Hewan Vertebrata dan Avertebrata, Klasifikasi dan Contohnya

Hewan Vertebrata dan Avertebrata
Ilustrasi Hewan Vertebrata dan Avertebrata. Foto Istimewa

Hewan vertebrata dan avertebrata adalah dua kelompok hewan dengan perbedaan struktur pada tubuhnya. Banyak sekali hewan yang terdapat di muka bumi ini.

Salah satu cara membedakannya adalah dengan cara melihat struktur dari tubuh mereka. Lalu apa itu avertebrata dan vertebrata?

Hewan Vertebrata dan Avertebrata

Terdapat banyak sekali jenis hewan yang ada di muka bumi. Sementara itu, terdapat kelompok hewan yang dibedakan menjadi dua berdasarkan struktur dari tubuh mereka.

Hewan tersebut adalah kelompok vertebrata serta kelompok avertebrata. Berikut adalah penjelasan tentang kedua kelompok hewan tersebut.

Baca Juga: Hewan Purba Kongonaphon Kely Ditemukan Ilmuwan, Berukuran 10 Cm

Kelompok Hewan Vertebrata

Hewan vertebrata adalah jenis kelompok hewan yang mempunyai tulang belakang. Dengan adanya pengertian tersebut, maka hewan yang termasuk ke dalam kelompok vertebrata adalah hewan yang mempunyai tulang belakang.

Disamping itu, terdapat otak yang juga mampu bekerja dengan sempurna. Selain itu, hewan kelompok ini memiliki alat pencernaan yang lengkap.

Perbedaan hewan vertebrata dan avertebrata ini yakni tubuh yang mereka miliki mampu bergerak secara aktif dan hampir semua binatang ini memiliki kepala serta tubuh yang terpisah.

Contoh hewan dengan tulang belakang adalah dibagi dalam beberapa jenis, yakni:

Amfibi

Jenis hewan ini dapat hidup di air dan juga di darat. Sistem pernafasannya adalah paru-paru dan kulit. Contoh dari hewan amfibi seperti kadal air, katak, dan juga salamander.

Ikan-ikanan

Hewan ini adalah hewan yang hanya dapat hidup di dalam air. Ia bergerak dengan memakai sirip serta benafas dengan insang. Perkembangbiakan dari hewan ini adalah dengan cara bertelur.

Reptil

Sistem pernafasan dari hewan ini adalah paru-paru. Perkembangbiakannya dengan bertelur. Contoh hewan seperti buaya, kadal, ular, dan cicak.

Burung

Jenis hewan ini mampu terbang dan memiliki bulu yang terdapat di seluruh tubuhnya. Ada pula burung yang tak dapat terbang yakni ayam, bebek, dan penguin.

Mamalia

Pengelompokan jenis hewan vertebrata dan avertebrata ini adalah hewan yang menyusui anaknya. Cara perkembangbiakan mereka adalah dengan beranak. Contoh hewan ini adalah sapi, anjing, kucing kambing, paus, serta lumba-lumba.

Baca Juga: Hewan dengan Kecerdasan Tinggi Selain Primata, Tak Bisa Diremehkan

Kelompok Hewan Avertebrata

Dikutip dari Wikipedia, kelompok dari hewan ini adalah hewan yang tak mempunyai tulang punggung atau juga dikenal dengan invertebrata. Hewan avertebrata juga terbagi ke dalam beberapa jenis hewan, diantaranya adalah:

Porifera

Jenis hewan ini adalah hidup di laut dengan tubuh menyerupai tabung. Ia makan dari hewan-hewan laut yang kecil atau bakteri di dalam laut.

Protozoa

Ukuran tubuh hewan ini sangat kecil. Mereka suka memakan tumbuhan dan juga hewan. Tubuh mereka hanya dapat dilihat melalui mikroskop. Hewan ini mampu hidup dimana saja, bahkan di dalam tubuh manusia.

Arthopoda

Contoh hewan jenis ini adalah seperti serangga, lipan, laba-laba, kutu, kalajengking, dan juga udang.

Annelida

Jenis hewan ini memiliki banyak sekali contoh sekitar 10 ribu jenis yang termasuk ke dalamnya. Misalkan cacing dan juga lintah. Pengelompokan hewan vertebrata dan avertebrata ini mempunyai habitat di tanah dan juga di air.

Coelenterata

Hewan jenis ini adalah hewan dengan rongga di tubuhnya. Seperti koral, anemon laut, dan juga ubur-ubur.

Mollusca

Contoh dari jenis hewan ini adalah siput, kerang, cumi-cumi, dan juga tiram.

Platyhelmites

Hewan ini termasuk ke dalam hewan yang tubuhnya pipih. Misalkan cacing pita dan juga cacing rambut getar.

Nemathelmintes

Contoh dari jenis hewan ini adalah cacing tambang dan cacing filarial. Bentuk tubuhnya di kedua ujung meruncing dengan bagian tengah membulat.

Echinodermata

Pengelompokan hewan vertebrata dan avertebrata ini mempunyai ciri yaitu hewan yang habitatnya di laut. Misalkan bintang ular, landak laut, dan juga teripang.

Mayoritas dari spesies hewan adalah avertebrata. Bahkan terdapat pemikiran jika kelompok hewan ini mencapai dominasi 97 persen.

Dari keragaman yang dimiliki avertebrata jauh lebih besar jika dibandingkan dengan vertebrata. Ukuran dari hewan avertebrata adalah sangat bervariasi. Mulai dari 0,002 inchi hingga 9-10 meter.

Bahkan, beberapa avertebrata lebih dekat hubungannya dengan vertebrata dibandingkan dengan avertebrata lainnya. Mereka adalah tunicata dan juga cephalochrodata.

Sehingga, menjadikan hewan avertebrata adalah paraphyletic dan disebut dengan toksonomi. Perbedaan dari hewan vertebrata dan avertebrata dapat menjadikan sumber ilmu pengetahuan tentang pengelompokan hewan. (R10/HR Online)