenali kenapa nyeri ini terjadi. Berikut ini beberapa faktor penyebab sakit pinggang yang sebaiknya Anda tahu.

Duduk Membungkuk Terlalu Lama

Kebiasaan yang dapat menyebabkan Anda sakit pinggang adalah duduk dengan posisi membungkuk dalam waktu terlalu lama. Hal ini akan membuat pinggang bagian bawah mendapatkan tekanan yang lebih besar dari anggota badan lainnya.

Untuk menghindarkan gangguan pada pinggang akibat kebiasaan ini, maka sekali-kali Anda perlu menggerakkan badan atau meregangkan leher dan kepala. Gerakan secara lembut ke kiri, ke kanan, ke atas, dan ke bawah sekitar 30 menit.

Tidur Tidak dalam Posisi Benar

Posisi tidur yang salah juga dapat menjadi penyebab sakit pinggang. Misalnya Anda tidur dalam posisi badan membengkok. Untuk menghindari sakit pinggang karena hal ini, sebaiknya Anda tidur dalam posisi badan lurus.

Olahraga dengan Cara Salah

Olahraga tidak selamanya membuat tubuh bugar dan sehat. Apalagi jika dilakukan dengan cara salah justru akan membuat badan sakit. Seperti melakukan sit up tanpa pemanasan bisa menyebabkan rasa sakit pinggang tubuh bagian bawah.

Membawa Barang Terlalu Berat atau Banyak

Rasa sakit pinggang yang paling sering dijumpai disebabkan karena membawa banyak barang atau terlalu berat. Kondisi ini akan membuat tulang punggung bagian bawah tertarik terlalu kuat.

Kebiasaan ini bisa mengakibatkan sakit pinggang. Contohnya anak-anak sekolah yang membawa tas berisi banyak buku tebal dan berat.

Bersepeda dengan Cara Salah

Aktivitas bersepeda yang salah juga bisa menyebabkan sakit pinggang karena terlalu lama membungkuk. Seperti bersepeda dengan memegang setang terlalu lama dengan posisi bungkuk. Sehingga beban badan diletakkan pada bagian bawah tubuh.

Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok kabarnya juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang pada bagian belakang tubuh. Hal ini karena merokok akan membuat aliran darah terkekang pada organ tubuh bagian pinggang.

Ditambah lagi dengan batuk akibat merokok atau asap rokok yang bisa membuat sakit pinggang bertambah parah. Untuk mengatasinya tentu saja dengan menghentikan kebiasaan buruk merokok.

Jarang Berolahraga

Salah satu penyebab utama seseorang menderita sakit pinggang adalah jarang berolahraga. Sehingga otot-otot menjadi kaku terutama otot pada bagian pinggang dan perut.

Baca juga: Gejala Maag Akut yang Wajib Dikenali Sebelum Menjadi Kronis

Untuk mencegah terjadinya nyeri pada pinggang adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Seperti dengan naik turun tangga, bersepeda ringan, berjalan kaki, berenang dan olahraga yang membuat lentur otot tubuh.

Mengkonsumsi Makanan yang Tidak Baik

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga akan menyebabkan timbulnya sakit pinggang. Seperti makan makanan yang rendah nutrisi, kalsium dan vitamin. Sehingga otot mudah meradang yang akhirnya memicu sakit pinggang.

Baca juga: Efek Kurang Tidur dan Dampaknya pada Otak dan Tubuh

Untuk menghindari hal demikian, Anda dapat mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak vitamin, mineral dan protein. Seperti sayur-sayuran maupun buah-buahan.

Cara Meredakan Gejala Sakit Pinggang Berdasarkan Penyebabnya

Untuk meredakan sakit pinggang ringan, berikut ini ada banyak hal yang bisa dilakukan. Namun jika dengan cara ini belum memberikan hasil, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikan penyebabnya yang pasti.

  1. Melakukan manipulasi tulang belakang
  2. Menurunkan berat badan
  3. Terapi dingin dan panas
  4. Istirahat yang cukup
  5. Olahraga secara benar
  6. Minum obat pereda rasa nyeri
  7. Berlatih untuk bersikap rileks dan santai serta tidak stres. Karena sebagian nyeri pinggang disebabkan rasa stres yang berat

Itulah informasi tentang berbagai gejala sakit pinggang berdasarkan faktor penyebabnya. Dengan mengenal faktor pemicunya Anda bisa melakukan berbagai langkah pencegahan. Untuk penanganan kondisi sakit yang serius sebaiknya segera periksakan ke dokter. (R11/HR-Online)