Hore! CFD di Sirkuit BMX Ciamis Dibuka Lagi Hari Minggu Besok

Hore! CFD di Sirkuit BMX Ciamis Dibuka Hari Minggu Besok
Setelah 4 bulan ditutup, aktivitas CFD di areal parkir sirkiut BMX Ciamis akan dibuka kembali hari Minggu esok. Foto:Fahmi/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Car Free Day atau CFD yang biasa dilaksanakan di area parkir sirkuit BMX Cigembor, Ciamis akan kembali dibuka Minggu (9/8/2020) besok.

Sebelumnya, Pemkab Ciamis menutup kegiatan CFD di areal parkir sircuit BMX hampir 4 bulan lamanya lantaran pandemi Covid-19.

Penutupan tersebut dilakukan untuk menghindari kerumunan masa. Seperti diketahui, aktivitas di areal sirkuit BMX saat hari Minggu bak pasar dadakan.

Ratusan pedagang memadati area parkir sirkuit. Tentunya saat pandemi aktivitas tersebut mesti dihentikan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Memasuki masa AKB atau adaptasi kebiasaan baru, Pemkab memperbolehkan kegiatan di areal parkir BMX dibuka kembali.

Asalkan, semua orang patuh terhadap aturan protokol kesehatan yang telah dikeluarkan Pemkab.

Aturan tersebut diantaranya, pengunjung dan pedagang wajib menggunakan masker, memakai sarung tangan dan jarak pedagang satu dan lainnya minimal 1 meter.

Baca Juga: Sirkuit BMX Ciamis Jadi Sasaran Vandalisme

Para pedagang disana pun wajib melakukan registrasi atau pendataan ulang, nantinya saat aktivitas wajib menggunakan ID card.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ciamis, Erwan Darmawan mengatakan, para pedagang diizinkan berjualan namun dibatasi.

Selain itu, pedagang dilarang jualan di trotoar. Sarana angkut barang hanya boleh masuk hingga pukul 06.00 WIB pagi.

Sementara jam operasional pedagang di parkiran BMX maksimal hingga pukul 12.00 WIB siang.

“Kita juga minta pedagang agar selalu menjaga kebersihan dengan menyediakan tempat sampah di masing-masing lapaknya. Pedagang juga jangan merusak tanaman,” ujar Erwan, Kamis (6/8/2020).

Ia mengakui jika area parkir sirkuit BMX ada dibawah naungan Disbudpora. Pihaknya mengijinkan aktivitas dagang di area parkir sirkuit BMX Ciamis dibuka kembali, asalkan harus menerapkan protokol kesehatan.

Area Parkir Sirkuit BMX Ciamis Dicat dan Dikasih Nomor

Menurutnya, saat ini Himpunan Pedagang Kreatif Ciamis sedang menggelar sosialisasi kepada para pedagang yang biasa berjualan di area parkir BMX.

Area parkir tersebut nampak ditandai dengan cat dan dikasih nomor.

Lanjutnya, keputusan mengizinkan aktivitas pasar dadakan di areal CFD sirkuit BMX Ciamis dikeluarkan setelah pihaknya menggelar rapat dengan beberapa instansi.

Seperti Dishub soal parkir, Dinas Perdagangan, Satpol PP dan juga Dinas Kesehatan.

“Kami sudah rapat, hasilnya boleh dibuka lagi, asalkan pedagang bisa menjaga dan mentaati prptokol kesehatan. Minggu ini akan kita liat seperti apa aktivitasnya, nanti kita evaluasi,” jelas Erwan.

Lanjutnya, pembukaan area parkir sirkuit BMX Ciamis ini sifatnya hanya sementara. Sebab jika ada yang terkonfirmasi positif kembali, maka aktivitas di prakir BMX akan ditutup lagi. (Fahmi2/R8/HR Online)

Loading...