Harley Davidson HD350 Bawa Casing Mesin Serupa dengan Qianjiang

Harley Davidson HD350 Bawa Casing Mesin Serupa dengan Qianjiang
Ilustrasi Harley Davidson HD350. Foto: Istimewa

Harley Davidson HD350 menjadi salah satu model terkecil yang akan dirilis oleh pabrikan Milwaukee. Kabarnya, motor ini mengambil basis dari Qianjiang QJ350.

Seperti info dari laman Visordown, dokumentasi terbaru sudah mengungkapkan versi siap produksi dari naked Qianjiang QJ350. Dari sini kemungkinan dokumen tersebut akan menjadi model Harley Davidson di pasar Asia.

Kelahirannya dengan seri HD350 ini adalah membantu pijakan lebih baik di pasar Asia. Berharap mendapatkan keuntungan tanpa bergantung pada model premium yang bandrol harganya mahal.

Bila dilihat dari dekat, motor ini sangat menarik. Pasalnya, anda bisa melihat branding Harley Davidson di bagian casing mesin disandingkan dengan branding Benelli di belakang QJ350.

Performa Harley Davidson HD350

Bila bicara soal performa, memang sampai sekarang belum ada kejelasan. Apakah HD350 ini telah masuk tahap produksi atau belum.

Perusahaan dari Milwaukee ini sudah mengalami perbaikan atau Rewire. Ini bertujuan untuk mengembalikan Harley Davidson ke nilai merk yang lebih baik.

Baca Juga : Yamaha Bolt 2020 Tampil Penuh Gaya dengan Warna Baru

Seperti pada big cruiser dan produk premium yang ada. Ini sesuatu yang tidak dilakukan oleh model HD350 ini.

Kini seperti yang sudah banyak diberitakan Harley Davidson bekerja sama dengan Qianjiang Motorcycle. Mereka bekerja sama untuk menghadirkan motor dengan kapasitas kecil.

Performa Harley Davidson HD350 ini kabarnya mengusung mesin kurang lebih 353 cc. Sementara Qianjiang Motorcycle akan menjadi basis produksi motor Benelli yang dipasarkan di Indonesia.

Seperti yang dilansir dari Rushlane, sudah terkonfirmasi produk pertama yang keluar dari Baby Harley ini akan masuk ke pasar Cina. Produk ini adalah Qianjiang QJ350.

Baca Juga : Zero Engineering Masuk Indonesia, Motor Gede Homemade Terbaru

Hadir dengan gaya naked sport atau streetfighter. Motor ini telah mengusung mesin 350 cc lengkap dengan konfigurasi silinder garis.

HD350 ini memiliki bobot lebih dari 175 kg. Sehingga dengan semua yang dimilikinya, diperkirakan momot ini bisa mengeluarkan tenaga hingga 35 bhp.

Mengambil Basis Benelli TNT 300

Seperti yang diketahui, Qianjiang Motorcycle Co merupakan perusahaan yang memproduksi motor dari Benelli. QJ juga telah mengumumkan kehadiran TNT 300 yang memiliki kode QJ350-13.

Desain yang diusung Benelli TNT 300 sendiri sama persis seperti Harley Davidson HD350. Ini tampak di bagian rangka, suspensi, lengan ayun, rem, serta mesin.

Semuanya terlihat begitu identik. Casing mesinnya juga terlihat mirip. Sehingga banyak yang menyebut HD350 ini mengambil basis dari Qianjiang atau Benelli.

Meski nantinya akan kehilangan bunyi khas Harley Davidson. Akan tetapi, basis ini dinilai sanggup untuk menghadirkan suara yang tidak kalah garang.

Kita tahu bahwa setiap produk Benelli dua silinder bisa meraung seram saat melaju di jalan. Bahkan tanpa perlu mengganti exhaust sekalipun.

Desain HD350 yang Terlihat Gagah

Selanjutnya, soal desain yang dibawa motor ini. Render yang telah disebar ini menunjukkan kemiripan dengan Qianjiang atau Benelli.

Baca Juga : Warna Baru Vespa 2020 yang Memukau, Trendi, dan Penuh Gaya

Harley Davidson HD350 menggunakan rangka teralis. Lengkap dengan fork upside down dan monoshock setengah tidur di bagian tengahnya.

Sementara itu, pelek palangnya juga tampak mirip. Semua ini sepertinya benar-benar sekedar untuk pertukaran wajah saja.

Kita akan melihat ini sebagai Harley Davidson saat melirik bagian gurat bodinya. Tangkinya yang bergaris ala motor klasik.

Sedangkan pada bagian jok berundak memiliki tekstur yang halus ke belakang. Dihiasi dengan panel tengah menyambung sampai ke bagian buritan.

Kombinasi warna hitam orange tidak lupa disematkan pada bodinya. Sehingga ini mencirikan brand motor asal Milwaukee.

Fitur

Sampai sekarang belum diketahui seperti apa bekalan fitur yang dibawa oleh Harley Davidson HD350 ini. Bila terlalu disamakan dengan Benelli atau Qianjiang, nantinya kesan eksklusif dari Harley akan memudar.

Kemungkinan akan ada berbagai perangkat canggih yang bisa membantu pengendara untuk mengendalikan motor.

Segmen motor ini memang terbukti sangat menggiurkan. Sehingga pantas saja menjadi incaran banyak orang pecinta motor besar.

Melihat fenomena seperti ini, Harley Davidson sudah jelas membidik pasar mid size. Sebab, saat ini sedang jadi primadona di kawasan Asia Tenggara.

Tidak menutup kemungkinan, nantinya di Tanah Air juga akan jadi sasaran Harley Davidson HD350 setelah India dan China. Kita tunggu saja!. (R10/HR-Online)

Loading...