Ikan Paus Tutul Terdampar di Pantai Cipatujah Tasikmalaya

Ikan Paus Tutul Terdampar di Pantai Cipatujah Tasikmalaya
Ikan Paus Tutul terdampar di Pantai Cipatujah Tasikmalaya. Foto:Istimewa

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat.com),- Warga pesisir pantai Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dikejutkan dengan terdamparnya ikan yang diduga paus tutul di Bubujung pesisir pantai Cipatujah, Senin (3/8/2020).

Terdamparnya ikan tersebut sontak menjadi tontonan warga. Bahkan sebagian warga ada yang berfoto bersama dan mempostingnya di media sosial.

Ikan paus tutul yang terdampar tersebut di posting salah satu warga net asal Cipatujah, sambil membagikan poto ikan tersebut.

Terdamparnya ikan tersebut dibenarkan Relawan Penanggulangan Bencana (RPB) Cipatujah, Rahmat.

“Iya tadi pagi ditemukan ikan paus terdampar di pinggiran pantai,” ujarnya saat dihubungi via teleponnya.

Namun Rahmat menyayangkan ulah warga yang langsung memotong motong ikan tersebut untuk diambil daging dan lemaknya.

“Gak tega kang saya lihatnya. Daging dan lemaknya langsung diambil sama warga. Makanya saya nggak berani ambil poto atau memposting kejadian tersebut,” kata Rahmat.

Namun sampai berita ini dirilis, belum ada info apa penyebab ikan tersebut sampai terdampar. Hanya saja informasinya, ikan paus tutul tersebut berbobot sekitar 2 tonan.

Paus tutul sendiri berdasarkan penjelasan wikipedia merupakan jenis pemakan plankton. Dinamai paus tutul karena warnanya memiliki corak totol-totol di punggungnya.

Ikan paus tutul bisa hidup sekitar 70 tahun, biasanya berada di lautan samudera tropis yang beriklim hangat. Paus ini dipercaya berasal dari 60 juta tahun yang lalu. (Apip/R8/HR Online)

Aegis Boost Pro