Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisHabib Luthfi di Ciamis Ajak Terapkan Kebhinekaan dalam Bermasyarakat

Habib Luthfi di Ciamis Ajak Terapkan Kebhinekaan dalam Bermasyarakat

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kedatangan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Habib Luthfi Bin Ali Bin Yahya disambut antusias warga Ciamis, Rabu (26/8/2020).

Habib Lutfi disambut langsung oleh Bupati Herdiat Sunarya dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhalul Ulum di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis. Selain itu, terlihat warga berbondong-bondong menyambut Habib Luthfi yang datang ke Ciamis dalam rangka Silaturahmi Kebhinekaan.

Baca Juga: Wagub Jabar Ingatkan Masyarakat untuk Jaga Toleransi

Wantimpres Habib Luthfi mengingatkan agar nasionalisme rakyat Indonesia jangan sampai melempem. Lemahnya rasa nasionalismu, disebutnya lantaran kurang belajar sejarah Indonesia dan sejarah agama.

‘Sejarah itu sangat penting untuk ditanamkan kepada kaum awam dan anak-anak kita. Sampaikan pelajaran sejarah kepada anak, meski yang diajarkan cara mendapat sesuap nasi dan sepotong pakaian. Agar anak merasakan nilai-nilai perjuangan dalam mendapat sesuatu,” ujarnya.

Kepada masyarakat Ciamis, Habib Luthfi juga mengajak untuk senantiasa menerapkan nilai-nilai kebhinekaan baik dalam bermasyarakat maupun bernegara.

“Salah satu cara menerapkan nilai Kebhinekaan mulai dari ranah keluarga, untuk selanjutnya menerapkan nilai Kebhinekaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” katanya.

Sementara Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan Kebhinekaan di Kabupaten Ciamis senantiasa terjaga, antar pemeluk agama saling menghormati, dan masing-masing bisa melaksanakan ibadah dengan tenang.

“Masyarakat Ciamis sangat terbuka menerima penduduk dari luar, mulai Sabang sampai Merauke. Mudah-mudahan kehadiran Habib Luthfi membawa barokah bagi warga tatar Galuh Ciamis,” katanya.

Herdiat menyebut, kehadiran Habib Luthfi merupakan bentuk Napak Tilas. “Beliau paham tentang Ciamis, beliau juga fasih bahasa Sunda. Beliau juga menguasai banyak bahasa,” katanya.

Habib Lutfhi sendiri usai menghadiri penyambutan di Pendopo Ciamis, melanjutkan kunjungannya ke Masjid Agung Ciamis. Setelah itu, Habib Luthfi juga mengunjungi Klenteng Hok Tek Bio dan Gereja Katolik Santo Yohanes Ciamis. (Ndu/R7/HR-Online)