Ikan Laut Dalam Anglerfish, Predator Air Bertubuh Kecil

Ikan Laut Dalam Anglerfish
Ilustrasi Ikan Laut Dalam Anglerfish. Foto Istimewa

Ikan laut dalam anglerfish merupakan salah satu ikan dengan bentuk yang aneh. Ikan yang memiliki nama ilmiah Melanocetus Johnsoni ini terkadang disebut sebagai predator. Bukan tanpa alasan, melainkan visualnya yang tidak biasa dan berbeda dengan spesies lainnya.

Tercatat kurang lebih terdapat 200 spesies anglerfish yang telah ditemukan di seluruh lautan dunia. Namun spesies ini tidak hidup bersama atau bergerombol. Sebagian dari spesies ini hidup di lautan dalam. Sehingga memang cukup mengerikan untuk mengetahui tempat hidup anglerfish.

Anglerfish masuk dalam kategori predator air. Selain memiliki nama ilmiah, ikan ini juga memiliki nama lain yaitu Lophiiformes. Jika diterjemahkan sama dengan ikan petualang sejati atau ikan sungut ganda. Sama halnya dengan hewan pada umumnya, anglerfish juga memiliki cara tersendiri untuk bertahan hidup.

Baca Juga: Ikan Paling Hitam di Laut dengan Wajah Seram dan Sebagai Kamuflase

Ikan Laut Dalam Anglerfish yang Unik

Nama anglerfish sendiri diartikan sebagai ikan pemancing. Nama ini didapatkan dari bentuk sungut yang berada diatas punggung. Sungut tersebut memiliki bentuk panjang yang digunakan sebagai penghasil cahaya. Organ ini sering disebut sebagai fotophore.

Dilansir dari Sea Sky, fotophore tersebut dapat mengeluarkan cahaya berwarna hijau dan biru. Warna yang dihasilkan hampir sama dengan kunang-kunang darat. Dalam istilah kimia, proses warna tersebut dikenal sebagai bioluminesence. Ikan laut dalam anglerfish menggunakan sungut tersebut untuk menggoda mangsanya.

Sungut yang menghasilkan cahaya tersebut akan melambai-lambai untuk menarik mangsa. Hal ini juga digunakan ikan anglerfish untuk bertahan hidup. Dengan begitu, anglerfish dapat menangkap mangsanya dengan mudah.

Sebagai salah satu predator laut, anglerfish memiliki karakteristik yang tidak jauh beda dengan spesies lainnya. Tubuh yang dimiliki anglerfish berbentuk seperti bola basket. Tubuh yang bulat dan besar tersebut kelihatannya sangat mudah untuk menelan sesuatu.

Bentuk mulutnya pun sangat besar dan berbeda dengan jenis ikan lainnya. Ketika ikan ini membuka mulut, maka akan terlihat susunan gigi yang sangat tajam. Visual ikan yang satu ini membuat dirinya disebut sebagai ikan iblis hitam. Dikutip dari Sea Sky, anglerfish sebenarnya memiliki tubuh yang kecil.

Dimana panjang maksimumnya hanya mencapai 5 inci atau setara dengan 12 cm. Ukurannya memang tidak sebanding dengan julukannya yang ganas. Ikan anglerfish ini memiliki warna tubuh yang berbeda-beda. Ada yang berwarna coklat hingga abu-abu. Bahkan ada pula yang berwarna hitam.

Ikan laut dalam anglerfish juga memiliki mata yang berukuran kecil. Kemudian kulitnya yang dapat memantulkan cahaya biru. Hal ini memang diadaptasi secara khusus oleh ikan anglerfish. Warna biru ini membuat anglerfish tidak terlihat jika berada di kedalaman.

Sehingga akan lebih mudah untuk bersembunyi ketika menangkap mangsanya. Ikan yang satu ini juga tidak memiliki kemampuan untuk berenang cepat. Hal ini dikarenakan tubuhnya yang lebar dan berbentuk bulat. Tak heran jika sungutnya sangat penting untuk menarik perhatian mangsanya.

Cara Menangkap Mangsa Ikan Laut Dalam Anglerfish

Perburuan mangsa yang dilakukan oleh anglerfish akan dilakukan di laut dalam. Dimana sungutnya akan berfungsi dan mengeluarkan cahaya. Tulang belakang yang dimiliki oleh anglerfish juga sangat unik. Ikan ini dikenal sebagai ikan yang jarang bergerak.

Bahkan ketika menarik perhatian mangsanya pun tubuhnya akan tetap diam. Namun tulang belakangnya akan membuat ikan anglerfish lebih mudah bermanuver. Ketika mangsanya sudah cukup dekat, maka ikan laut dalam anglerfish akan membuka mulutnya.

Rahang yang kuat akan terbuka lebar dan melahap mangsanya. Gigi tajam yang dimiliki anglerfish akan mengunci mangsa agar tidak mudah lepas. Menariknya, ikan anglerfish dapat memperpanjang kedua rahang dan perutnya. Sehingga ikan anglerfish dapat memakan 2 mangsa.

Alhasil, ikan anglerfish memiliki cadangan makanan untuk persediaan. Perlu diketahui bahwa kawasan laut dalam memiliki sumber makanan yang langka. Sehingga cukup sulit untuk menemukan mangsa. Cadangan makanan tersebut digunakan sebagai persediaan untuk bertahan hidup.

Selain memiliki bentuk tubuh yang aneh, anglerfish juga memiliki cara reproduksi aneh. Dimana banyak ikan jantan yang mengikuti anglerfish betina. Sang jantan mengikuti si betina seperti parasit.

Ikan laut dalam anglerfish ditemukan di kedalaman 3000 kaki atau 914 meter. Kedalaman 3000 kaki tidak terdapat cahaya sama sekali. Sehingga bagian ikan anglerfish hanya terlihat bagian sungutnya yang bercahaya. (R10/HR Online)