Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita JabarGubernur Jabar Jadi Kepala Daerah Inovatif 2020 Kategori Kesehatan

Gubernur Jabar Jadi Kepala Daerah Inovatif 2020 Kategori Kesehatan

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2020 untuk kategori kesehatan. Ridwan Kamil mampu melakukan inovasi dalam penanganan Covid-19.

Ridwan Kamil mendedikasikan penghargaan ini untuk Gugus Tugas Covid-19 Jabar. Menurutnya, kepala daerah dan warga Jabar yang telah berjuang dalam penanganan Covid-19.

“Mereka para petugas lapangan, desa-desa, termasuk para kepala daerah se Jabar,” ujar Ridwan Kamil ketika menerima penghargaan dalam  video conference di Jakarta, Rabu (26/8/20).

Ridwan menyebut penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif 2020 bukan tujuan dalam menangani Covid-19. Namun dengan perhargaan tersebut membuktikan penanganan Covid-19 oleh Pemprov Jabar dapat menyentuh sampai ke akar persoalan. Lima prinsip Ridwan Kamil dalam penanganan Covid, yakni proaktif, ilmiah, inovatif, transparan dan kolaboratif.  

“Provinsi jabar satu-satunya daerah yang mampu memproduksi seluruh alat perang dalam melawan Covid-19. Dengan menggerakan seluruh industri. Dari PCR, rapid test, sampai membuat sendiri surgcal mask,” katanya.

Sedangkan uji klinis vaksin Sinovac fase 3, dilakukan Bio Farma dan FK Unpad. Ridwan Kamil termasuk salah satu relawan uji klinis tersebut. Saat ini persiapan produksi vaksin. Kemungkinan hasilnya dapat terlihat pada bulan Januari.

Ridwan Kamil Dapat Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2020, Kuncinya Kekompakan Daerah

Ridwan Kamil menyebutkan salah satu kunci keberhasilannya dalam penanganan Covid-19 karena kekompakan. Seluruh daerah 27 Kota/Kabupaten se-Jabar  kompak dalam pencegahan Covid-19. Kompak menerapkan prinsip silih asah, asih dan asuh. Itu merupakan bekal yang menjadikan penanganan Covid-19 Jawa Barat terkendali.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo banyak berharap inovasi menghasilkan daerah yang berintegritas dan berprestasi.  Apresiasi Kepala Daerah Inovasi 2020 ini bisa merangsang yang lainnya untuk terus berinovasi. Meski sekecil apapun untuk mempercepat pembangunan daerah. (R9/HR-Online)