Hari Koperasi di Ciamis, Bupati Luncurkan Aplikasi Belanja Online

Hari Koperasi di Ciamis
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat menghadiri syukuran Hari Koperasi yang ke-37. Foto: Humas Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Dalam rangka syukuran Hari Koperasi di Ciamis yang ke-37, Bupati Herdiat Sunarya meluncurkan Plaza Dekopinda dan Aplikasi Belanjamu.id di Aula Dekopinda Kabupaten Ciamis, Sabtu (8/8/2020).

Peluncuran aplikasi belanja online ini dilakukan sebagai upaya Koperasi dalam melakukan inovasi pelayanan ke bentuk digital.

Herdiat mengatakan, Koperasi tidak boleh kalah dengan perusahaan lain. Karena itu berbagai usaha dari para anggotanya harus dilakukan secara optimal.

“Pengurus Koperasi maupun anggota diimbau punya inovasi untuk pelayanan, perdagangan, dan perindustrian,” ujar Herdiat.

Saat ini, lanjut Herdiat, kondisi masih prihatin karena Covid-19, namun kegiatan ekonomi harus tetap berjalan. Karena itu inovasi perlu dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

“Koperasi dibentuk sebelum Indonesia merdeka, tapi baru diundangkan setelah kemerdekaan,” katanya.

Herdiat juga mengajak milenial untuk ikut serta mengembangkan potensi Koperasi. “Kaum milenial harus dikenalkan dengan Koperasi, manfaatnya terasa bagi pengurus maupun anggota,” tambahnya.

Kehadiran aplikasi belanja online sebagai inovasi di bidang digital dari Dekopinda Kabupaten Ciamis diapresiasi Herdiat.

Menurutnya, Koperasi memang harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman agar bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar.

“Bangga karena Koperasi sudah bisa melayani secara online. Kita memang tidak boleh ketinggalan zaman. Apalagi di era digitalisasi harus adaptif dan inovatif agar tidak tertinggal oleh perusahaan yang lebih maju,” tegasnya.

Herdiat menambahkan, Koperasi di Ciamis ada ratusan. Namun diantaranya ada yang kolaps. Salah satunya lantaran tidak adanya kepercayaan terhadap pengurus.

“Karena itu dalam pelaksanaannya, Koperasi perlu menumbuhkun kepercayaan para anggotanya. Mudah-mudahan Koperasi di Ciamis di bawah koordinasi Dekopinda Kabupaten bisa lebih maju, dan anggotanya sejahtera,” katanya.

Syukuran Hari Koperasi di Ciamis ke-37 Dilakukan Secara Virtual

Ketua Dekopinda Ciamis, Maman Hidayat, mengatakan pemerintah cukup reponsif dalam peluncuran aplikasi belanja online pada hari Koperasi di Ciamis tersebut.

Syukuran Hari Koperasi ke-37 dilakukan di 6 titik. Sebanyak 50 Koperasi di Kabupaten Ciamis mengikuti syukuran tersebut secara virtual.

Pusat kegiatan digelar di Dekopinda Ciamis. Selain itu juga digelar di beberapa tempat, yakni Koperasi KGP Panumbangan, Koperasi Arta Mekar di Cigebot Kecamatan Cipaku, Koperasi Insaf Kecamatan Cijeungjing, Koperasi Tarekah Kecamatan Purwadadi, dan Koperasi Segera Kecamatan Rajadesa.

“Karena masih suasana pancemi Covid-19, maka pelaksanaan syukuran dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Maman menerangkan, hasil Rapimnas Dekopin Pusat memutuskan Koperasi saat ini harus mulai merambah wilayah digital. Pelayanan pun dilakukan dengan berbasis aplikasi.

Dekopinda Ciamis melaksanakan arahan tersebut dengan meluncurkan aplikasi belanja online. Selain itu juga menghadirkan pusat usaha anggota Koperasi di Plaza Dekopinda Ciamis.

“Plaza Dekopinda Ciamis menampung hasil produksi dari para anggota, juga dari pelaku UMKM yang ada di Ciamis,” terang Maman.

Pemasaran hasil produksi tersebut dilakukan melalui aplikasi belanjaku.id yang berfungsi seperti marketplace.

“Aplikasi ini sudah terhubung dengan 400 sekolah yang ada di Jawa Barat, terutama kantik sekolah,” terangnya.

Maman menambahkan, pelayanan Koperasi di Ciamis mulai berbasis digital dengan transaksi pembayaran iuran dan pembayaran anggotanya.

“Semoga ke depan Koperasi di Ciamis memiliki aplikasi koperasi. Minimal di tiap Koperasi punya ATM. Dengan dukungan Bupati Ciamis diharapkan Koperasi bisa lebih maju,” tandasnya. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...