Hadapi Kemarau, BPBD Kota Banjar Siap Salurkan Air Bersih dari PDAM

Air Bersih dari PDAM
BPBD Kota Banjar siap menyalurkan air bersih dari PDAM. Foto: Aisyah/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Menghadapi musim kemarau, BPBD Kota Banjar akan membantu PDAM dalam menyalurkan air bersih. 

Hal ini diungkapkan oleh Dedi Suardi, ketua pelaksana BPBD yang ditemui HR Online di posko gugus tugas Covid-19, Rabu (5/8/2020). 

Dedi mengatakan mekanisme penyaluran air bersih pada musim kemarau kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebelumnya, kata Dedi, pengadaan dan penyaluran air bersih dilakukan oleh BPBD. Namun, saat ini kondisinya berbeda.

“Kalau sekarang pengadaan ditangani oleh PDAM, dan BPBD ikut bantu menyalurkan jika PDAM membutuhkan tenaga,” katanya. 

Hal tersebut merupakan instruksi dari Walikota Banjar, H. Ade UU Sukaesih dalam rapat dengan BPBD dan pihak terkait lainnya pekan lalu.

“Jadi sekarang sama PDAM pengadaan dan penyaluran  air bersih untuk masyarakat. BPBD akan membantu jika PDAM membutuhkan tenaga kami,” jelasnya. 

Selanjutnya, kata Dedi sejak beberapa hari lalu BPBD telah memberikan surat edaran ke desa-desa, namun sampai saat ini belum ada yang mengajukan.

“Berdasarkan surat yang disampaikan ke desa atau kelurahan, belum ada yang mengirim surat tembusannya ke BPBD,” katanya.

Dedi menduga belum adanya surat permintaan air bersih dari kelurahan karena mekanisme bantuannya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Mungkin karena mekanisme bantuannya tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” tambahnya. 

Sebenarnya dalam menangani kasus kekeringan, menurut Dedi, bisa dilakukan dengan melakukan penggalian sumur bor. “Tetapi itu bukan kewenangan kami,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Banjar, Kuslan mengatakan, desa yang sering kekurangan air bersih diantaranya dari Kecamatan Banjar meliputi Desa Cibeureum, Kelurahan Situbatu, Desa Neglasari, Desa Balokan, dan Kelurahan Mekarsari.

Sementara dari Kecamatan Pataruman, meliputi Desa Batulawang, Desa Binangun, Desa Sukamukti, Kelurahan Hegarsari. Di Kecamatan Langensari, kelurahan yang pada tahun sebelumnya kekurangan air bersih adalah Kelurahan Bojongkantong. (Aisyah/R7/HR-Online)

Aegis Boost Pro